Analisa Perancangan Alat Keamanan Pintu Rumah Menggunakan Android Berbasis Arduino

  • Yozi Fadli Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Jufrizel Jufrizel Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Weni Puji hastuti Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Abstract

Keamanan adalah aspek yang sangat penting untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan di dalam lingkungan, terutama tempat tinggal masyarakat itu sendiri. Permasalahan yang terjadi dalam masyarakat adalah sama yaitu pencurian atau pembobolan pintu rumah yang mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi masyarakat. Salah satu kerugian masyarakat karena kejahatan pencurian adalah hilangnya barang-barang pribadi seperti: laptop, hp, uang dan lain-lain. Teknologi untuk mengindari pencurian di rumah diperlukan teknologi pengaman salah satunya kunci pintu rumah itu sendiri. Berdasarkan hasil percobaan yang dilakukan Pembacaan sensor sidik jari ( fingerprint ) bekerja dengan baik, dari 100 kali percobaan didapat tingkat kegagalan sebesar 3.91 % persen ini disebabkan oleh posisi jari yang tidak tepat atau permukaan fingerprint kotor. Dan tingkat keberhasilan pembacaan fingerprint ialah 97.69 % persen. Perangkat android dan perangkat wifi esp8266 dapat terkoneksi dengan baik pada rentang jarak antara 0 hingga 23 meter. Hasil pengujian yang dilakukan sebanyak 100 kali untuk membuka pintu terjadi kegagalan sebanyak 6 kali dan berhasil sebanyak 94 kali, hal ini membuktikan bahwa alat yang dirancang ini bekerja dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yozi Fadli, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jurusan Teknik Elektro,
Jufrizel Jufrizel, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jurusan Teknik Elektro,
Weni Puji hastuti, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jurusan Teknik Elektro,

References

Yuniawan, 2007. “Sistem Keamanan Pintu Geser Menggunakan Password Dengan Mikrokontroller AT89S51” Semarang.

Sumantri, Yoyo. Guntoro, Helmi, et al. 2013 ”Rancang Bangun Magnetic Door Lock Menggunakan Keypad Dan Selenoid Berbasis Mikrokontroller Arduino Uno” Bandung.

Riadi, Slamet. Purnama, Bambang Eka, 2013. “Sistem Pengendalian Keamanan Pintu Rumah Berbasis Sms ( Short Message Service ) Menggunakan Mikrokontroller ATMEGA 8535. IJNS – Indonesian Journal On Networking and Security. http://ijns.org, Diakses Tanggal 9 Desember 2015.

Chamdun, Muhammad. Rochim, Adian Fatchur, et al. 2014. “Sistem Keamanan Berlapis Pada Ruangan Menggunakan RFID (Radio Frequency Identification) Dan Keypad Untuk Membuka Pintu Secara Otomatis”. Semarang.

Adha, Tengku Fajar, 2015. “Perancangan Pintu Gerbang Pagar Rumah Semi Otomatis Berbasis Arduino Menggunakan Sensor Infra Merah”. Skripsi. Pekanbaru: Fakultas Sain Dan Teknologi UIN Suska Riau.

Justika, Agung, 2015. “Kontrol Pintu Berbasis Android Dan Arduino Uno Melalui Bloetooth Hc-06” Skripsi. Pekanbaru: Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Suska Riau.

Juandi, Feri, 2011. “ Pengenalan Arduino “ ( Diakses Juni, 2016).

Murtiwiwati, Lauren Glenn, 2013. “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android”. Depok.

Kartini, Willy Adiansyah, 2014. “Membangun Jaringan Nirkabel (Hotspot Area) Dan Manajemen Hotspot dengan “Antar Media Hotspot Manager” Sebagai Sarana Komersial Berbasis Wifi” Jakarta Barat.

Published
2021-02-25