Pengaruh Kepuasan, Motivasi, Loyalitas, Dan Pemberian Penghargaan Terhadap Kinerja Guru SMA Dan SMK Di Kabupaten Berau

  • Weliyanto Weliyanto
Keywords: Kinerja Guru, Motivasi Kerja, Penghargaan, Loyalitas Kerja, Kepuasan Kerja

Abstract

Dari hasil pengamatan awal dilapangan, permasalahan yang muncul antara lain adanya keinginan dari pihak sekolah dan yayasan yang mensyaratkan adanya pembaruan dan peningkatan kinerja secara berkesinambungan (continous improvement) dalam sekolah namun tidak disertai dengan kebijakan sekolah itu sendiri yang mendukung peningkatan kinerja guru sehingga menimbulkan keluhan–keluhan para guru. Dalam penelitian ini digunakan desain analisis kuantitatif untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel bebas (Kepuasan, Motivasi, Loyalitas Kerja dan Pemberian Penghargaan) terhadap variabel tergantung (kinerja Guru). Subjek dalam penelitian ini adalah guru SMA/SMK negeri dan swasta di 13 Kecamatan Kabupaten Berau, baik yang berstatus PNS maupun non PNS. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan metode penelitian studi kasus. Alat analisis yang digunakan adalah Analisa regresi linier berganda dan Analisa korelasi dengan bantuan SPSS versi 25 for Windows/Mac. Hasil analisis menunjukkan bahwa : (1) variabel kepuasan kerja pada sekolah negeri secara statistik berpengaruh positif sebesar 0,028 namun mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap kinerja guru, berbeda dengan sekolah swasta yang mempunyai pengaruh signifikan pada tingkat keyakinan 95% dengan koefisien sebesar 0,798. (2) variabel motivasi kerja pada sekolah negeri dan sekolah swasta secara statistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada tingkat keyakinan 95% dengan masing-masing koefisien sebesar 0,558 dan 0,556. (3) variabel loyalitas kerja guru pada sekolah negeri secara statistik berpengaruh positif sebesar 0,245 dan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru pada tingkat keyakinan 95%, berbeda dengan loyalitas kerja guru pada sekolah swasta yang berpengaruh positif sebesar 0,235 namun tidak signifikan terhadap kinerja guru pada tingkat keyakinan 95%. (4) variabel pemberian penghargaan pada sekolah negeri dan sekolah swasta secara statistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada tingkat keyakinan 95% dengan koefisien masing-masing sebesar 0,491 dan 0,433. Kesimpulan dari penelitian ini didapatkan bahwa : (1) Kepuasan kerja berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja guru SMA/SMK di Kabupaten Berau. (2) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA/SMK di Kabupaten Berau. (3) Loyalitas kerja berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja guru SMA/SMK di Kabupaten Berau. (4) Pemberian penghargaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA/SMK di Kabupaten Berau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amstrong & Murlis. (2003). Reward Management. Jakarta: Gramedia.

Anderson, A., & Jacobsen, R. (2000). Pathway to Increase Consumers Loyalty. Boston: Mc. Graw A Hill

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional. (2005). Analisis Ketertinggalan Daerah di Indonesia Tahun 2003. Jakarta: Bappenas.

Bernardin, HJ., & Russel, JEA. (1993). Human Resource Management: An Experiential Approach. Singapore: Mc. Graw-Hill, Inc.

Bobby & Reza, J. (2004). The Loyality of Customers. London: Jack & Son.

Echolas, JM., & Shadily, H. 2010. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Erawati, N. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, dan Kompensasi terhadapKinerja Guru SMK Negeri 1 Warungasem dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening. Dokumen Karya Ilmiah Udinus.

Gibson, JL., Ivancevich JM., & Donnelly, JH. (2006). Perilaku Organisasi (Konsep, Kontroversi, dan Aplikasi). Jakarta: Erlangga.

Gujarati, D. (2009). Ekonometrics. Jakarta: Erlangga.

Handoko. (2003). Manajemen Personalia dan SDM. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, MSP. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kreitner, R., & Kinicki, A. (2005). Organization Behavior. Boston: Mc.GraHill.

Nurgiyantoro, B. (2004). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Robbins, Stephen, dan Timothy A., Judge. (2008) “Perilaku Organisasi, Organizational Behaviour”. Buku Terjemahan. Jakarta: Gramedia.

Royani. (2010). Hubungan Sistem Penghargaan dengan Kinerja Perawat dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Cilegon Banten. Tesis. Magister Ilmu Keperawatan Kekhususan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan Program Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Rindyantama, AF., & Astuti, RJ. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Loyalitas Karyawan, dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Guru dan Karyawan UPT SMAN Nawangan Pacitan). Jurnal Pendidikan. Vol.8(1).

Simamora, H. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Soegandhi, Marchelle, V., Sutanto, EM., & Setiawan, R. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Kerja terhadap Organizational Citizenship Behaviour pada Karyawan PT. Surya Timur Sakti Jatim. Jurnal Agora. Vol.1(1):1-12.

Sudewo, E. (2011). Best Practice Character Building Menuju Indonesia Lebih Baik. Jakarta. Republika.

Suhardan, D. (2006). Supervisi Bantuan Profesional. Bandung: Mutiara Ilmu.

Wagiran, K. (1993). Peranan Guru Iptek dalam Peningkatan SDM untuk Menyongsong PJPT II. Jakarta: PT. Intisari Mediatama.

Wibowo (2010) Manajemen Kinerja – Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Published
2020-10-30
How to Cite
Weliyanto, W. (2020). Pengaruh Kepuasan, Motivasi, Loyalitas, Dan Pemberian Penghargaan Terhadap Kinerja Guru SMA Dan SMK Di Kabupaten Berau. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 6(2). https://doi.org/10.30996/jpap.v6i2.4297