Evaluasi Kinerja Kapasitas Akses Pintu Tol Bandarkedungmulyo Jombang (Studi Kasus Simpang 3 Pintu Tol Bandarkedungmulyo Jombang)

  • Risalatul Aminin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Miftahul Huda Miftahul Huda Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hary Moetriono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Kata Kunci: : Volume lalu lintas, Derajat Kejenuhan, Kapasitas Jalan, Biaya Operasional Kendaraan BOK

Abstrak

Kemacetan sering terjadi dipersimpangan lalu lintas jalan terutama di simpang tiga pada pintu Tol Bandarkedungmulyo Jombang. Hal ini disebabkan banyaknya volume kendaraan yang melewati persimpangan tersebut. Pada kajian ini bertujuan mengetahui tentang kinerja jaringan jalan di simpang 3 pintu Tol untuk kondisi eksisting, kemudian menganalisa kinerja jalan di kawasan simpang 3 pintu Tol dan menentukan rekayasa lalu lintas yang sesuai sehingga diharapkan dapat memberikan solusi alternatif dari permasalahan yang terjadi. Dalam penelitian ini dilakukan analisis untuk mengetahui permasalahan yang terjadi dengan melakukan Analisis Kinerja Jalan dari data Volume Lalu lintas, ditinjau berdasarkan Kapasitas Jalan, Derajat Kejenuhan, Kecepatan, dan Tingkat Pelayanan Jalan. Selain itu dilakukan Analisis Biaya Operasional Kendaraan BOK. Hasil analisis menunjukan bahwa nilai Derajat Kejenuhan V/C 0.787 dengan tundaan sebesar 16,17 smp/detik,  dan tundaan minor 60,20 smp/detik, dan hasil Biaya Operasional Kendaraan BOK yang terbagi menjadi 5 jenis kendaraan dan golongan antara lain: Gol I = Rp. 7.807.082.185,62 /tahun, Gol II  Rp. 3.208.844.285,08 /tahun, Gol III = Rp. 8.929.702.224,79 /tahun, Gol IV = Rp. 1.307.684.578,63 /tahun, Gol V = Rp. 8.924.181.682,37 /tahun    

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Anonim, 1997, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia ( MKJI )”, Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
Atmaja, Yulista Nita. (2015). Analisi Dampak lalu Lintas. Jurnal Dephub Jakarta.
Dirjen Bina Marga. 2005. Biaya Operasional Kendaraan untuk Jalan Perkotaan di Indonesia. Departemen PU. Jakarta.
LPKM-ITB dan KBK Rekayasa Transportasi Jurusan Teknik Sipil ITB. 1997
Marwan Lubis. (2007). Studi Manajemen Lalu Lintas Meningkatkan Kinerja Jaringan Jalan Pada Daerah Lingkar Dalam Kota Medan. Tesis Pascasarjana
Munawar, Ahmad.(2014). Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. Yogyakarta.
Raditya, Muhammad Jauhar. (2017). Studi Kelayakan Ekonomi Dan Finansial Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo. Tugas Akhir Sarjana Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.
Risdiyanto, (2014). Rekayasa dan Manajemen Lalu Lintas, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta.
Widodo, Arief Subechi, (2007). Analisis Dampak Lalu–Lintas Pada Pusat Perbelanjaan Yang Telah Beroperasi Ditinjau Dari Tarikan Perjalanan (Studi Kasus Pada Pacific Mall Tegal) Undip, Semarang.
Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
Diterbitkan
2023-05-11
Bagian
Articles