Purwarupa Jemuran Ikan Asin Otomatis Menggunakan Arduino Uno Berbasis SMS Gateway

  • Indra Royana Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Arif Supriyanto Politeknik Negeri Tanah Laut

Abstract

Pada masa kini, cara bekerja secara tradisonal masih melekat dan dilakukan dalam kehidupan masyarakat diberbagai bidang salah satunya dalam proses penjemuran ikan asin yang masih dilakukan secara tradisional. Para nelayan atau pengolah ikan asin menjemur ikan asin di tempat terbuka agar ikan asin lebih mudah kering. Cara kerja yang demikian membuat nelayan harus berada dalam kondisi siaga agar ikan asin yang dijemur tidak basah disiram hujan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perancangan purwarupa sistem alat jemuran ikan asin otomatis menggunakan arduino uno berbasis SMS gateway dengan bantuan sensor LDR (Light Dependent Resistor) dan sensor hujan dirasa dapat membantu menangani permasalahan tersebut. Proses deteksi menggunakan sensor sensor hujan dan LDR (Light Dependent Resistor) sedangkan SMS gateway digunakan sebagai penanda bahwa ikan asin sudah kering dan arduino uno berfungsi sebagai pengendali dengan bahasa pemrograman yaitu bahasa C, dari hasil pengujian yang telah dilakukan diketahui bahwa rangkaian dapat bekerja dengan baik. Hal ini terlihat dari sensor- sensor yang dapat bekerja dan outputnya terlihat pada serial monitor yang berfungsi dengan baik dan pengiriman SMS yang sudah dapat dijalankan dan diterima oleh pengguna.

Author Biographies

Indra Royana, Politeknik Negeri Tanah Laut
Jurusan Teknik Informatika
Arif Supriyanto, Politeknik Negeri Tanah Laut
Jurusan Teknik Informatika

References

N. Marpaung, “Perancangan Prototype Jemuran Pintar Berbasis Arduino Uno R3,” Riau J. Comput. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 71–80, 2017.

I. Wahyudi, S. Bahri, and P. Handayani, “Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Budaya Indonesia,” vol. V, no. 1, pp. 135–138, 2019, doi: 10.31294/jtk.v4i2.

N. A. Harahap, “Perancangan Prototype Jemuran Otomatis Menggunakan Sensor Air Dan Sensor Ldr Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno Dengan Metode Flc,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 1, pp. 15–25, 2018, doi: 10.30865/mib.v2i1.814.

A. Afandi and F. Afifah, “Rancang Bangun Sistem Jemuran Otomatis Berbasis Arduino Uno,” J. Kaji. Tek. Elektro, vol. 3, no. 2, pp. 104–113, 2018.

F. puri Himawan, U. Sunarya, and D. A. Nurmantris, “Perancangan Alat Pendeteksi Asap Berbasis Mikrokontroller, Modul GSM, Sensor Asap, Dan Sensor Suhu,” E-Proceeding Appl. Sci., vol. Vol.3 No., no. 3, pp. 1963–1968, 2017.

Published
2021-12-23