Sistem Informasi Survei Sosial Ekonomi Masyarakat Kota Pelaihari berbasis Web

  • Milda Hayati Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Herpendi Herpendi Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Yunita Prastyaningsih Politeknik Negeri Tanah Laut

Abstract

Pelaksanaan Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) adalah survei yang mrngumpulkan data - data berupa data demografi, pendidikan, perumahan, layanan keuangan, kepemilikan barang dan penghasilan. Survei ini dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Tanah Laut oleh petugas yang melakukan pendataan dengan cara mendatangi setiap rumah masyarakat di kota Pelaihari untuk mendapatkan data survei yang diinginkan. Sehingga, hal itu membuat banyak tenaga dan juga biaya yang tidak sedikit saat pelaksanaan survei ini dilaksanakan. Solusi dari permasalahan tersebut telah dipaparkan penulis dengan membangun Sistem Informasi Survei Sosial Ekonomi Masyarakat di Kota Pelaihari Berbasis Web. Sistem ini dibuat agar masyarakat bisa langsung mengisi survei di dalam Web yang kemudian sistem dapat menampilkan data survei yang telah diisi oleh masyarakat. Sistem kemudian dapat menghasilkan sebuah data statistik pertahun yang sudah diverifikasi dan laporan rekap masyarakat yang sudah mengisikan data survei. Tujuan dibangun sistem ini adalah agar masyarakat dapat mengisikan langsung survei di dalam sistem dan pengawas dapat langsung memverifikasi data survei yang diisikan masyarakat. Sistem Informasi Survei Sosial Ekonomi Masyarakat di Kota Pelaihari Berbasis Web dibangun dengan menggunakan bahasa PHP dengan metode perancangan Entity Relantionship Diagram (ERD), Data Flow Diagram (DFD) dan Flowchart. Model rancangan yang dipakai yaitu Waterfall. Sedangkan basis data yang digunakan adalah MySQL.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Johara, M., Soewondoa, P., Pujisubektia, R., Satrioa, H., Adjia, A., & Wibisono, I. (2018). “Tahukah kamu?”: Analisis Set Data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas). Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 191–208.

Wijaya, H. O., & Mediriansyah. (2016). Perancangan Sistem Informasi Data Survei Sosial Ekonomi Daerah (Suseda) Berbasis Web Mobile. Jurnal Komputer Terapan, 137-148.

Pratama, R. A. (2017). Sistem Informasi Survei Sosial Ekonomi Nasional Berbasis Web. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Bahrun, S., Alifah, S., & Mulyono, S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran dan Penjualan Berbasis Web. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika (TRANSISTOR EI), 81~88.

Heryandi, A. (2012). PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENGISIAN SURVEY EVALUASI PERKULIAHAN ONLINE DI UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 2089-9033.

Nurahmasari, A. R. (2011). Perancangan sistem informasi survei lulusan yang terintegrasi dengan sistem legalisir online yang berbasis Web di Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta : F.Teknik.

Aisyah, D. A., & Falgenti, K. (2017). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Kinerja pada Proyek Apartemen Mega City Bekasi. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 343-352.

Fridayanthie, E., & Mahdiati, T. (2016). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERMINTAAN ATK BERBASIS INTRANET (STUDI KASUS: KEJAKSAAN NEGERI RANGKASBITUNG). JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, 126-138.

Lavarino, D., & Yustanti, W. (2016). RANCANG BANGUN E – VOTING BERBASIS WEBSITE DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Manajemen Informatika, 72-81.

Published
2021-07-31