THE APPLICATION OF PROJECT-BASED LEARNING (PBL) IN EMPOWERING ENGLISH PERFORMANCE AND BASIC ENTREPRENEURSHIP
Abstract
ABSTRAK. Tujuan dari pembuatan purwarupa miniatur kapal sebagai bentuk penerapan Project-Based Learning (PBL) adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa secara menyeluruh. Mahasiswa semester satu jurusan Perkapalan tertantang untuk membuat sebuah purwarupa miniatur kapal yang mengkombinasikan pengetahuan dasar desain pembuatan badan kapal, 4 keahlian bahasa, dan pengetahuan dasar kewirausahaan sehingga mereka dapat memaksimalkan kemampuan-kemampuan tersebut secara seimbang. Bagaimana para mahasiswa tersebut meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang memperkuat kemandirian belajar dan pemahaman dasar-dasar kewirausahaan? PBL sebagai salah satu metode pembelajaran diterapkan dalam peneliatian ini dan hasil pembelajaran tersebut adalah penilaian dari hasil penulisan laporan akhir, presentasi, kesimpulan, dan purwarupa miniatur kapal yang dibuat. PBL sangat penting untuk mempertajam kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Inggris. Pembimbingan melalui on-line, pengamatan dalam pembuatan laporan dan purwarupa miniatur kapal dan kolom penilaian diterapkan dalam proses pembelajaran PBL ini. Hasil akhir penelitian menunjukkan pemahaman teori pembuatan desain badan kapal, pemahaman penulisan laporan secara benar, kemampuan berbahasa Inggris yang baik, dan pemahaman dasar-dasar kewirausahaan. Elemen-elemen tersebut diterapkan secara bertahap dan berkesinambungan sehingga PBL dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa semester satu jurusan Perkapalan Fakultas Teknik universitas Hang Tuah, Surabaya dalam empat keahlian berbahasa Inggris.   Â
Â
Keywords: miniatur kapal, PBL, 4 keahlian berbahasa
Downloads
References
Ary, Donald.1990. Introduction to Research in Education. San Diego: Harcourt Brace College Publishers.
Fellag, Linda R.2006. Building Skill for the TOEFL iBT. New York: Pearson Education, Inc.
Hallows, Richard, Martin Lisboa, and Mark Unwin.2006. IELTS Express. London: The Thomson Corporation.
Lundine, John, Ratna Y. Hadikusumah, Tata Sudrajat. 2013. â€Indonesia’s Progress on the 2015 MDGsâ€, in Strategic Review, Vol. 3, Number 3. September 2013, pp.54-66. Jakarta: The Indonesian Journal of Leadership, Policy, and World Affairs.
Poerwati, Loeloek. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT.Prestasi Pustakaraya.
Tennant, Adrian. 2012. Choices. Harlow: Pearson Education Ltd.
Thomas, John W.2000. A Review of Research on Project-Based Learning. California: The Autodesk Foundation
Authors publishing in the Journal will be asked to sign a Copyright Assignment Form. In signing the form, it is assumed that authors have obtained permission to use any copyrighted or previously published material. All authors must read and agree to the conditions outlined in the form, and must sign the form or agree that the corresponding author can sign on their behalf. Articles cannot be published until a signed form has been received.It is a condition of publication that authors assign copyright or license the publication rights in their articles, including abstracts, to email jurnalparafrase@untag-sby.ac.id. . This enables us to ensure full copyright protection and to disseminate the article, and of course the Journal to the widest possible readership in print and electronic formats as appropriate.