RUIGIGO FUKUSHI TOTSUZEN, KYUU NI, IKINARI, DAN FUI-NI DALAM NOVEL BLACK BULLET VOLUME 1 KARYA SHIDEN KANZAKI

  • Widyas Asmarani
  • Eva Amalijah

Abstract

Abstrak: Rugigo adalah “sinonim” dalam bahasa Indonesia. Sulit untuk membedakan kata-kata ruigigo di Indonesia karena kebanyakan mereka memiliki arti yang sama. Misalnya, fukushi totsuzen, kyuu ni, ikinari, dan fui ni. Dalam bahasa Indonesia mereka memiliki arti yang sama, yaitu "tiba-tiba", tetapi mereka memiliki sedikit perbedaan. Totsuzen sering digunakan untuk menunjukkan keadaan yang terjadi sangat cepat. Kyuu ni sering digunakan untuk menceritakan suatu kondisi yang terjadi sangat cepat, tetapi bisa dikatakan itu akan terjadi. Ada perubahan dari awal ke akhir keadaan. Ikinari sering digunakan untuk mengatakan bahwa sesuatu terjadi tanpa peringatan sama sekali dan cenderung mengabaikan proses umum. Fui ni sering digunakan untuk orang yang mengalami acara tersebut dan tidak dapat memprediksi acara yang akan datang. Penggunaannya tergantung pada konteks kalimat tetapi itu mungkin mengubah artinya.

Kata kunci: Rugigo, Novel Black Bullet Volume 1

 

Abstract: Rugigo is “sinonim” in Indonesian. It is hard to differentiate the words of ruigigo in Indonesia because mostly they have a similar meaning. For example fukushi totsuzen, kyuu ni, ikinari, and fui ni. In Indonesian they have the same meaning, namely “tiba-tiba”, but they have slight differences. Totsuzen is often used to show a circumstance that happened really fast. Kyuu ni is often used to tell a condition that happened really fast, but could tell it would happen.  There is a change from beginning to the end of circumstance. Ikinari is often used to tell that something happened without warning at all and tend to skip the common process. Fui ni is often used to one who experienced the event and unable to predict the upcoming event. The use depends on the context of the sentence but it might change the meaning.

Keywords: Rugigo, Black Bullet Volume 1’ Novel

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-31
How to Cite
Asmarani, W., & Amalijah, E. (2020). RUIGIGO FUKUSHI TOTSUZEN, KYUU NI, IKINARI, DAN FUI-NI DALAM NOVEL BLACK BULLET VOLUME 1 KARYA SHIDEN KANZAKI. Mezurashii: Journal of Japanese Studies, 2(1). https://doi.org/10.30996/mezurashii.v2i1.3557
Section
Articles