Animasi 2D (Motion Graphic) Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Etika Profesi
Abstract
Animasi dapat menjadi salah satu cara yang dilakukan dalam pengembangan media pembelajaran agar lebih menarik dan informasi yang disampaikan dapat tersampaikan dengan baik serta dapat menggambarkan visual yang sulit untuk dijelaskan. Etika sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, begitu juga pada lingkungan kerja. Dengan adanya etika profesi diharapkan para sumber daya yang ada di dalam lingkungan kerja mampu bertanggung jawab dan bergerak secara bebas (otonomi) dalam bekerja. Di Politeknik Negeri Sriwijaya, etika profesi merupakan mata kuliah umum yang diajarkan di semua jurusan. Sehingga, dilakukannya penelitian ini untuk membuat sebuah media pembelajaran yang baru pada mata kuliah etika profesi yang lebih efektif menggunakan animasi 2D berbasis motion graphic. Hasil menunjukkan bahwa pembuatan media pembelajaran baru berupa video animasi 2D berbasis motion graphic pada mata kuliah Etika Profesi mendapatkan indeks persentase 84,9% jika dilihat dari segi grafik, warna, animasi dan audio 91,7% jika dilihat dari segi penyampaian informasi serta tampilan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Animasi, Motion Graphic, Etika Profesi
Downloads
References
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41. Jakarta.
Djaramah, Syaiful Bahri. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Tompunu, Alan Novi. Dkk. (2020). Public Service Announcement Implementation of Learning at the Sriwijaya State Polytechnic in Minimizing the Risks and Impacts Caused by the Covid-19 Pandemic. Atlantis Highlights in Engineering, Vol.7: 577-583.
Silitonga, M. K., & Rosyida, S. (2015). Animasi Interaktif Sebagai Media Sosialisasi Indonesia Tsunami Early Warning System (Inatews). Jurnal Sistem Informasi Stmik Antar Bangsa, IV (2), 200–207.
Munir. 2012. MULTIMEDIA Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Luktasari, E.H. dan Yulianto, A. (2017). Makna Visual Ikon dalam Animasi Motion Graphic Program Pendidikan SD II Al Abidin Surakarta. Kemadha. 6(2). 51-56.
Mustika dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. JOIN (Jurnal Online Informatika). Vol.2 No.2. 121-126.
Nazir, Mohammad. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Authors who publish with Elsains: Jurnal Elektro agree to the following terms:
- Authors transfer the copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)