PENERAPAN STRATEGI PUBLIC RELATIONS DI LINGKUNGAN MASJID DARUSSALAM KOTA WISATA CIBUBUR

  • Muhamad Jibril
  • Mohammad Shibab

Abstract

Masjid Darussalam Kota Wisata Cibubur di Kabupaten Bogor adalah salah satu masjid yang ingin menjadi pusat kemakmuran masyarakat, khususnya masyarakat muslim. Masjid yang telah berdiri sejak tahun 1998 ini berkembang menjadi masjid yang modern. Penelitian ini membahas tentang bagaimana penerapan strategi public relations di lingkungan Masjid Darussalam Kota Wisata Cibubur, Jawa Barat. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana strategi public relations diterapkan di masjid tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam dengan dua informan kunci yang terlibat langsung dalam pelaksanaan program PR masjid ini. Selain itu, studi dokumen juga dilakukan untuk memperkaya informasi yang didapatkan dari artikel pada portal-portal berita yang terindeks oleh Google News. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masjid Darussalam Kota Wisata Cibubur sudah menerapkan berbagai strategi public relations, di antaranya dengan melaksanakan program kajian, pemberdayaan masyarakat, dan filantropi. Program-program PR tersebut disebarluaskan melalui saluran-saluran PR digital resmi yang dibuat oleh pengurus masjid, seperti website, Youtube, Instagram, Facebook, dan Twitter. Kami merekomendasikan pengurus masjid, khususnya divisi PR, untuk meningkatkan kompetensi PR agar program PR ini dapat berjalan lebih optimal.    

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-07
How to Cite
Jibril, M., & Shibab, M. (2023). PENERAPAN STRATEGI PUBLIC RELATIONS DI LINGKUNGAN MASJID DARUSSALAM KOTA WISATA CIBUBUR. Sintesa, 2(01), 139-148. https://doi.org/10.30996/sintesa.v2i01.8469