PERAN KEY OPINION LEADER (KOL) MUJIGAE PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK

  • Aat Ruchiat
  • Er Finda
Keywords: Key Opinion Leader; Media Sosial; Tiktok; Mujigae

Abstract

Memasuki era dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat telah mempengaruhi berbagai kehidupan
bermasyarakat, termasuk dalam hal penyediaan pesan. Di tengah kondisi pandemi Covid-19, internet dan
sosial media menjadi salah satu aspek utama yang menunjang aktivitas di segala sektor dan bidang
kehidupan manusia yang diakibatkan adanya pembatasan aktivitas di ruang publik dan beralihnya menuju
ruang virtual. besarnya penetrasi platform Tiktok dalam menyebarkan pesan, brand afiliasi dari Mujigae
resto yang lahir di tengah pandemi Covid-19, tertarik menggunakan aplikasi tersebut sebagai media
promosi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah deskriptif.
Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi literatur. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Key Opinion Leader (KOL) yang digunakan oleh Mujigae merupakan
bagian dari aktifitas program public relations perusahaan yang dijalin secara kerjasama yang saling
menguntungkan. Adapun pemilihan key opinion leader dalam mempromosikan produk Mujigae pada
platform Tiktok yaitu utamanya yang mampu mempersuasi secara verbal dan nonverbal audiens.
Kesimpulan penelitian ini adalah Key Opinion Leader (KOL) yang digunakan oleh Mujigae di platform
Tiktok sudah efektif yang terbukti dari views pada media sosial akun resmi produk Mujigae meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-07
How to Cite
Ruchiat, A., & Finda, E. (2023). PERAN KEY OPINION LEADER (KOL) MUJIGAE PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK. Sintesa, 2(01), 99-122. https://doi.org/10.30996/sintesa.v2i01.8467