KLASIFIKASI BENTUK, FAKTOR PENYEBAB, DAN DAMPAK PELECEHAN SEKSUAL PADA FILM PENYALIN CAHAYA

  • Rivga Agusta
  • Noqza Siana
Keywords: Pelecehan Seksual, Semiotika Ferdinand de Saussure, Film Penyalin Cahaya

Abstract

Pelecehan seksual marak terjadi dalam lingkungan masyarakat karena edukasi yang belum tersampaikan dengan baik, oleh karena itu sudah seharusnya masyarakat mengetahui bentuk, faktor penyebab, dan dampak pelecehan seksual agar setiap masyarakat paham dan bagaimana harus menangani dan bertindak ketika ada pelecehan seksual sehingga bisa meminimalisir adanya kasus pelecehan seksual. Film “Penyalin Cahaya” mengisahkan seorang perempuan dan beberapa temannya untuk mengungkapkan kasus pelecehan seksual yang terjadi pada dirinya dan beberapa teman lainnya.
Pelecehan seksual tersebut dilakukan oleh teman satu teater Mata Hari. Pada film Penyalin Cahaya pelecehan seksual digambarkan sangat dekat dengan realita yang ada dimasyarakat, dimana para korban tidak mendapatkan keadilan karena pelaku memiliki kekuasaan dan status sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengacu pada teori Semiotika model Ferdinand de Saussure yaitu penanda dan petanda yang bersifat arbitrer. Objek penelitian ini adalah film Penyalin Cahaya, sedangkan subjek berupa persoalan terkait pelecehan seksual yang terdapat pada film Penyalin Cahaya. Hasil dari penelitian ini adalah adanya klasifikasi bentuk, faktor penyebab, dan dampak pelecehan seksual pada film Penyalin Cahaya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-07
How to Cite
Agusta, R., & Siana, N. (2023). KLASIFIKASI BENTUK, FAKTOR PENYEBAB, DAN DAMPAK PELECEHAN SEKSUAL PADA FILM PENYALIN CAHAYA. Sintesa, 2(01), 75-90. https://doi.org/10.30996/sintesa.v2i01.8464