Analisa Sistem Instrumentasi dan Keandalan Boiler dengan Metode Fault Tree ANALYSIS (FTA) dan Metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA)

  • Ridoan Fadli Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Jufrizel Jufrizel Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Weni Puji hastuti Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Abstract

Pengolahan Tandan Buah Segar (TBS) menjadi Crude Palm Oil (CPO), merupakan suatu proses ekstraksi minyak kelapa sawit yang dilakukan PT. Perkebunan Nusantara V Pabrik kelapa Sawit (PKS) Sei Pagar. Kegiatan pengolahan TBS di PKS dengan kapasitas terpasang 30 ton TBS per jam berlangsung 24 jam per hari. Dengan beban kinerja yang begitu panjang aktivitas pengolahan sering mengalami hambatan yang disebabkan oleh gagalnya mesin produksi steam dalam menjalankan fungsinya hingga menyebabkan menurunya hasil pengolahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisa keandalan sistem instrumentasi boiler dan penerapan jadwal perawatan bagi komponen yang mengalami kegagalan terutama komponen yang kritis untuk memperkecil waktu down time. Hasil analisa dari kedua boiler yaitu pada boiler No. 1 nilai keandalan sebesar 99,78 % dan pada boiler No 2 sebesar 99,96 %. Dari analisa nilai MTBF dapat diketahui bahwa waktu operasi semua komponen yang dapat menyebabkan kerusakan yang paling sering terjadi pada boiler No. 1 terdapat pada komponen electric pump dengan nilai MTBF sebesar 454,73 dengan 7 kali mengalami kegagalan, maka jadwal perawatanya setiap 19 hari kerja kerja, sedangkan pada boiler No. 2 terdapat pada komponen electric pump dengan nilai MTBF sebesar 216 dengan 14 kali mengalami kegagalan, maka jadwal perawatanya setiap 9 hari kerja kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ridoan Fadli, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jurusan Teknik Elektro,
Jufrizel Jufrizel, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jurusan Teknik Elektro,
Weni Puji hastuti, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jurusan Teknik Elektro,

References

. Alfi, Syahri, 2012, Analisa Keandalan PLTG di PT.PLN Teluk Lembu Dengan Metode Fault Tree Analysis, Tugas Akhir, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau. Pekanbaru.

. Betrianis, dkk, 2005, Pengukuran Nilai Overal Equipment Efectiveness Sebagai Dasar Usaha Perbaikan Proses Manufaktur pada Lini Produksi, Universitas Indonesia.

. Devani, Vera, dkk, 2015, Pengantar Teknik Industri. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau. Pekanbaru.

. Dieter, George E, 2000, Engineering Design: A Material and Processing Approach. McGraw-Hill Companies,inc. singapure

. Effendy, Dwi Ardiyanto, 2013, Rancang Bangun Boiler Untuk Proses Pemanasan Sistem Uap Pada Industri Tahu Dengan Menggunakan CATIA V5, Skripsi Teknik Mesin, Semarang: Fakultas Negeri Semarang.

. Eldika, Rino, 2011, Analisis Keandalan Sistem Instrumentasi PLTG di PT. PLN PLTD/G Teluk Lembu Pekanbaru, Tugas Akhir, Pekanbaru: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau.

. Faula, Arina. dkk, 2013, Penentuan Keandalan Dengan Menggunakan Reliability Block Diagram (RBD) Yang Berkonfigurasi Redundant Pada Mesin Boiler di PT. X, Jurnal Seminar Nasional IENACO, ISSN: 2337-4349, Untirta.

. Febriani, Noni, 2007, Analysis Reliability Pada Pumping Unit Dengan Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) di PT. Chevron Pasific Indonesia, Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

. Ferdinand, Franky, dkk, 2002, Kajian Kehandalan SDH Pada JARLOKAF, Elektronika Indonesia, no.44, Thn IX. 2002

. Gaspersz, Vincent, 1998, Producation Planning and Inventory Control. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

. Gaspersz, Vincent, 2002, Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

. Henley, E. J. dan Hiromitsu Kumamoto, 1992, Probabilistic Risk Assessment, Reability Engineering, desain, and Analysis, IEEE Press. New York

. Imron, Mustajib, dkk, 2013, Sistem Perawatan Terpadu. Graha Ilmu. Yogyakarta

. Kusuma, Intan M. dkk, 2013, Analisa Performansi Keandalan pada boiler dengan menggunakan metode Jaringan Syaraf Tiruan di PT.PJB Unit Pembangkit Gresik, Jurnal Teknik POMITS, Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

. Luluk, Kristianingsih. dkk, 2013, Analisis Safety System dan Manajemen Resiko Pada Steam Boiler PLTU di Unit 5 Pembangkit Paito PT. YTL, Jurnal Teknik POMITS Vol. 2, No. 2, ISSN: 2337-3539, Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

. McDermot, E. Robin, 2009, The Basic of Failure Mode and Effect, Edisi 2. CRC Press. USA

. Muin, Syamsir. A, 1988, Pesawat-Pesawat konversi Energi I (ketel uap). Jakarta: Rajawali Pers.

. Pandey, M, 2005, Engineering and Sustainable Development Fault Tree Analysis, Waterloo: University Waterloo.

. Priyanta, Dwi, 2000, Keandalan Dan Perawatan, Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

. Putra, Dipo. S Aryan, 2014, Analisis Keandalan Jarlokaf Konfigurasi Ring di UIN Suska Riau Dengan Metode Markov dan Fault Tree Analysis, Tugas Akhir, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau . Pekanbaru.

. Stamatis, D.H, 1995, Failure Mode and Effect Analysis: FMEA From Theory to Execution, Millwaukee: ASQC Quality Press.

. Sumantri, Ade Hery, 2013, Analisis RPN Terhadap Keandalan Instrumentasi Kompresor Udara Menggunakan Metode FMEA di PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit II Dumai, Tugas Akhir, Pekanbaru: UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

. UNEP, 2008, Boiler dan Pemanas Fluida Thermis, United Nation Enviroment Program.

. Vesely, William, dkk , 2002, Fault Tree Handbook With Aerospace Applications, Washington DC: NASA Office of Savety and Mission Assurance.

Published
2021-02-25