IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS MONUMEN PERS NASIONAL SURAKARTA DALAM MEMBANGUN CITRA PASCA PANDEMI

  • Rheza Pratiwi
  • Rahmat Bilal
Keywords: citra dan reputasi; media sosial; Monumen Pers Nasional; PR siber

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik dan implementasi cyber PR yang
dilakukan oleh Humas Monumen Pers Nasional Surakarta dalam upaya untuk membangun citra
lembaga pasca pandemi. Hal ini mengingat adanya perkembangan era digital yang memberikan
transformasi dan penyesuaian kinerja bagi para PR, guna mendukung cara berkomunikasi efektif
mereka dengan sejumlah publik dari lembaga. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif
dengan pemerolehan data melalui wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi. Melalui
analisis data secara interaktif dan keabsahan data melalui triangulasi sumber, praktik PR siber
yang diteliti juga diarahkan pada pengamatan virtual terhadap beberapa media sosial yang
digunakan oleh Humas Monumen Pers Nasional Surakarta, yaitu Instagram, Facebook, dan
Twitter. Hasil analisis menggambarkan praktik PR siber yang dilakukan secara spesifik
menggunakan strategi optimalisasi media sosial sebagai media publikasi. Melalui perencanaan
konten yang akan diunggah, Monumen Pers Nasional Surakarta secara konsisten melakukan: 1)
strategi one day one post pada media sosial yang digunakan; 2) melakukan integrasi pada beberapa
unggahan informasi dalam sejumlah media sosial yang digunakan; 3) secara khusus menetapkan
target dan segmentasi untuk edukasi bagi publik yang dinilai masif dalam mengakses internet,
yakni rentang usia 18-36 tahun; dan 4) selalu melakukan pengukuran dan evaluasi terhadap
pengelolaan internet yang digunakan (followers, jangkauan unggahan, dan engagement).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-06
How to Cite
Pratiwi, R., & Bilal, R. (2023). IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS MONUMEN PERS NASIONAL SURAKARTA DALAM MEMBANGUN CITRA PASCA PANDEMI. Sintesa, 2(01), 36-58. https://doi.org/10.30996/sintesa.v2i01.8462