Variasi Aktivitas Kelas Pada Mata Kuliah Hyouki

  • Dwi Puji Asrini Semarang State University
  • Dwi Puspitosari Semarang State University

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan variasi aktivitas kelas pada mata kuliah Hyouki dan mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap aktivitas kelas pada mata kuliah Hyouki. Aktivitas yang diberikan yaitu berupa haya mono gachi, shinkei suijyaku, torampu asobi, cross word kanji, maching card, dan juga tutor sebaya. Teknik pengumpulan data berupa angket dan observasi langsung. Angket diberikan kepada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap aktivitas kelas pada mata kuliah Hyouki. Observasi langsung dilakukan untuk memperkuat hasil angket mengenai variasi aktivitas yang diberikan pada mata kuliah Hyouki. Teknik yang digunakan untuk menganailisis data adalah dengan teknik deskriptif kualitatif. Dari hasil angket yang diberikan kepada 80 mahasiswa tentang aktivitas yang diberikan pada mata kuliah hyoki, 86,3% menyatakan pembelajaran lebih menarik setelah ada aktivitas yang bervariasi, 71,3% menyatakan aktivitas kelas membantu mereka dalam menghafal kanji yang sedang dipelajari, 75% mengatakan bahwa aktivitas shinkei suijyaku dan torampu asobi membuat mereka lebih konsentrasi dan mengasah ingatan kanji, 74.5% menyatakan aktivitas cross word kanji membuat mahasiswa lebih teliti dalam mencari kanji dan melatih logika berfikir mahasiswa, 74,8% menyatakan aktivitas hayai mono gachi melatih keberanian untuk tampil ke depan dan keberanian mengambil keputusan, 76,3% menyatakan maching card melatih kerjasama dan meningkatkan pemahaman tentang kanji yang dipelajari, 76% menyatakan aktivitas tutor sebaya membuat lebih leluasa bertanya kepada teman mengenai Kanji yang belum dipahami dan meningkatkan rasa percaya diri untuk terus belajar Kanji. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-02
How to Cite
Asrini, D. P., & Puspitosari, D. (2025). Variasi Aktivitas Kelas Pada Mata Kuliah Hyouki. Mezurashii: Journal of Japanese Studies, 7(1), 53-62. https://doi.org/10.30996/mezurashii.v7i1.12502