Efektivitas Metode Oral Drill Pada Pelatihan Bahasa Jepang Tingkat Dasar
Abstract
Bahasa Jepang sebagai bahasa asing telah menjadi fokus perhatian dalam konteks pendidikan global. Artikel ini mengevaluasi efektivitas metode Oral Drill dalam meningkatkan kemampuan berbicara dan pemahaman bahasa Jepang pada peserta pelatihan tingkat dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami sejauh mana metode Oral Drill dapat berkontribusi dalam mencapai kompetensi berbahasa Jepang yang lebih baik. Penelitian ini melibatkan serangkaian uji coba yang dilakukan terhadap peserta pelatihan tingkat dasar yang belajar bahasa Jepang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Oral Drill efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang peserta pelatihan, meningkatkan pemahaman bahasa, dan secara signifikan meningkatkan tingkat kepercayaan diri dalam berkomunikasi dalam bahasa target. Dalam perbandingan dengan metode pembelajaran bahasa lainnya, khususnya metode terjemahan tata bahasa, metode Oral Drill muncul sebagai pendekatan yang lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran bahasa Jepang tingkat dasar. Keberhasilan metode ini mengindikasikan bahwa pendekatan berbasis praktik langsung dan repetitif, seperti Oral Drill, memiliki potensi besar untuk memberikan manfaat yang signifikan dalam konteks pembelajaran bahasa asing. Hasil penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi praktisi pendidikan bahasa Jepang dan pemangku kepentingan dalam pengembangan kurikulum dan metode pengajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan kompetensi berbahasa Jepang pada tingkat dasar.
Downloads
Copyright (c) 2024 Mochammad Fredy, Aditya Rangga Perkasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors publishing in the Journal will be asked to sign a Copyright Assignment Form. In signing the form, it is assumed that authors have obtained permission to use any copyrighted or previously published material. All authors must read and agree to the conditions outlined in the form, and must sign the form or agree that the corresponding author can sign on their behalf. Articles cannot be published until a signed form has been received.It is a condition of publication that authors assign copyright or license the publication rights in their articles, including abstracts, to email jurnalmezurashii@untag-sby.ac.id. . This enables us to ensure full copyright protection and to disseminate the article, and of course the Journal to the widest possible readership in print and electronic formats as appropriate.