ANALISIS PEMAKAIAN DAN UPAYA UNTUK PENCAPAIAN EFISIENSI ENERGI LISTRIK DI UNIVERSITAS LISTRIK DI UNIVERSITAS MUHAMMMADIAYH SIDOARJO

  • Gilang Adhiaksa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Niken Adriaty Basyarach Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hadi Tasmono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang proses pembelajaran di bidan hard skill dicapai melalui konsep learning by doing berisikan materi teori 60% dan prakterk 40%. Dengan bertambahnya jumlah mahasiswa/i setiap tahunnya akan memicu pembangunan gedung baru sebagai ruang kelas baru. Semakin bertambahnya gedung baru tentunya akan ada penambahan fasilitas baru untuk menunjang proses perkuliahan sehingga diperlukaadanya audit energi dan analisis pemaikaian energi. Setelah dilakukan Audit energi pada sistem penerangan dan sistem pendingin pada lima gedung di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yaitu gedung A sebesar 118 kWh//m², Gedung B sebesar 140 kWh/m², Gedung C sebesar 151 kWh//m²,Gedung D sebesar 86 kWh//m²,  dan Gedung E sebesar 179 kWh//m². dari ke lima gedung tersebut nilai IKE nya masih tergolong efisien karena masih di bawah standart ASEAN-USAID yaitu sebesar 240 kWh/m².

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Gilang Adhiaksa, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Program Studi Teknik Elektro
Niken Adriaty Basyarach, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Program Studi Teknik Elektro
Hadi Tasmono, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Program Studi Teknik Elektro

References

. Persayaratan Umum Instalasi Tenaga Listrik (PUIL ) 2000.

Firjatoellah, Royhan. 2018. “Analisis Pemakaian dan Audit Upaya Penghematan Energi Listrik Menggunakan DBMS ( Database Management System) Di Politeknik Negeri Malang.

. Basyarach. N.A, Penangsang. Ontoseno. 2019 “Rekonfigurasi Jaringan distribusi radial untuk minimisasi rugi daya menggunakan binary particle swarm optimization”, JHP 17, Untag Surabaya.

. Wardani, Ayusta. Hartayu, Ratna. 2019. “ optimasi pemasangan kapasitor dengan mempertimbangkan biaya investasi kapasitor pada system distribusi menggunakan algoritma APSO”. JHP 17, Untag Surabaya.

Hasan, Shalahuddin. 2004. “Pelaksanaan Efisiensi Energi di Bangunan Gedung.

Published
2020-01-26