STRATEGI KAMPANYE HUMAS PT POS INDONESIA DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA PT POS PUSAT SURABAYA)

  • Alfian Eka Pujianto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Strategi, Kampanye, Humas, Pandemi, Studi Kasus

Abstract

Tahun 2020 merupakan tahun berat bagi hampir semua negara di dunia, termasuk Indonesia karena merebaknya sebuah virus yang memakan banyak korban meninggal dunia sehingga disebut pandemi. Penyebaran virus Covid-19 yang demikian massif membuat porak poranda berbagai lini baik sosial, kesehatan, maupun ekonomi. Dengan penularan melalui kontak langsung, maka pemerintah melarang segala bentuk pertemuan fisik dan menghimbau seluruh warga untuk menjaga jarak sosial. Hal tersebut membuat kondisi berbagai usaha menjadi kesulitan beroperasi karena adanya kebijakan bekerja dari rumah (WFH), akibatnya banyak perusahaan menanggung dampak yang sangat besar demikian juga dengan layanan jasa ekspedisi. Ditengah kondisi kritis, maka ujung tombak perusahaan adalah humas sebab tugas humas adalah menjaga hubungan baik dengan publiknya agar kepercayaan publik tetap terjaga. Dengan melihat hal tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Strategi Kampanye Humas PT. Pos Indonesia di Era Pandemi (Studi Kasus pada PT Pos Pusat Surabaya). Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menyatakan bahwa kampanye Humas PT. Pos Indonesia Pusat Surabaya memiliki strategy of publicity dengan menggunakan media social Facebook dan Instagram dimana akun media social Facebook bernama @Sahabat Pos Surabaya dan akun media social Instagram @kantorpossurabaya60000, sedangkan strategi of persuation yaitu meng-kampanyekan kepada masyarakat untuk tetap dirumah saja, namun pengiriman akan diantar, strategy of argumentation merujuk pada usaha untuk selalu memperbarui sistem pelayanan dan inovasi teknologi sesuai perkembangan jaman, dan humas memiliki strategy of image yaitu mengadakan acara-acara sosial untuk membantu masyarakat yang sedang kesulitan di era pandemi covid 19.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-03
How to Cite
Pujianto, A. E. (2023). STRATEGI KAMPANYE HUMAS PT POS INDONESIA DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA PT POS PUSAT SURABAYA). Sintesa, 1(1), 33-46. https://doi.org/10.30996/sintesa.v1i1.8178