PERILAKU DANSOU PADA MEMBER FUDANJUKU NI DANSOU NO SEIKAKU

  • Rachmah Anugerah Wati
  • Novi Andari

Abstract

Abstrak: Budaya bagaikan sebuah keajaiban yang akan terus ada bersama dengan masyarakat. Di Jepang, budaya tradisional dan budaya modern berjalan beriringan. Salah satu fenomena budaya modern atau budaya populer di Jepang adalah Dansou. Dansou adalah istilah untuk perempuan yang mengenakan pakaian serta bertingkah laku seperti laki-laki. Saat ini fenomena tersebut sudah terlihat cukup lumrah di kalangan masyarakat. Apalagi ditambah dengan budaya populer yang terus mengikuti perkembangan jaman. Penelitian ini bertujuan untuk menambahkan wawasan mengenai dansou yang dilakukan oleh salah satu idol group bernama Fudanjuku. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk menganalisis perubahan perilaku dan faktor yang melatar belakangi Fudanjuku untuk ber-dansou. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dansou yang dilakukan oleh Fudanjuku. Sumber data adalah artikel berita baik tertulis maupun yang berbentuk video. Hasil penelitian ini adalah perubahan perilaku yang dilakukan oleh Fudanjuku merupakan perubahan yang disengaja guna untuk terus berada di dunia hiburan Jepang, dansou yang dilakukan oleh Fudanjuku merupakan terobosan terbaru dalam budaya populer yang ada di Jepang khususnya dalam bidang musik (idol group), dansou yang dilakukan dalam jangka waktu lama akan menimbulkan perubahan perilaku yang sedikit mencolok sehingga menyebabkan sisi maskulin pada perempuan akan bertambah. Kemudian faktor yang melatar belakangi Fudanjuku untuk ber-dansou disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Dimana kedua faktor tersebut dapat dibilang sama rata. Seperti faktor bakat, kepribadian, kebudayaan maupun sosial ekonomi.

Kata kunci: budaya populer, psikologi kepribadian, dansou, idol group

 

Abstract: Culture is like a miracle that will continue to exist with the community. In Japan, traditional culture and modern culture go hand in hand. One of the phenomena of modern culture or popular culture in Japan is Dansou. Dansou is a term for women who wear clothes and behave like men. At present this phenomenon is already quite common among the people. Moreover, coupled with popular culture that continues to follow the development of the era. This study aims to add insight into dansou conducted by one idol group named Fudanjuku. The research method used is descriptive qualitative to analyze changes in behavior and factors underlying Fudanjuku for dansou. The data used in this study are dansou conducted by Fudanjuku. Data sources are both written and video news articles. The results of this study are the behavioral changes made by Fudanjuku are intentional changes in order to continue to be in the Japanese entertainment world, dansou made by Fudanjuku is the latest breakthrough in popular culture in Japan, especially in the field of music (idol group), dansou made in the long run will lead to changes in behavior that are a bit striking, causing the masculine side in women will increase. Then the factors behind Fudanjuku's background for dansou are caused by internal and external factors. Where the two factors can be considered equally. Such as talent, personality, culture and socio-economic factors.

Keywords: popular culture, personality psychology, dansou, idol group

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-31
How to Cite
Wati, R., & Andari, N. (2019). PERILAKU DANSOU PADA MEMBER FUDANJUKU NI DANSOU NO SEIKAKU. Mezurashii: Journal of Japanese Studies, 1(1). https://doi.org/10.30996/mezurashii.v1i1.3229
Section
Articles