Pengaruh Kepuasan, Motivasi, Loyalitas, Dan Pemberian Penghargaan Terhadap Kinerja Guru SMA Dan SMK Di Kabupaten Berau
Abstract
Dari hasil pengamatan awal dilapangan, permasalahan yang muncul antara lain adanya keinginan dari pihak sekolah dan yayasan yang mensyaratkan adanya pembaruan dan peningkatan kinerja secara berkesinambungan (continous improvement) dalam sekolah namun tidak disertai dengan kebijakan sekolah itu sendiri yang mendukung peningkatan kinerja guru sehingga menimbulkan keluhan–keluhan para guru. Dalam penelitian ini digunakan desain analisis kuantitatif untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel bebas (Kepuasan, Motivasi, Loyalitas Kerja dan Pemberian Penghargaan) terhadap variabel tergantung (kinerja Guru). Subjek dalam penelitian ini adalah guru SMA/SMK negeri dan swasta di 13 Kecamatan Kabupaten Berau, baik yang berstatus PNS maupun non PNS. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan metode penelitian studi kasus. Alat analisis yang digunakan adalah Analisa regresi linier berganda dan Analisa korelasi dengan bantuan SPSS versi 25 for Windows/Mac. Hasil analisis menunjukkan bahwa : (1) variabel kepuasan kerja pada sekolah negeri secara statistik berpengaruh positif sebesar 0,028 namun mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap kinerja guru, berbeda dengan sekolah swasta yang mempunyai pengaruh signifikan pada tingkat keyakinan 95% dengan koefisien sebesar 0,798. (2) variabel motivasi kerja pada sekolah negeri dan sekolah swasta secara statistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada tingkat keyakinan 95% dengan masing-masing koefisien sebesar 0,558 dan 0,556. (3) variabel loyalitas kerja guru pada sekolah negeri secara statistik berpengaruh positif sebesar 0,245 dan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru pada tingkat keyakinan 95%, berbeda dengan loyalitas kerja guru pada sekolah swasta yang berpengaruh positif sebesar 0,235 namun tidak signifikan terhadap kinerja guru pada tingkat keyakinan 95%. (4) variabel pemberian penghargaan pada sekolah negeri dan sekolah swasta secara statistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada tingkat keyakinan 95% dengan koefisien masing-masing sebesar 0,491 dan 0,433. Kesimpulan dari penelitian ini didapatkan bahwa : (1) Kepuasan kerja berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja guru SMA/SMK di Kabupaten Berau. (2) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA/SMK di Kabupaten Berau. (3) Loyalitas kerja berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja guru SMA/SMK di Kabupaten Berau. (4) Pemberian penghargaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA/SMK di Kabupaten Berau.
Downloads
References
Amstrong & Murlis. (2003). Reward Management. Jakarta: Gramedia.
Anderson, A., & Jacobsen, R. (2000). Pathway to Increase Consumers Loyalty. Boston: Mc. Graw A Hill
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional. (2005). Analisis Ketertinggalan Daerah di Indonesia Tahun 2003. Jakarta: Bappenas.
Bernardin, HJ., & Russel, JEA. (1993). Human Resource Management: An Experiential Approach. Singapore: Mc. Graw-Hill, Inc.
Bobby & Reza, J. (2004). The Loyality of Customers. London: Jack & Son.
Echolas, JM., & Shadily, H. 2010. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Erawati, N. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, dan Kompensasi terhadapKinerja Guru SMK Negeri 1 Warungasem dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening. Dokumen Karya Ilmiah Udinus.
Gibson, JL., Ivancevich JM., & Donnelly, JH. (2006). Perilaku Organisasi (Konsep, Kontroversi, dan Aplikasi). Jakarta: Erlangga.
Gujarati, D. (2009). Ekonometrics. Jakarta: Erlangga.
Handoko. (2003). Manajemen Personalia dan SDM. Yogyakarta: BPFE.
Hasibuan, MSP. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Kreitner, R., & Kinicki, A. (2005). Organization Behavior. Boston: Mc.GraHill.
Nurgiyantoro, B. (2004). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Robbins, Stephen, dan Timothy A., Judge. (2008) “Perilaku Organisasi, Organizational Behaviour”. Buku Terjemahan. Jakarta: Gramedia.
Royani. (2010). Hubungan Sistem Penghargaan dengan Kinerja Perawat dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Cilegon Banten. Tesis. Magister Ilmu Keperawatan Kekhususan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan Program Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.
Rindyantama, AF., & Astuti, RJ. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Loyalitas Karyawan, dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Guru dan Karyawan UPT SMAN Nawangan Pacitan). Jurnal Pendidikan. Vol.8(1).
Simamora, H. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.
Soegandhi, Marchelle, V., Sutanto, EM., & Setiawan, R. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Kerja terhadap Organizational Citizenship Behaviour pada Karyawan PT. Surya Timur Sakti Jatim. Jurnal Agora. Vol.1(1):1-12.
Sudewo, E. (2011). Best Practice Character Building Menuju Indonesia Lebih Baik. Jakarta. Republika.
Suhardan, D. (2006). Supervisi Bantuan Profesional. Bandung: Mutiara Ilmu.
Wagiran, K. (1993). Peranan Guru Iptek dalam Peningkatan SDM untuk Menyongsong PJPT II. Jakarta: PT. Intisari Mediatama.
Wibowo (2010) Manajemen Kinerja – Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
The right to publication of all journal material published on the JPAPÂ website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means Jurnal Persona reserves the right to store, modify the format, administer in database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
Printed and electronic published manuscripts are open access for educational, research and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.