Pengaruh Auditori Verbal Therapy Terhadap Kemampuan Penguasaan Kosa Kata Pada Anak Yang Mengalami Gangguan Pendengaran
Abstract
Research methods quasi experiment on students TKLB especially children with hearing loss is aimed to prove the effect of treatment or therapy AVT toward mastery of vocabulary in children who have a hearing loss. Research data collection using a check list or learning outcomes assessment sheet that refers to the criteria set out in the curriculum in 2006. Evidence hypothesis through non-parametric Wilcoxon test test obtained value Z = -3.934; p = 0.000 (p <0.01), which means no influence on the ability Auditory Verbal Terapy vocabulary in children who have a hearing loss.Through the process of AVT therapy can be seen that the vocabulary of children already covers almost the entire class of existing words. Of the eight classes of existing words, most of the child's vocabulary already includes a noun, verb (the verb), adjectives, description (adverb), pronouns, numbers (Numeral), prepositions, and conjunctions.Downloads
References
Prasetyo, A., Yulianti, Fitri., Kenfitria, DW, dan Octavia N.I (2011), Analisis Kemampuan Penguasaan Kosa Kata Baru Pada Anak Pos Paud Mutiara Semarang Melalui Metode Glenn Doman. Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 No. , hal: 106-124
Alwi, H., Lapoliwa, H., Dardjowidjojo, S., Moeliono, A.M. (2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (edisi ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.
Aribowo, Luita. (2008). Pemerolehan Fonem Anak usia 1-6 tahun di Taman Penitipan Anak Rumah Sakit Katolik St. Vicentius A Paulo. Tesis. Linguistik, Program Pasca Sarjana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Baihaqi, Cipta dan Sugiarmin. (2008). Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung : Refika Aditama
Bunawan, L dan Yuwati, C.S (2000), Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu. Jakarta. Yayasan Santri Rama.
Bunawan, Lani dan Yuwati, CS. (2000). Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu. Jakarta:Yayasan Santi Rama
Chaer, A. (2007). Leksikologi dan Leksikografi Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, A. (2003). Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, S. (2010). Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan SDLB (2006). Standar Kompetensi Dasar SMPLB Tunarungu.
Diaz Hasan Hutomo (2012). Pengaruh penguasaan kosakata terhadap keteram-pilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri se-Kelurahan Mino-martani, Ngaglik, Sleman tahun pela-jaran 2011/2012. Skirpsi tidak diterbit-kan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Dornan dkk, (2009). Longitudinal Study of Speech Perception, Speech, and Language or Children with Hearing Loss in an Auditory Verbal Therapy Program (online), Vol 109 (2-3). Diambil dari http://ebookbrowse.com
Istiqomah, Mirza. (2010). Pemerolehan Kosakata Anak Usia 5 dan 6 Tahun di TK Kurnia Bibis Manukan Wetan-Tandes Surabaya. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga, Surabaya.
Kurnaeni. (2007). Metode Pengajaran Bahasa Bagi Anak Tunarungu, artikel (online), diambil dari : http://dtarsidi.blogspot. com diakses 8 Maret 2011
Prasetyo, A., Yulianti, Fitri., Kenfitria, DW, dan Octavia N.I (2011), Analisis Kemampuan Penguasaan Kosa Kata Baru Pada Anak Pos Paud Mutiara Semarang Melalui Metode Glenn Doman. Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 No. , hal: 106-124
Alwi, H., Lapoliwa, H., Dardjowidjojo, S., Moeliono, A.M. (2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (edisi ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.
Aribowo, Luita. (2008). Pemerolehan Fonem Anak usia 1-6 tahun di Taman Penitipan Anak Rumah Sakit Katolik St. Vicentius A Paulo. Tesis. Linguistik, Program Pasca Sarjana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Baihaqi, Cipta dan Sugiarmin. (2008). Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung : Refika Aditama
Bunawan, L dan Yuwati, C.S (2000), Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu. Jakarta. Yayasan Santri Rama.
Bunawan, Lani dan Yuwati, CS. (2000). Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu. Jakarta:Yayasan Santi Rama
Chaer, A. (2007). Leksikologi dan Leksikografi Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, A. (2003). Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, S. (2010). Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan SDLB (2006). Standar Kompetensi Dasar SMPLB Tunarungu.
Diaz Hasan Hutomo (2012). Pengaruh penguasaan kosakata terhadap keteram-pilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri se-Kelurahan Mino-martani, Ngaglik, Sleman tahun pela-jaran 2011/2012. Skirpsi tidak diterbit-kan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Dornan dkk, (2009). Longitudinal Study of Speech Perception, Speech, and Language or Children with Hearing Loss in an Auditory Verbal Therapy Program (online), Vol 109 (2-3). Diambil dari http://ebookbrowse.com
Istiqomah, Mirza. (2010). Pemerolehan Kosakata Anak Usia 5 dan 6 Tahun di TK Kurnia Bibis Manukan Wetan-Tandes Surabaya. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga, Surabaya.
Kurnaeni. (2007). Metode Pengajaran Bahasa Bagi Anak Tunarungu, artikel (online), diambil dari : http://dtarsidi.blogspot. com diakses 8 Maret 2011
Manaf, Ngusman. (2008). Semantik Teori dan Terapannya dalam Bahasa Indo-nesia. Padang: UNP Press.
Miseri. (2004). Pelaksanaan Metode Auditory Verbal Therapy dalam Me-ngembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Tunarungu di Klinik AVT Parents Support Group Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya : JPLB FIP Unesa
Mulyono, Abdurrahman (1996). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebuda-yaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Proyek Pendidikan Guru.
Musyarofah (2009). Upaya meningkatkan perbendaharaan kata pada anak tunarungu melalui media variasi gambar pada Kelas I / B Semester II SDLBN Cilacap Tahun Pelajaran 2008 / 2009. Thesis pascasarjana, tidak diterbitkan, Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta
Rahmawati, Dyah., Sunaryo, H.S., dan Widodo, HS (2011), Penguasaan kosakata bahasa indonesia pada anak usia prasekolah. Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 No. 1, hal: 1-12
Ratna, Wulan (2010). Peranan inteligensi, penguasaan kosakata, sikap, dan minat terhadap kemampuan membaca pada anak. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Tahun 14, Nomor 2, hal: 166-185
Smart, Aqila. (2010). Anak Cacat Bukan Kiamat. Yogyakarta: Kata Hati.
Sudjana dan Rivai. A. (200)2. Media Pengajaran. Bandung. Sinar Baru Algensido.
Sujarwanto. (2005). Terapi Okupasi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : Depdiknas
Wagino & Rafikayati, Ana (2013). Pelak-sanaan auditory verbal therapy (AVT) dalam mengembangkan keterampilan berbahasa anak tunarungu. Jurnal Pendi-dikan Luar Biasa, April 2013, Volume 9, Nomor.1
Widia Yuanita Ayu (2010), Pemerolehan kosakata anak tunarungu berdasarkan kelas kata bahasa indonesia di SDLB Karya Mulia II surabaya: kajian psikolinguistik. Skriptorium, Vol. 1, No. 2, hal: 129-142
Yosinta. Desy, (2009). Pemerolehan Bahasa Indonesia Anak Tunarungu Usia 7-10 Tahun (Studi Kasus Pada Tina dan Viki). Skripsi pada Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
The author who will publish the manuscript at Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories, pre-prints sites or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater dissemination of published work