PENGENDALI SUHU RUANG INKUBATOR DOC BERBASIS PLC

  • Muhammad Nur Wahid Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Lukito Afandy Lukito Afandy Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Puji Slamet Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Niken Adriaty Basyarach Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Kemajuan teknologi di dunia terutama pengendali saat ini sangat pesat, sehingga manusia dapat meringankan pekerjaanya dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini. Bahkan tidak hanya untuk manusia tetapi jugadapat diterapkan pada hewan berjenis unggas yaitu anak ayam DOC ( Day Old Chicken ) . Dengan suhu ideal yang di inginkan kenyamanan pada anak ayam DOC, PLC dapat mengontrol suhu yang di inginkan, mengendalikan lebih dari 1 inkubator dan dapat diatur berkelanjutan dari hari 1-14. Tujuan penelitian “Pengendali Suhu Ruang Inkubator DOC berbasis PLC” adalah membantu peternak ayam dalam mengelola anak ayam yang baru menetas. Inputan yang digunakan adalah sensor suhu LM35 yang berfungsi sebagai indikator suhu pada inkubator. Disini penulis memberikan 1 sensor suhu LM35 pada 1 inkubator. Sensor suhu ini akan memberikan inputan ke PLC, ketika suhu yang di inginkan 32ºC sedangkan sensor membaca berada di atas suhu 32ºC, maka blower akan berputar kencang dengan 360 rpm, tegangan 220 volt, arus 0,14 ampere. Ketika berada pada 32,5ºC blower akan berputar sedang dengan 60 rpm, tegangan 115 volt, arus 0,13 ampere. Indikator harian terdapat pada alat ini untuk menandakan inkubator 1 dan 2 bisa di letakkan anak ayam DOC yang berbeda umur dan tentunya untuk memaksimalkan kinerja dari PLC tersebut yang dapat mengendalikan 2 inkubator sekaligus, menggerakkan motor blower dengan 3 kecepatan ( berhenti, sedang, kencang ), mengontrol harian dengan indikator lampu pada kotak panel.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Nur Wahid, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Program Studi Teknik Elektro
Lukito Afandy Lukito Afandy, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Program Studi Teknik Elektro
Puji Slamet, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Program Studi Teknik Elektro
Niken Adriaty Basyarach, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Program Studi Teknik Elektro

References

Sumardi, “Perancangan Inkubator DOC ( Day Old Chicken ) Berbasis Arduino”. Jurnal SEMINASTIKA, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, STMIK Balikpapan. 2018.

Syafitri, Nia dkk “Rancang Bangun Pengontrol Suhu Otomatis pada Sistem Pemanas Day Old Chicken (DOC) Berbasis Mikrokontroler ATMEGA8”. Tugas Akhir. Universitas Tanjungpura. Pontianak. 2015.

Decuypere, E. and V. Bruggeman. “The endocrine interface of environmental and egg factors affecting chick quality”. Poultry Science. USA. 2007.

PT. Cemerlang Unggas Lestari. Poultry Integration Charoen Pokphand Indonesia Grup. Semarang. 2007.

Usuman, Ilona dkk “Sistem Pendeteksi Suhu dan Asap Pada Ruangan Tertutup Memanfaatkan Sensor LM35 dan Sensor AF30”. Tugas Akhir. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 2010.

Nasrullah, Emir dkk “Rancang Bangun Sistem Penyiraman Tanaman Secara Otomatis Menggunakan Sensor Suhu LM35 Berbasis Mikrokontroler ATMega8535”. Tugas Akhir. Universitas Lampung. Bandar Lampung. 2011.

Herlan. Prabowo, Briliant A. “Rangkaian Dimmer Pengatur Iluminasi Lampu Pijar Berbasis Internally Triggered TRIAC”. Jurnal INKOM, Vol. III, No. 1-2, Nop 2009.

Published
2020-01-26