Perencanaan dan Pembuatan Alat Pengatur Suhu, Monitoring Ph Air dan Pemberi Makan Ikan Arwana Otomatis Berbasis Mikrokontroler Atmega16

  • san toso toso Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Penelitian ini, telah merancang dan membuat sistem pengatur suhu, monitoring pH air aquarium dan pemberi makan ikan otomatis pada aqurium ikan arwana. Menggunakan IC Mikro atmega 16 yang berfungsi sebagai pengatur, penyimpan data, dengan bahasa pemrogaman C. Menggunakan sensor DS18b20 yang berfungsi untuk mengukur suhu air aqurium dan juga menggunakan sensor pH SEN0161 yang berfungsi untuk mengukur pH air aquarium. Suhu dan pH yang terukur akan diolah, ditampilkan di LCD, terdapat dua buah solenoid yang berfungsi untuk membuka dan menutup tempat pakan sesuai waktu yang telah ditentukan. Hasil pengukuran suhu air aquarium konstan 29-30°C dengan tingkat kesalahan 0,16%. Kadar pH air terukur dengan tingkat kesalahan 0,25% sekat tempat pakan membuka dan menutup pada jam 05:00:40 dan 17:00:40 secara otomatis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhyar, N. (2014). Rancang Bangun Alat Penstabil Suhu Minyak Kelapa sawit Berbasis Mikrokontroler Atmega 8,Tugas Akhir Jurusan Metrologi dan instrumentasi, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan Alam. Medan: Universitas Sumatra Utara.

Andrianto, H. (2015). Pemograman mikrokontroler AVR Atmega 16 menggunakan bahasa C (code vision AVR) . Bandung: Informatika Bandung .

Hainudin, P. (2014). Perancangan perangkat monitoring kadar keasaman (pH) Air pada pembenihan Ikan kerapu macan. Tanjungpinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji

Hakim, L. (2008). Perencanaan Dan Pembuatan Alat Kontrol Suhu Dan makan Otomatis Pada Akuarium Ikan Lau Han, Tugas Akhir Jurusan Elektro, Fakultas Teknik Elektronika . Surabaya: Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya.

Published
2019-02-12