Strategi Komunikasi Politik Berbasis Relawan dalam Pemenangan Pemilihan Gubernur
Abstract
Komunikasi politik saat ini bukan hanya dilakukan oleh para elit politik kepada masyarakat tetapi juga dapat dilakukan oleh gabungan individu yang bergerak secara sukarela untuk kepentingan publik yang dinamakan relawan. Relawan politik biasanya hadir untuk bekerja secara sukarela dalam pemenangan suatu kandidat politik dalam pemilihan umum, ini juga termasuk dalam pemilihan gubernur. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan ingin mmendeksripsikan bagaimana strategi komunikasi politik yang dilakukan relawan Roemah Djoeang dalam pemenangan pasangan Anies-Sandi di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 . Penelitian menggunakan konsep komunikasi politik, penggunaan saluran komunikasi politik, serta relawan dalam komunikasi politik. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan wawancara mendalam kepada tiga relawan Roemah Djoeang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relawan Roemah Djoeang memanfaatkan beberapa saluran komunikasi politik, seperti komunikasi organisasi sebagai komunikasi intertanal antar relawan, komunikasi massa sebagai saluran informasi khalayak luas mengenai kandidat pasangan, serta penggunaan media sosial untuk berkomunikasi pada khalayak sebagai calon pemilih. Ini berarti relawan memiliki peran penting dalam strategi komunikasi politik pemenangan pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017.
Keywords: Komunikasi Politik, Relawan, Pemilihan Gubernur
Downloads
References
Alfani, H. (2015). Political Communication Channel and The Phenomenon of Political Communicators in Indonesia. Communication Sphere, 1(1), 33–41.
Brounéus, K. (2011). In-Depth interviewing: The process, skill and ethics of interviews in peace research. Understanding Peace Research: Methods and Challenges, May, 130–145. https://doi.org/10.4324/9780203828557
FSM, N. (2018). Komunikasi Politik Anggota Legislatif Perempuan di Kota Majalengka. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 3(1), 14–29.
Hong, S., & Nadler, D. (2011). Does the early bird move the polls? The use of the socialmedia tool “Twitter” by U.S. politicians and its impact on public opinion. ACM International Conference Proceeding Series, 182–186. https://doi.org/10.1145/2037556.2037583
Lees-Marshment, J., & Pettitt, R. T. (2014). Mobilising volunteer activists in political parties: The view from central office. Contemporary Politics, 20(2), 246–260. https://doi.org/10.1080/13569775.2014.907991
Nurullita, V., & Prasetywati, H. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TWITTER @ METROTV TODAY DALAM MEMBANGUN ENGAGEMENT DENGAN PEMIRSA PROGRAM “ PRIME TALK ” DI METRO TV. Inter Community: Journal of Communication Empowerment, 1(1).
Rahayu, Y. A. (2017). Sah! KPU DKI tetapkan Anies-Sandi menang Pilgub DKI 2017.
Ritchie, J., & Lewis, J. (2003). QUALITATIVE RESEARCH PRACTICE A Guide for Social Science Students and Researchers. Sage Publications.
Rohmah, M., & Ernungtyas, N. F. (2019). Branding Buzzer : Implementasi dan Implikasi pada Hubungan Masyarakat Pemerintahan. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 4(2), 135–148.
Sulaeman, A. (2017). Demokrasi, Partai Politik Dan Pemilihan Kepala Daerah. CosmoGov, 1(1), 12. https://doi.org/10.24198/cosmogov.v1i1.11857
Victor, O., Ikechukwu, U., Gerald, N., & Chinedum, O. (2017). Effects Of The Social Media In The Marketing Of Political Candidates In Nigeria. British Journal of Marketing Studies, 5(6), 15–32.
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
The right to publication of all journal material published on the jurnal representamen website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means Jurnal Representamen reserves the right to store, modify the format, administer in database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
Printed and electronic published manuscripts are open access for educational, research and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.