Pola Asuh Demokratis dan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa-Siswi SMP Bilingual

  • Sesanti Rahayu Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Fabiola Hendrati Fakultas Psikologi Universitas Merdeka Malang

Abstract

This study aimed to analyze the relationship tendency democratic
parenting and emotional intelligence and academic achievement Bilingual junior
students. Subject reaserch are 124 male and female students grade 7 junior
Bilingual tepadu Junwangi-Krian. The implementation of data collection is done in
junior high school student and Bilingual Integrated. Distributed measurement scale
consists of two questionnaires: 1) Democracy parenting scale, 2) emotional
intelligence scale. The result show F regression = 2.898 de-ngan p = 0.059 (p>
0.05) , this means that there is no significant relationship between democratic
parenting and emotional maturity with Academic Achievement.
Keywords : learning achievement, parenting Democracy, emotional intelligence

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwisol. (2008). Psikologi Kepribadian.

Malang: Universitas

Muhammadiyah.

Azwar, S. (2002). Penyusunan Skala Psikologi.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2002). Sikap Manusia Teori dan

Pengukurannya. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2007). Reliabilitas dan Validitas.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Goleman, D. (1997). Emotional Intelegence

(Kecerdasan Emosional)

Terjemahan T. Hemaya. Jakarta :

Gramedia Pustaka Utama.

Hadi, S. (2000). Statistik. Jilid 2. Yogyakarta :

Andi

Kartono, K. (1995). Psikologi Remaja.

Bandung. PT. Bandar Maju.

Matulessy A, (2002), Psikologi Sosial, Hand

Out, Program Studi Magister

Psikologi, Universitas 17 Agustus

, Surabaya.

Rahayu, C. (2008). Hubungan Antara

Kematangan Emosi dan

Konformitas dengan Perilaku

Agresif pada Suporter Sepak Bola.

Skripsi. Surakarta : Fakultas

belajar, di kemudian hari disarankan untuk

mengkaitkan dengan variabel lain untuk

disertakan dalam penelitiannya, masih

banyak variabel lain yang dapat

direncanakan untuk penelitian dalam

hubungannya dengan prestasi belajar siswasiswi.

Faktor ekstern dan intern perlu

diperhatikan guna meningkatkan prestasi

belajar. Hal ini diharapkan dengan

memperhatikan faktor tersebut akan

memudahkan orangtua dalam memahami

hal-hal apa saja yang dibutuhkan guna

meningkat prestasi belajar anak.

Psikologi Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

[online]. Diakses pada tanggal 28

februari 2013.

Riyanto, Y. (2001). Metodologi Penelitian

Pendidikan. Surabaya : SIC

Santrock, J.W. (2003). Adolescence

Perkembangan Remaja, edisi 6

hal. 185.9. Jakarta : Erlangga

Santrock, J.W., (2009). Psikologi Pendidikan.

Jakarta : Salemba Humanika

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor

Yang Mempengaruhi. Jakarta:

PT.Rineka Cipta.

Suharnan. (2012). Pengembangan Skala

Kemandirian. Jurnal Psikologi

Persona, Volume I Nomor 02

September.

Suryabrata, S, (2000). Pengembangan Alat

Ukur Psikologi. Yogyakarta, Andi

Offset.

Paramitasari, R & Alfian, I, N. (2012).

Hubungan Antara Kematangan

Emosi Dengan Kecenderungan

Memaafkan Pada Remaja Akhir.

Jurnal Psikologi Pendidikan dan

Perkembangan, Vol 1 No 2.

Published
2015-09-10
Section
Articles