ANALISIS PELAKSANAAN KONVERGENSI MEDIA DI ERA TV DIGITAL, STUDY KASUS STASIUN TELEVISI SWASTA ANTV
Abstract
Melimpahnya penggunaan internet menjadi salah satu faktor utama pendorong
industri media, termasuk industri televisi, untuk mewujudkan konvergensi media.
Konvergensi media dalam industri pertelevisian tidak hanya diperlukan untuk memperoleh
informasi dengan lebih mudah dan cepat, tetapi juga untuk meningkatkan jangkauan siaran.
Mengkaji dampak konvergensi media pada industri televisi secara umum dan mengkaji
penerapan konvergensi media pada saluran televisi Antv merupakan tujuan dari penelitian
ini. Melalui pengumpulan data primer melalui observasi dan wawancara serta didukung
data sekunder dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa stasiun
televisi Antv menerapkan konvergensi media melalui pengembangan situs web digital Antv
Klik, yang menyiarkan program langsung setiap hari dan mendiversifikasi konten yang
berfokus pada hiburan/infotainment, dengan target audiens Milenial dan Gen Z.
Konvergensi media saluran Antv TV dengan mengintegrasikan program siaran melalui
media sosial seperti Youtube, Facebook, Instagram, Twitter dan Tiktok.