GUGURNYA PASAR RITEL KONVENSIONAL DI ERA DIGITAL

  • Afifatur Rohimah Universitas Negeri Islam Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Pasar Ritel, Konvensional, Digital, Studi Kasus

Abstract

Era digitaliasasi komunikasi memberikan dampak pada berbagai sendi kehidupan, salah satunya pada dunia komunikasi pemasaran. Berdasarkan data yang didapat, mulai menginjak akhir 2016 hingga awal 2017 menjadi awal gejolak pasar ritel modern. Satu persatu pasar ritel modern berguguran sebab masyarakat modern tidak lagi menginginkan aktifitas berbelanja nyaman dan amna, namun juga praktis dan efisien. Hal ini ditawarkan oleh belanja secara online, beragamnya keuntungan yang didapat membuat masyarakat lebih memilih aktifitas berbelanja secara online daripada belanja secara konvensional.

Dibalik banyaknya keuntungan yang ditawarkan belanja secara online, pasar ritel modern wajib mengantisipasi dan melakukan beberapa program untuk menjaga eksistensinya dipasaran. Hal ini bertujuan agar masa hidup pasar ritel modern lebih panjang. Pada era perkembangan digitalisasi komunikasi wajib adanya bebrapa alternatif untuk mengantisipasi emundurannya di masyarakat. Sehingga tidak lagi adanya proses gugur nya pasar konvensional pada era digital.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-03
How to Cite
Rohimah, A. (2023). GUGURNYA PASAR RITEL KONVENSIONAL DI ERA DIGITAL. Sintesa, 1(1), 10-17. https://doi.org/10.30996/sintesa.v1i1.8176