Fungsi Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Sebagai Komunikator dalam Membangun Destination Branding Kampung Wisata Genteng Candirejo di Surabaya

  • Anggriyan Permana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Noorshanti Sumarah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Abstract

 

The Sanitation and Green Open Space Department as a communicator, through the Community Empowerment Sub-Division, conveyed a message to the community with one of its messages, namely to build a branding destination in the tourist village of Genteng Candirejo. Interestingly, DKRTH does not have a public relations position in its organizational structure, which makes researchers interested in knowing the DKRTH's function as a communicator in building the destination branding of the Candirejo Tile Tourism Village in Surabaya. This study uses the concept of destination brand social image patterns in the study of tourism communication as a discussion analysis knife. This research resulted in a conclusion as a DKRTH communicator trying to give an impression to the public by becoming a facilitator of communication, media relations and program assistance so that the social image of the village destination branding is getting stronger

 

Keywords : DKRTH Function, Public Relations Activities, Destination Brand Social Image Pattern

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggoro, M. Linggar. 2002. Teori dan Profesi Kehumasan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Astriana, Rindi Puji, Fungsi Dinas Kebersihan dan Pertamanan dalam Mengelola Ruang Terbuka Hijau. Studi Pengelolaan Taman Bungkul, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Bungin, Burhan. 2015. Komunikasi Pariwisata: Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: Kencana.

Cutlip, Scott M. Allen H, Center. Broom, Glen M. 2005. Effective Public Relations. Edisi 8. Jakarta. PT Indeks Kelompok Gramedia.

Dewanti, Ayu Via Amelia, tahapan destination branding dalam meningkatkan jumlah pengunjung (studi kasus kualitatif pada UNESCO Global Geopark Gunung Sewu Geo Area Kabupaten Pacitan), Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.

Dozier, D.M., Grunig, L.A., dan Grunig, J.E. (1995). Manager’s guide to excellence in public relations and communication management. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Kriyantono, Rachmad. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Lattimore, dkk. 2010. Public Relations: Profesi dan Praktik. Jakarta: Salemba Humanika.

Maulana, Amalia E. 2010. Brand, Branding dan Peranannya bagi Perusahaan, (http://amaliamaulana.com/blog/brand-branding-dan-peranannya bagiperusahaan /, diakses 09 November 2019).

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Moleong, Lexy. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Murfianti. 2010. Membangun City Branding Melalui Solo Batik Carnival. Jurnal Penelitian Seni dan Budaya. Vol. 2 No.1, Juni 2010. pp. 14-20.

Novaria, Rachmawati (2017). Pengembangan Community Based Tourism Sebagai Strategi Pemberdayaan. Prosiding Semnasfi, 95.

Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Surabaya, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya.

Peraturan Walikota Nomor 50 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas, dan Fungsi Serta Tata Kerja, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya.

Rifa’i, Rizky, Peran Dinas Kebersihan dan Pertamanan Dalam Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Taman Abhirama di Kabupaten Sidoarjo, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Ruslan, Rosady, 2010. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Edisi Revisi 10. Jakarta: PT Grafindo Persada.

____________, 1999. Praktik Dan Solusi Public Relations Dalam Situasi Krisis Dan Pemulihan Citra. Seri 1. Jakarta. Ghalia Indonesia

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suwartono. 2014. Dasar-Dasar Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI

Umami, Ima Hidayati, Strategi Penguatan Kampung Glintung Go Green (3G) Sebagai Destination Branding Obyek Wisata Edukasi di Malang, Politeknik Negeri Malang, Malang.

Published
2020-10-27