Rancang Bangun Alat Penjernih Air Berbasis PLC

  • gatut budiono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Air merupakan salah satu komponen lingkungan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Bagi manusia air berperan dalam kegiatan pertanian, industri dan pemenuhan kebutuhan rumah tangga. Perkembangan industri dan pemukiman yang dapat menyebabkan kelestarian air bersih terancam. Diperlukan pengelolaan air agar terjadi keseimbangan dalam kebutuhan manusia. Maka dari itu dibutuhkan alat untuk penjernih air. Pada penelitian ini alat penjernih air berbasis PLC digunakan untuk membantu mengurangi air keruh dan memanfaatkannya dalam kebutuhan sehari-hari. Sehingga dapat mengurangi efisiensi terhadap air bersih. Konsep alat ini memanfaatkan proses sirkulasi secara bertahap dan melewati berbagai proses untuk menghasilkan air bersih. Berawal dari air keruh (raw water) yang didorong menuju proses koagulasi, lalu di aduk dan di dorong oleh mixer sehingga air terdorong menuju proses sedimentasi. Di proses sedimentasi air perlahan naik dan menuju ke proses filtrasi. Dan hasil dari proses filtrasi ini yang nantinya akan di manfaatkaan sebagai air bersih. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pengujian tingkat kekeruhan pada air sumur, air kolam dan air sungai. Didapat tingkat kekeruhannya masing-masing sebesar 5 NTU, 8 NTU dan 10 NTU. Kata Kunci : Rancang Bangun, Penjernih air, PLC, Selenoid Valve, Sensor LDR,

Downloads

Download data is not yet available.

References

Setiawan, Iwan. 2009 “Sensor dan Tranduserâ€. Semarang: Buku Ajar. Universitas Diponegoro.

Mukhlish, Faqihza. 2009. “Otomasi Plant dan PLC†Bandung.

Setiawan, Iwan. 2010. “Programmable Logic Controllerâ€. Yogyakarta: ANDI Publisher.

American water works association. 1990. “Water treatment plant designâ€. Fifth edition. United States of America: McGraw-Hill.Inc.

Dr Mustafa Al Kuisi. 2008. “Drinking Water Treatment Technologies: Filtration, Coagulation, Sedimentation, Disinfection†Yordania: Environmental Hydrogeochemistry Faculty of Science Department of Applied Geology and Environment.

Suharto. 2011. “Limbah Kimia dalam Pencemaran Udara dan Airâ€. Yogyakarta : ANDI Publisher.

Published
2019-02-12