MAKNA IKLAN JEPANG Z (Z-KAI) MELALUI TANDA VERBAL DAN TANDA NONVERBAL DENGAN PENDEKATAN SEMIOTIKA

  • Theresa Sunjaya
  • Egidia Ikkasavitri
  • Dwiki Ari Prasetyo
  • Adela Rizka Putri Ratida
  • Rahadiyan Duwi Nugroho

Abstract

Semiotika adalah studi mengenai tanda. Dalam semiotika, tanda dibagi menjadi dua, yaitu tanda verbal, tanda yang berupa kata dan struktur linguistik, dan tanda nonverbal, tanda yang berupa gambar dan isyarat. Iklan adalah salah satu objek yang kedua macam tandanya saling mengikat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan arti tanda verbal dan tanda nonverbal serta makna yang muncul dalam iklan Zoushinkai atau Z-Kai keluaran tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Dari analisis data dapat diketahui pada iklan Z-Kai memiliki arti pada tanda verbal dan tanda nonverbal. Arti tanda verbal yang ditemukan adalah ajakan dan metode pembelajaran yang dimiliki Z-Kai. Sedangkan, tanda nonverbal menceritakan perjalanan hidup seorang pemuda dalam iklan tersebut yang penuh dengan tantangan untuk menuju universitas yang dipilihnya. Makna dari iklan Z-Kai ini menceritakan mengenai kualitas pembelajar dalam Z-Kai dan pengaruh Z-Kai kepada pembelajarnya.

Kata kunci: iklan, semiotika, tanda nonverbal, tanda verbal, Z-Kai

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-15
How to Cite
Sunjaya, T., Ikkasavitri, E., Prasetyo, D., Ratida, A., & Nugroho, R. (2021). MAKNA IKLAN JEPANG Z (Z-KAI) MELALUI TANDA VERBAL DAN TANDA NONVERBAL DENGAN PENDEKATAN SEMIOTIKA. Mezurashii: Journal of Japanese Studies, 3(2). https://doi.org/10.30996/mezurashii.v3i2.5862
Section
Articles