Percaya Diri, Dukungan Sosial dan Kecemasan Siswa Menghadapi Seleksi Perguruan Tinggi

  • Sri Djuwitawati Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • M. As’ad Djalali Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

The goal of this research is to find the correlation between Self confidence
and social endorsement with students’ anxiety facing the University selection
process. 163 students of XI grade of SMA Negeri 6 Madiun become the subject,
(consist of 68 boys and 95 girls). Researcher use three kinds of way in this research
they are; students’anxiety facing the University selection process scale, self
confidence scale and self endorsement scale. The research data analyzed with
correlation analysis level Spearman’Rho. The research results are; 1) Self
confidence with students’ anxiety facing University selection process is Rho 0,040
and p = 0,610 (p < 0,05), it means there is no negative correlation with students’
anxiety facing the University selection process. 2) social endorsement with
students’anxiety facing the University selection process resulted Rho 0,444 and p =
0,000 (p < 0,05), it means social endorsement has positive correlation between
students’ anxiety facing the University selection process.
Keywords : self confidence, social endorsement, and students’anxiety in facing the
University selection process.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anand Nelson (2009,)Grasping The Success,

Sidoarjo ,Masmedia Buana Pustaka

Chandra Giovanni (2010) Penduan

Pendampingan Kecerdasan Emosi,

SD 33,33 dengan korelasi tinggi 58,28%, 3)

Rerata dukungan sosial 120 dan SD 44 dengan

korelasi sangat tinggi 72,29%. Hipotesa

pertama untuk mengetahui hubungan percaya

diri (X1) dan kecemasan (Y) diperoleh hasil

negatif. Dengan demikian hipotesa percaya diri

dan kecemasan dinyatakan ditolak.

Kemungkinan siswa tidak cemas walaupun

percaya diri karena motivasi untuk melanjutkan

Perguruan Tinggi rendah. Hipotesa ke dua

untuk mengetahui hubungan dukungan sosial

(X2) dan kecemasan diperoleh hasil positif.

Dengan demikian hipotesa dukungan sosial dan

kecemasan dinyatakan terbukti.

KESIMPULAN dan SARAN

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan

bahwa untuk menghadapi seleksi Perguruan

Tinggi siswa merasa cemas, kurang percaya

diri disebabkan karena tingkat persaingan yang

ketat. Cemas merupakan proses emosi yang

bercampur baur yang terjadi jika seseorang

mengalami tekanan perasaan dan frustasi

karena pertentangan batin dan konflik.

Dukungan sosial bisa menjadi peredam akan

kecemasan dan ketidakpercayaan diri siswa.

Baik yang diberikan oleh orang tua dalam

bentuk kasih sayang maupun guru melalui

kegiatan konseling yang dilakukan di sekolah.

Dan siswa juga diharapkan mampu terlibat

secara aktif pada kegiatan konseling agar

membantu menyelesaikan hambatan-hambatan

yang ada dalam dirinya.

Chaplin, J. P. (1999). Kamus Lengkap Psikologi.

penerjemah : Kartini Kartono. Jakarta :

PT Raja Grafindo Persada

Cohen, S dan Syme SL (1985) Social Suport

and Health Florida , Academik

PressInc

Percaya Diri, Dukungan Sosial dan Kecemasan Siswa Menghadapi Seleksi Perguruan Tinggi

Coleman, J.C., Butcher, S.N., Carson, R.C.

(1980). Abnormal Psychology And

Modern Life, Sixth Edition, Scoot,

Foresman and Company

Coopersmirh S. (1967). The Antecedent of Self

Esteem. San Francisco : W.H.

Freeman and Company.

Daik (2013), Hubungan Antara Kepercayaan

Diri dan Motivasi

BerprestasiDengan Self Regulated

Learning Siswa SMA Kristen Petra 1

Surabaya,

Davison, G.C & Neale J.M. (2006). Psikologi

Abnormal. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

Fitriyah lailatul dan Jauhar Mohammad. (2014)

Pengantar Psikologi Umum,Jakarta,

Prestasi Pustaka Jakarta.

Gunarsa Singgih dan Gunarsa Singgih Yulia

(2012), Psikologi

UntukMembimbing, Jakarta, PT

BPK Gunung Mulia.

Hakim, Thursam. (2005). Mengatasi Rasa

Tidak Percaya Diri. Jakarta : Puspa

Swara

Laning VD (2009) Remaja Idaman, Klaten,

Penerbit Cemapaka Putih

Nevid S Jeffrey, Rathus A Spencer dan Greene

Beverly. (2002), PsikologiAbnormal,

Jakarta, Penerbit Erlangga.

Oltmanns F Thomas dan Emery Robert (2013)

Psikologi Abnormal , Yogyakarta,

Pustaka Pelajar.

Taylor Ros (2009) Mengembangkan

Kepercayaan Diri, Penerbit Erlangga

Santrock, J.W. (2003). Perkembangan Remaja.

Jakarta : Erlangga

Sarastika Pradipta (2014) Stop Minder dan

Grogi , Yogyakarta, Araska

Setiawan Pongky (2014) Siapa Takut Tampil

Percaya Diri, Yogyakarta,

ParasmuTangerang Selatan , Jelajah

Nusa.

Published
2015-03-10
Section
Articles