Interaksi Sosial dan Konsep Diri dengan Kecanduan Games Online pada Dewasa Awal

  • Lestari Ayu Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Sahat Saragih Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

This study aims to determine: 1) the relationship between social interaction and self-concept in online gaming addiction in early adulthood; 2) The contribution of social interaction for online gaming addiction; 3) contribution up to the concept of online gaming addiction. The hypothesis put forward: there is a negative relationship between social interaction and self-concept in online gaming addiction. Subjects were young adult males aged 18-40 years, who love to play online games (PC games or games HP). The process of selecting a subject taken by purposive sampling. Data were analyzed by regression analysis. Before performing regression analysis, first necessary to test the assumption of research data. Test assumptions made in this study included tests of normality and linearity test. The results showed that there is a relationship between social interaction and self-concept in online gaming addiction.
Keywords : social interaction, self-concept, online gaming, online gaming addiction

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, Saifuddin. (1999). Penyusunan Skala Psikologi. Jil.2. Cet-5. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Dewi, Nita Puspita. (2014). Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online dengan Interaksi Sosial pada Remaja. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Feprinca, Dica; Ilhamuddin; Herani, Ika. (2014). Hubungan Motivasi Bermain Game Online pada Masa Dewasa Awal Terhadap Perilaku Kecanduan Game Online Defence of the Ancients 2 (DotA 2). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya Malang. Gaol, Theresia Lumban. (2012). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Prestasi Akademik Mahasiswa di Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Interaksi Sosial dan Konsep Diri dengan Kecanduan Games Online pada Dewasa Awal

Lestari Ayu dan Sahat Saragih

Skripsi. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia Depok. Giandi, Ahmad Fajar; E, Rd. Funny Mustikasari; A, Hadi Suprapto. (2012). Perilaku Komunikasi Pecandu Game Online dengan menggunakan Game Online. Ejurnal mahasiswa Universitas Padjadjaran. 1. Hartiyani, Nuly. (2011). Hubungan Konsep Diri dan Kepercayaan Diri dengan Interaksi Sosial Remaja Panti Asuhan Nur Hidayah Surakarta. (https://creativesocio.blogspot.co.id/2012/06/interaksi-sosial.html?m=1), diakses 12, Oktober, 2015 (https://dinysabila.wordpress.com/2014/01/05/interaksi-sosial-dan-peran-psikologi-sosial-dalam-bimbingan-dan-konseling/), diakses 11, September 2015 (https://id.techinasia.com/analisa-tingkat-pertumbuhan-pasar-game-indonesia/), diakses 19, Januari 2016 (https://m.metrotvnews.com/read/2015/08/26/162469/agi-laporkan-tinjauan-industri-game-indonesia), diakses 19, Januari 2016 Indahtiningrum, Fitriana. (2013). Hubungan Antara Kecanduan Video Game dengan Stress pada Mahasiswa Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 2. Kusumah, Reza Trijaya. (2011). Konsep Diri Pecandu Game Online (Studi Deskriptif Tentang Konsep Diri Pecandu Game Online di Kota Bandung). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Komputer Indonesia Bandung. Rochmah, Siti. (2011). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Loneliness Terhadap Adiksi Game Online.Skripsi. Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sanditaria, Winsen; Fitri, Siti Yuyun Rahayu; Mardhiyah, Ai. (2011). Adiksi Bermain Game Online pada Anak Usia Sekolah di Warung Internet Penyedia Game Online Jatinangor Sumedang.Skripsi. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjajaran Bandung. Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta. Suryanto; Putra, Muhammad Ghazali Bagus Ani; Herdiana, Ike; Alfian, Ilham Nur. (2012). Pengantar Psikologi Sosial. Cet-1. Surabaya : Pusat Penerbitan dan Percetakan Unair (AUP). Soebastian, Cynthia Octaviana. (2010). Dampak Psikologis Negatif Kecanduan Permainan Online pada Mahasiswa.Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijaprana Semarang. Soekanto, Soerjono. (2001). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Raja Grafindo Persaja. Wijayanti, Tri Wulan. (2012). Motif dan Adiksi Pemain Game Online (Studi deskriptif tentang motif dan adiksi pemain game online dragon nest di Surabaya).Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.

Published
2016-05-20
Section
Articles