IDEAS OF HAPPINESS AND THREE WOMEN IN NANCY THAYER’S THREE WOMEN AT THE WATERS’ EDGE
Abstract
Abstrak. Artikel ini membahas hasil penelitian tentang arti kebahagiaan bagi tiga karakter, Margaret Wallace. Daisy Wallace, dan Dale Wallace  dalam novel Nancy Thayer yang berjudul Three Women at the Waters’ Edge. Kerangka teoretis tentang konsep kebahagiaan diambil dari pandangan Platonik tentang arti kebahagiaan yang dikembangkan oleh Barrow (1975), Eysenck (1994) dan Selignman. Arti kebahagiaan ini berkaitan dengan apa yang membuat setiap karakter di atas bahagia dalam hidup mereka dan alasan mereka menjadi bahagia dalam situasi tertentu. Fokus penelitian ini  adalah ide-ide kebahagiaan yang berbeda di antara tiga karakter tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan arti kebahagiaan dari ketiga tokoh dalam novel. Yang pertama adalah Margaret Wallace yang merasa bahagia setelah dia bercerai dengan suaminya, Harry Wallace. Setelah lepas dari suaminya, ia merasa bebas dan senang dalam menjalani hidupnya dengan prinsip-prinsip hidupnya sendiri.Yang kedua adalah Daisy Wallace yang begitu bahagia ketika ia bisa berkumpul dengan anak-anaknya di rumah yang besar dan indah dan bisa bercanda dan berbincang-bincang dengan teman-temannya. Dia juga merasa hidupnya berarti dan mudah setelah ia bercerai dengan suaminya. Sebaliknya Dale Wallace  mendapatkan kebahagiaan setelah ia jatuh cinta dengan Hank Kennedy dan bekerja sebagai guru. Dia lebih bahagia lagi dan puas dan lega ketika ia bisa mengatasi dilema yang ia hadapi dengan cara menikah dengan Hank.
Â
Kata kunci: happiness, Â emotional state
Downloads
References
Abrams, M. H. 1979. The Mirror and The Lamp; Romantic Theory and Critical Tradition. New York: Oxford University.
Barrow, Robin. 1975. Plato, Utilitarianism, and Education. London: Routledge and Kegan Paul Ltd.
Bogdan, Robert. 1982. Qualitative Research for Education: An Introducing to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon Inc.
Collins, Suzanne. 2011. Literature Study Guide and Student Workbook. New Jersey: BMI Educational Services Inc.
Robert, Edgar. V. and Henry E. Jacobs. 1989. An introduction to Reading and Writing. New Jersey: Prentice Hall. Inc, Englewood Cliffs.
Eysenck, Michael. W. 1994. Happiness: Facts and Myths. Cornwall: TJ International Ltd.
Hornby, A.S. 1984. Oxford Students’ Dictionary of American English. New York: Oxford University Press.
Johnson, Burke and Larry Christensen. 2001. Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. California: Sage Publications Inc.
Perrine, Lawrance. 1970. Story and Structure. (3rd ed.). New York: Harcourt Brace and World Inc.
Stoodt, Barbara. D. 1996. Children’s Literature: Discovery for a Lifetime. South Melbourne: MacMillan Education Australia FTY Ltd.
Thayer, Nancy. 1981. Three Women at the Waters’ Edge. New York: Bantam Books.
http: // www.happylifeu.com./definition-of-happiness.html
http: //www.merriam-webster.com/dictionary/happiness
http: //www.nancythayer.com/bio.php
Authors publishing in the Journal will be asked to sign a Copyright Assignment Form. In signing the form, it is assumed that authors have obtained permission to use any copyrighted or previously published material. All authors must read and agree to the conditions outlined in the form, and must sign the form or agree that the corresponding author can sign on their behalf. Articles cannot be published until a signed form has been received.It is a condition of publication that authors assign copyright or license the publication rights in their articles, including abstracts, to email jurnalparafrase@untag-sby.ac.id. . This enables us to ensure full copyright protection and to disseminate the article, and of course the Journal to the widest possible readership in print and electronic formats as appropriate.