PERBAIKAN KUALITAS PRODUK PENGECORAN LOGAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY CONTROL CIRCLE (QCC)

  • Lugas Dwi Wicaksono Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman
  • Yudi Syahrullah Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: Defect, PDCA, Quality Control Circle, Seven tools

Abstract

Jumlah Defect atau cacat produk yang dihasilkan dalam serangkaian proses produksi akan menyebabkan semakin tingginya biaya produksi yang harus dikeluarkan oleh perusahaan, sehingga perusahaan perlu melakukan perbaikan kualitas secara berkelanjutan. Salah  satu  metode yang dapat digunakan untuk perbaikan kualitas yaitu metode Quality Control Circle (QCC). Metode QCC lebih berfokus pada pengendalian mutu produk dalam melakukan perbaikan dengan siklus PDCA dan Seven tools. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab defect (cacat) jenis Cross Joint pada produk BT 1915 atau nama lainnya Brake Drum New TD di PT. Bakrie Autoparts dengan metode QCC (Quality Control Circle). Produk BT 1915 dipilih karena produk tersebut dalam periode Agustus hingga Desember yang paling banyak menyumbangkan reject weight. Data yang digunakan merupakan data defect yang berasal dari lima besar tertinggi defect per produk di PT. Bakrie Autoparts dari bulan Agustus hingga Desember. Hasil yang didapat dengan menggunakan metode QCC dan bantuan tools PDCA, diagram sebab akibat, dan diagram pareto menyatakan bahwa faktor machine dan method yang menyebabkan defect Cross Joint pada Produk BT 1915. Untuk faktor mesin disebabkan oleh pattern bergeser tidak pada posisi yang seharusnya dan guiden/pin aus atau goyang, sehingga tidak dapat mengunci antara pattern dengan flask molding. Sedangkan untuk faktor method disebabkan oleh belum adanya checksheet pengecekan per periode untuk peralatan dan mesin pada molding line serta tidak adanya tindakan preventif terhadap alat-alat yang akan rusak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alyoubi, M. Alqahtani, J & Aziz, A, A. 2017. Quality Improvement Methodologies – PDCA Cycle and Six Sigma in E- Learning System. International Advanced Research Journal in Science, Engineering and Technology, Vol.4, Issue. 5, ISSN : 2393- 8021.

Beatrix, M.E. & Triana, N.E., 2019. Improvement Bonding Quality of Shoe Using Quality Control Circle. Sinergi, 23(2) pp.123-131.

Dharsono, W. 2017. Penerapan Quality Control Circle Pada Proses Produksi Wafer Guna Mengurangi Cacat Produksi (Studi Kasus di PT XYZ Jakarta). Jurnal FATEKSA (Jurnal Teknologi dan Rekayasa) Volume 2 No.1

HERMAWAN, A., 2012. Analisis Defect Pada Proses Produksi Dengan Metode Qcc (Quality Control Circle) Dan Seven Tools Di Pt. Hilon Surabaya (Studi Kasus Finishing Produk Matras).

Nastiti, H., 2014. Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Metode Statistical Quality Control (Studi Kasus: pada PT “X” Depok). Sustainable Competitive Advantage (SCA), 4(1).

Nasution, A.Y. and Yulianto, S., 2018. Implementasi Metode Quality Control Circle untuk Peningkatan Kapasitas Produksi Propeller Shaft di PT XYZ. SINTEK JURNAL: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 12(1), pp.33-39.

Nasution, M. A, 2005 Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management)”, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Riadi, S, Haryadi. 2020. Pengendalian Jumlah Cacat Produk Pada Proses Cutting dengan Metode Quality Control Circle (QCC) pada PT. Toyota Boshoku Indonesia (Tbina). Journal Industrial Manufacturing

Sokovic, M., Jovanovic, J., Krivokapic, Z., Vujovic, A. 2009. Basic Quality Tools in Continuous Improvement Process. Journal of Mechanical Engineering, Vol. 55, No.5

Sulaeman .2014. Analisa Pengendalian Kualitas Untuk Mengurangi Produk Cacat Speedometer Mobil Dengan Menggunakan Metode Qcc Di Pt Ins. Jurnal PASTI Volume 8 Nomor 1.

Wignjosoebroto, S. 2003. Pengantar Teknik dan Manajemen Industri, Guna Widya, Jakarta.

How to Cite
Wicaksono, L., & Syahrullah, Y. (1). PERBAIKAN KUALITAS PRODUK PENGECORAN LOGAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY CONTROL CIRCLE (QCC). Heuristic, 17(1), 29-42. https://doi.org/10.30996/he.v17i1.3569
Section
Articles