APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF SEJARAH KERAJAAN HINDU BUDHA DI INDONESIA
Abstract
Sejarah mengenai kerajaan Indonesia diajarkan lebih fokus pada tingkat SMA kelas XI jurusan IPS. SMAN 1 Bajuin adalah salah satu sekolah yang mengajarkan pelajaran sejarah Berdasarkan wawancara pada siswa kelas XI jurusan IPS SMAN 1 Bajuin, sebagian besar siswa tersebut kurang memahami pelajaran sejarah karena alasan terlalu banyak materi yang harus dihafalkan dan hanya menampilkan beberapa gambar hitam putih dengan penyampaian materi yang terlalu text book sehingga siswa cenderung bosan untuk belajar. Selain itu, kesulitan mengajar bagi guru sejarah di SMAN 1 Bajuin adalah terbatasnya fasilitas mengajar seperti LCD (Liquid Crystal Display) proyektor untuk menampilkan gambar yang lebih menarik. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan teknologi, peneliti membuat sebuah Aplikasi Sejarah Kerajaan Hindu Budha di Indonesia yang lebih interaktif dan tersedia pula latihan soal, kuis dan ujian akhir semester yang akan menguji kemampuan belajar para pelajar. Aplikasi dibangun menggunakan metode waterfall dan data yang digunakan adalah data guru, siswa kelas XI IPS, materi sejarah kerajaan Hindu Budha di SMAN 1 Bajuin. Hasil dari penelitian adalah aplikasi yang dibangun memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan memudahkan siswa untuk belajar sejarah kerajaan Hindu Budha di Indonesia.
Downloads
References
Anhar, 2010. Panduan Menguasai PHP dan MySQL Secara Otodidak. Jakarta Selatan: Mediakita.
D. A. Pangestu, G. Prabawa and F. A. Trridalestari, "Media Pembelajaran Interaktif Kerajaan Hindu-Budha Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Multimedia (Studi Kasus: Sdn 5&6 Buah Batu Utara)," p. Vol 2 No 1, 2016.
E. Pujiono, "Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Construct 2 pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Materi Hindu Budha untuk SMA Negeri 1 Semarang Kelas X," p. Vol 3 No 1, 2017.
J. Sumardianta, dkk. 2009. Sejarah Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Robins, Stephen. P & Timothy, 2009. Perilaku Organisasi edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.
Salahuddin, M dan Rosa A.S, 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Suarga, 2012. Algoritma Pemrograman. Yogyakarta: Andi.
Wahyudi, Bagus. 2014. Membuat Program Basic Dll Dengan Delphi XE5 (Studi Kasus Rental Mobil). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Yuhefizar, 2009. Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan Content Management System Joomia Edisi Revisi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Authors who publish with Elsains: Jurnal Elektro agree to the following terms:
- Authors transfer the copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)