IDEAS OF HAPPINESS AND THREE WOMEN IN NANCY THAYER’S THREE WOMEN AT THE WATERS’ EDGE

  • Wahyu Velariyanty Wijana

Abstract

Abstrak. Artikel ini membahas hasil penelitian tentang arti kebahagiaan bagi tiga karakter, Margaret Wallace. Daisy Wallace, dan Dale Wallace  dalam novel Nancy Thayer yang berjudul Three Women at the Waters’ Edge. Kerangka teoretis tentang konsep kebahagiaan diambil dari pandangan Platonik tentang arti kebahagiaan yang dikembangkan oleh Barrow (1975), Eysenck (1994) dan Selignman. Arti kebahagiaan ini berkaitan dengan apa yang membuat setiap karakter di atas bahagia dalam hidup mereka dan alasan mereka menjadi bahagia dalam situasi tertentu. Fokus penelitian ini  adalah ide-ide kebahagiaan yang berbeda di antara tiga karakter tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan arti kebahagiaan dari ketiga tokoh dalam novel. Yang pertama adalah Margaret Wallace yang merasa bahagia setelah dia bercerai dengan suaminya, Harry Wallace. Setelah lepas dari suaminya, ia merasa bebas dan  senang  dalam menjalani hidupnya dengan prinsip-prinsip hidupnya sendiri.Yang kedua adalah Daisy Wallace yang begitu bahagia ketika ia bisa berkumpul dengan anak-anaknya di rumah yang besar dan indah dan bisa bercanda dan berbincang-bincang dengan teman-temannya. Dia juga merasa hidupnya berarti dan mudah setelah ia bercerai dengan suaminya. Sebaliknya Dale Wallace  mendapatkan kebahagiaan setelah ia jatuh cinta dengan Hank Kennedy dan bekerja sebagai guru. Dia lebih bahagia lagi dan puas dan lega ketika ia  bisa mengatasi dilema yang ia hadapi dengan cara menikah dengan Hank.

 

Kata kunci: happiness,  emotional state

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrams, M. H. 1979. The Mirror and The Lamp; Romantic Theory and Critical Tradition. New York: Oxford University.

Barrow, Robin. 1975. Plato, Utilitarianism, and Education. London: Routledge and Kegan Paul Ltd.

Bogdan, Robert. 1982. Qualitative Research for Education: An Introducing to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon Inc.

Collins, Suzanne. 2011. Literature Study Guide and Student Workbook. New Jersey: BMI Educational Services Inc.

Robert, Edgar. V. and Henry E. Jacobs. 1989. An introduction to Reading and Writing. New Jersey: Prentice Hall. Inc, Englewood Cliffs.

Eysenck, Michael. W. 1994. Happiness: Facts and Myths. Cornwall: TJ International Ltd.

Hornby, A.S. 1984. Oxford Students’ Dictionary of American English. New York: Oxford University Press.

Johnson, Burke and Larry Christensen. 2001. Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. California: Sage Publications Inc.

Perrine, Lawrance. 1970. Story and Structure. (3rd ed.). New York: Harcourt Brace and World Inc.

Stoodt, Barbara. D. 1996. Children’s Literature: Discovery for a Lifetime. South Melbourne: MacMillan Education Australia FTY Ltd.

Thayer, Nancy. 1981. Three Women at the Waters’ Edge. New York: Bantam Books.

http: // www.happylifeu.com./definition-of-happiness.html

http: //www.merriam-webster.com/dictionary/happiness

http: //www.nancythayer.com/bio.php

http://www.nancythayer.com/about-my-novels.ph

Published
2013-02-01
How to Cite
1.
Wijana W. IDEAS OF HAPPINESS AND THREE WOMEN IN NANCY THAYER’S THREE WOMEN AT THE WATERS’ EDGE. parafrase [Internet]. 1Feb.2013 [cited 28Apr.2024];13(01). Available from: https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/parafrase/article/view/227
Section
Articles