Sistem Informasi Tempat Mitra Praktik Kerja Lapangan (PKL) Berbasis Web (Studi Kasus: Politeknik Negeri Tanah Laut)

  • Khafifah Jamil Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Veri Julianto Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Titik Wijayati Politeknik Negeri Tanah Laut

Abstract

Sistem Informasi Tempat Mitra Praktik Kerja Lapangan (PKL) Berbasis Web (Studi Kasus: Politeknik Negeri Tanah Laut) merupakan suatu sistem yang menyajikan informasi terkait perusahaan yang menjadi wadah untuk pelaksanaan PKL mahasiswa Politeknik Negeri Tanah Laut. Pada prosedur pelaksanaan PKL yang berjalan selama ini, mahasiswa harus mencari informasi perusahaan berdasarkan hasil pengisian kuesioner sebelumnya atau langsung menuju ke lapangan untuk membandingkan antar perusahaan, sehingga memakan banyak waktu. Permasalahan yang terdapat pada prosedur ini yaitu kurangnya informasi tentang perusahaan, pengisian kuesioner masih manual, dan hasil kuesioner PKL yang disimpan dalam bentuk excel sehingga penyimpanan kurang aman. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis merancang suatu sistem yang menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan pembangunan basis data MySQL. Sistem ini dapat membantu mahasiswa untuk menemukan informasi lebih detail perusahaan yang dituju, pengisian kuesioner dan penyimpanan data kuesioner lebih efisien. Pengujian sistem menggunakan metode blackbox dengan hasil fungsionalitas sistem berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Thoullah, C. K., Bilqisti, A., & Alifiyanto, D. 2019. “Perancangan Sistem Informasi Geografis (SIG) Sebagai Media Informasi Prakerin Berbasis Web di SMKN 6 Tangerang Selatan”. Journal Cerita, 5(1), 55-67.

Maharani, S., Widagdo, P. P., & Hatta, H. R. 2019. “Rancang Bangun Sistem Informasi Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Mulawarman”. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 13(2), 71-75.

Arifin, M. 2014. “Analisa dan perancangan sistem informasi praktek kerja lapangan pada instansi/perusahaan”. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 5(1), 49-56.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Irwansyah, E. (2013). Sistem Informasi Geografis Prinsip Dasar dan Pengembangan Aplikasi. Yogyakarta: Digibooks.

Arief, M. Rudyanto. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP & MySQL. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

A.S, Rosa & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Published
2021-07-31