Perbedaan Motivasi Belajar dan Kepercayaan Diri Antara Siswa Low Class dengan Siswa Potential Class
Abstract
Intisari. Tujuan utama penelitian adalah: 1) untuk menentukan perbedaan antara motivasi belajar siswa kelas rendah dan kelas potensial, 2) untuk menentukan perbedaan antara kepercayaan diri siswa kelas rendah dan potensi siswa kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Waru Sidoarjo 100 siswa yang terdiri dari 50 siswa kelas rendah dan 50 siswa kelas potensial, dengan teknik pengambilan sampel proporsional stratified random sampling (pemilihan didasarkan pada kelompok mata pelajaran dan tingkatan kelas penelitian tujuan, dengan cara acak melalui undian). Analisis ini digunakan untuk melihat perbedaan motivasi dan kepercayaan diri antara siswa dan kelas rendah dan kelas potensial dengan menggunakan t-Test. Berdasarkan hasil analisis, perbedaan antara siswa motivasi belajar kelas rendah dan potensi siswa kelas diperoleh hasil t (-6129) <t tabel (-1.984), dengan sig. 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan antara motivasi belajar kelas rendah siswa dan potensi siswa kelas, yang berarti motivasi siswa potensial class (rata-rata = 269,92) lebih tinggi daripada motivasi siswa kelas rendah (rata-rata = 237, 88). Demikian pula, berdasarkan analisis, perbedaan kepercayaan diri antara siswa kelas rendah dan kelas potensial diperoleh hasil t (-4770) <t tabel (-1.984), dengan sig. 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan antara siswa percaya diri kelas rendah dan potensi siswa kelas, yang berarti siswa percaya diri potensi kelas (rata-rata = 185,56) lebih tinggi dari rasa percaya diri yang rendah siswa kelas (rata-rata = 169,00).
Kata kunci: Kelas rendah, kelas potensial, motivasi belajar, percaya diri
Downloads
The author who will publish the manuscript at Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories, pre-prints sites or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater dissemination of published work