ROBERT LANGDON’S MOTIVATION IN DAN BROWN’S THE LOST SYMBOL
Abstract
AbstraK. Motivasi secara alami dapat memicu seseorang untuk melakukan usaha-usaha terbaik mencapai tujuan hidupnya. Penelitian ini berfokus pada motif yang dimiliki oleh Robert dalam karya Dan Brown yang berjudul The Lost Symbol. Tujuan penelitian adalah mencari motivasi Robert untuk mencapai tujuannya dan usaha-usaha yang dilakukannya untuk mencapainya. Penelitian ini menggunakan ancangan kualitatif dan pendekatan intrinsik terhadap unsur karakter untuk menjelaskan tentang perasaan, tindakan dan perilaku. Metode penulisan dalam penelitian ini adalah descriptive confirmative. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif Robert adalah menyelamatkan sahabatnya Peter Solomon dari tindakan penculikan dengan penyanderaan. Peter merupakan figur ayah bagi Robert sehingga ia tidak akan membiarkan Peter mati. Kedua, usaha Robert untuk mencapai tujuannya adalah dengan memecahkan seluruh lambang dan menguraikan sandi-sandi yang muncul dalam piramid, karena mengetahui bahwa Peter adalah anggota tingkat tinggi kelompok Fremasonry. Kelompok tersebut memiliki benda berharga dalam bentuk piramid dan hanya piramidlah yang dapat menuntun Robert menemukan lokasi portal kuno tersebut, yang merupakan benda penting untuk membebaskan Peter dari si penculik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Robert harus berusaha keras mencapai tujuannya bahkan tindakan ekstrim sekalipun. Dengan keahliannya sebagai profesor di bidang ilmu lambang, ia mengambil tanggung jawab untuk memecahkan seluruh lambang yang menuntun kepada pembebasan Peter. Setiap tujuan dalam kehidupan dapat dicapai jikalau didukung motivasi kuat untuk mencapainya.
Â
Kata Kunci: character analysis, motivationDownloads
References
Blaxter. Lorraine., C. Huges, and M Tight. 2001. How to Research. Open University: Buckingham.
Brown, Dan. 2009. The Lost Symbol. Doubleday: USA.
Darma, Budi. 1997. The Nature of Literary Research. Bandung: Universitas Kristen Maranata.
Kennedy, XJ. 1976. Introduction in Fiction. Bostom: Little Brown
Nicholls, J. G. 1984. Achievement motivation: Conceptions of ability, subjective experience, task choice, and performance. Psychological Review.
Reeve, J., & Deci, E. L. 1996. Elements of the competitive situation that affect intrinsic motivation. Personality and Social Psychology Bulletin.
Roth, Audrey J. 1986. The Research Peper: Process, From, and Content. California: Wordsworth Publishing Company.
Roberts, Edgar V. 1983. Writing Themes About Literature. New Jersey: Prentice-Hall.
Seides, George. 1960. Byero, Colton, Quintilian, Talmud in the Great Quotation. New York: Library of Congress Catalog.
Wellek, Rene and Warren, A. 1984. Theory of Literature. Harvest Book Publisher: USA
White, R. W. (1959). Motivation reconsidered. Psychological Review, USA.
Zimbardo, Philip.G. 1980. Essential of Physchology and Life. Stanford University
http://www.wikipedia.com/motivation.html/
(http://www.oppapers.com/essays/Ambition/)
(http://en.wikipedia.org/wiki/Setting)
(http://beckerpsychology.blogspot.com/ambition-ingredients.html)
Authors publishing in the Journal will be asked to sign a Copyright Assignment Form. In signing the form, it is assumed that authors have obtained permission to use any copyrighted or previously published material. All authors must read and agree to the conditions outlined in the form, and must sign the form or agree that the corresponding author can sign on their behalf. Articles cannot be published until a signed form has been received.It is a condition of publication that authors assign copyright or license the publication rights in their articles, including abstracts, to email jurnalparafrase@untag-sby.ac.id. . This enables us to ensure full copyright protection and to disseminate the article, and of course the Journal to the widest possible readership in print and electronic formats as appropriate.