THE APPLICATION OF PROJECT-BASED LEARNING (PBL) IN EMPOWERING ENGLISH PERFORMANCE AND BASIC ENTREPRENEURSHIP

  • Theresia Widihartanti Dosen Universitas Hang Tuah, Surabaya

Abstract

ABSTRAK. Tujuan dari pembuatan purwarupa miniatur kapal sebagai bentuk penerapan Project-Based Learning (PBL) adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa secara menyeluruh. Mahasiswa semester satu jurusan Perkapalan tertantang untuk membuat sebuah purwarupa miniatur kapal yang mengkombinasikan pengetahuan dasar desain pembuatan badan kapal, 4 keahlian bahasa, dan pengetahuan dasar kewirausahaan sehingga mereka dapat memaksimalkan kemampuan-kemampuan tersebut secara seimbang. Bagaimana para mahasiswa tersebut meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang memperkuat kemandirian belajar dan pemahaman dasar-dasar kewirausahaan? PBL sebagai salah satu metode pembelajaran diterapkan dalam peneliatian ini dan hasil pembelajaran tersebut adalah penilaian dari hasil penulisan laporan akhir, presentasi, kesimpulan, dan purwarupa miniatur kapal yang dibuat. PBL sangat penting untuk mempertajam kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Inggris. Pembimbingan melalui on-line, pengamatan dalam pembuatan laporan dan purwarupa miniatur kapal dan kolom penilaian diterapkan dalam proses pembelajaran PBL ini. Hasil akhir penelitian menunjukkan pemahaman teori pembuatan desain badan kapal, pemahaman penulisan laporan secara benar, kemampuan berbahasa Inggris yang baik, dan pemahaman dasar-dasar kewirausahaan. Elemen-elemen tersebut diterapkan secara bertahap dan berkesinambungan sehingga PBL dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa semester satu jurusan Perkapalan Fakultas Teknik universitas Hang Tuah, Surabaya dalam empat keahlian berbahasa Inggris.    

 

Keywords: miniatur kapal, PBL, 4 keahlian berbahasa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ary, Donald.1990. Introduction to Research in Education. San Diego: Harcourt Brace College Publishers.

Fellag, Linda R.2006. Building Skill for the TOEFL iBT. New York: Pearson Education, Inc.

Hallows, Richard, Martin Lisboa, and Mark Unwin.2006. IELTS Express. London: The Thomson Corporation.

Lundine, John, Ratna Y. Hadikusumah, Tata Sudrajat. 2013. â€Indonesia’s Progress on the 2015 MDGsâ€, in Strategic Review, Vol. 3, Number 3. September 2013, pp.54-66. Jakarta: The Indonesian Journal of Leadership, Policy, and World Affairs.

Poerwati, Loeloek. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT.Prestasi Pustakaraya.

Tennant, Adrian. 2012. Choices. Harlow: Pearson Education Ltd.

Thomas, John W.2000. A Review of Research on Project-Based Learning. California: The Autodesk Foundation

Published
2015-09-30
How to Cite
1.
Widihartanti T. THE APPLICATION OF PROJECT-BASED LEARNING (PBL) IN EMPOWERING ENGLISH PERFORMANCE AND BASIC ENTREPRENEURSHIP. parafrase [Internet]. 30Sep.2015 [cited 6May2024];14(02). Available from: https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/parafrase/article/view/430
Section
Articles