ANALISIS GAYA BAHASA PADA SLOGAN KEMASAN MAKANAN PRODUK JEPANG

  • Laras Dian Mustika
  • Luluk Ulfa Hasanah

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa yang digunakan pada kemasan makanan produk jepang. Selain itu juga bertujuan untuk menggali makna yang terkandung dalam slogan kemasan makanan. Data penelitian berupa frasa, kalimat, dan gambar yang ditemukan pada kemasan makanan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa yang terdapat pada slogan kemasan makanan produk jepang dibedakan atas empat gaya bahasa, yaitu gaya bahasa hiperbola, personifikasi, paralelisme, dan preterito. Selain itu, juta terdapat makna semantik yang terkandung pada slogan-slogan tersebut.

Kata kunci: Gaya Bahasa, Slogan Makanan, Makanan Produk Jepang

 

Abstract: This study aims to describe the style of language used in Japanese food packaging. It also aims to explore the meaning contained in the slogan of food packaging. Research data in the form of phrases, sentences, and images found on food packaging. Data were analyzed using qualitative descriptive analysis. The results showed that the style of language contained in the slogan of food packaging Japanese products are divided into four language styles, namely hyperbole, personification, parallelism, and preterito. In addition, there are million semantic meanings contained in these slogans.

Keywords: The Style of Language, The Slogan of Food, Japanese Food Packaging

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-31
How to Cite
Mustika, L., & Hasanah, L. (2020). ANALISIS GAYA BAHASA PADA SLOGAN KEMASAN MAKANAN PRODUK JEPANG. Mezurashii: Journal of Japanese Studies, 2(1). https://doi.org/10.30996/mezurashii.v2i1.3560
Section
Articles