APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF SEJARAH KERAJAAN HINDU BUDHA DI INDONESIA

  • Yunita Prastyaningsih Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Rabini Sayyidati Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Rahma Nurhamisah Politeknik Negeri Tanah Laut

Abstract

Sejarah mengenai kerajaan Indonesia diajarkan lebih fokus pada tingkat SMA kelas XI jurusan IPS. SMAN 1 Bajuin adalah salah satu sekolah yang mengajarkan pelajaran sejarah Berdasarkan wawancara pada siswa kelas XI jurusan IPS SMAN 1 Bajuin, sebagian besar siswa tersebut kurang memahami pelajaran sejarah karena alasan terlalu banyak materi yang harus dihafalkan dan hanya menampilkan beberapa gambar hitam putih dengan penyampaian materi yang terlalu text book sehingga siswa cenderung bosan untuk belajar. Selain itu, kesulitan mengajar bagi guru sejarah di SMAN 1 Bajuin adalah terbatasnya fasilitas mengajar seperti LCD (Liquid Crystal Display)  proyektor untuk menampilkan gambar yang lebih menarik.  Oleh karena itu, dengan memanfaatkan teknologi, peneliti membuat sebuah Aplikasi Sejarah Kerajaan Hindu Budha di Indonesia  yang lebih interaktif dan tersedia pula latihan soal, kuis dan ujian akhir semester yang akan menguji kemampuan belajar para pelajar. Aplikasi dibangun menggunakan metode waterfall dan data yang digunakan adalah data guru, siswa kelas XI IPS, materi sejarah kerajaan Hindu Budha di SMAN 1 Bajuin. Hasil dari penelitian adalah aplikasi yang dibangun memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan memudahkan siswa untuk belajar sejarah kerajaan Hindu Budha di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yunita Prastyaningsih, Politeknik Negeri Tanah Laut
Jurusan Teknik Informatika
Rabini Sayyidati, Politeknik Negeri Tanah Laut
Jurusan Teknik Informatika
Rahma Nurhamisah, Politeknik Negeri Tanah Laut
Jurusan Teknik Informatika

References

Anhar, 2010. Panduan Menguasai PHP dan MySQL Secara Otodidak. Jakarta Selatan: Mediakita.

D. A. Pangestu, G. Prabawa and F. A. Trridalestari, "Media Pembelajaran Interaktif Kerajaan Hindu-Budha Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Multimedia (Studi Kasus: Sdn 5&6 Buah Batu Utara)," p. Vol 2 No 1, 2016.

E. Pujiono, "Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Construct 2 pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Materi Hindu Budha untuk SMA Negeri 1 Semarang Kelas X," p. Vol 3 No 1, 2017.

J. Sumardianta, dkk. 2009. Sejarah Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Robins, Stephen. P & Timothy, 2009. Perilaku Organisasi edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Salahuddin, M dan Rosa A.S, 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Suarga, 2012. Algoritma Pemrograman. Yogyakarta: Andi.

Wahyudi, Bagus. 2014. Membuat Program Basic Dll Dengan Delphi XE5 (Studi Kasus Rental Mobil). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yuhefizar, 2009. Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan Content Management System Joomia Edisi Revisi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Published
2020-01-26