Animasi 2D (Motion Graphic) Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Etika Profesi

  • Mardiyah Dwi Nastiti Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Mustaziri Mustaziri Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Alan Novi Tompunu Politeknik Negeri Sriwijaya

Abstract

Animasi dapat menjadi salah satu cara yang dilakukan dalam pengembangan media pembelajaran agar lebih menarik dan informasi yang disampaikan dapat tersampaikan dengan baik serta dapat menggambarkan visual yang sulit untuk dijelaskan. Etika sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, begitu juga pada lingkungan kerja.  Dengan adanya etika profesi diharapkan para sumber daya yang ada di dalam lingkungan kerja mampu bertanggung jawab dan bergerak secara bebas (otonomi) dalam bekerja. Di Politeknik Negeri Sriwijaya, etika profesi merupakan mata kuliah umum yang diajarkan di semua jurusan. Sehingga, dilakukannya penelitian ini untuk membuat sebuah media pembelajaran yang baru pada mata kuliah etika profesi yang lebih efektif menggunakan animasi 2D berbasis motion graphic. Hasil menunjukkan bahwa pembuatan media pembelajaran baru berupa video animasi 2D berbasis motion graphic pada mata kuliah Etika Profesi mendapatkan indeks persentase 84,9% jika dilihat dari segi grafik, warna, animasi dan audio 91,7% jika dilihat dari segi penyampaian informasi serta tampilan.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Animasi, Motion Graphic, Etika Profesi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mardiyah Dwi Nastiti, Politeknik Negeri Sriwijaya
Teknik Komputer
Mustaziri Mustaziri, Politeknik Negeri Sriwijaya
Teknik Komputer
Alan Novi Tompunu, Politeknik Negeri Sriwijaya
Teknik Komputer

References

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41. Jakarta.

Djaramah, Syaiful Bahri. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Tompunu, Alan Novi. Dkk. (2020). Public Service Announcement Implementation of Learning at the Sriwijaya State Polytechnic in Minimizing the Risks and Impacts Caused by the Covid-19 Pandemic. Atlantis Highlights in Engineering, Vol.7: 577-583.

Silitonga, M. K., & Rosyida, S. (2015). Animasi Interaktif Sebagai Media Sosialisasi Indonesia Tsunami Early Warning System (Inatews). Jurnal Sistem Informasi Stmik Antar Bangsa, IV (2), 200–207.

Munir. 2012. MULTIMEDIA Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Luktasari, E.H. dan Yulianto, A. (2017). Makna Visual Ikon dalam Animasi Motion Graphic Program Pendidikan SD II Al Abidin Surakarta. Kemadha. 6(2). 51-56.

Mustika dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. JOIN (Jurnal Online Informatika). Vol.2 No.2. 121-126.

Nazir, Mohammad. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Published
2021-07-31