USING LEGENDS IN EXPANDING STUDENTS’ LANGUAGE AWARENESS AND PRESERVING LOCAL WISDOM IN ENGLISH LANGUAGE CLASSES

  • Joesasono Oediarti Soelistijowati

Abstract

Abstract. Karya sastra telah amat dihargai di berbagai negara di dunia sebagai sarana untuk memelihara dan mewariskan kearifan lokal kepada generasi yang lebih muda. Karya sastra dapat memberi akses bagi para murid kepada kebudayaan masyarakata yang bahasanya mereka sedang pelajari. Naskah-naskah sastra dalam bahasa Inggris mencerminkan keanekaragaman dunia kita yang kaya dan mengagumkan. Sebuah novel atau cerita pendek ataupun puisi yang bagus adalah materi pengajaran bahasa Inggris yang bagus. Jika materi tersebut dipilih secara seksama, para murid akan merasakan bahwa apa yang mereka lakukan di dalam ruang kelas adalah relevan dan bermakna bagi kehidupan mereka.Dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris, memasilitasi para mahasiswa dari jurusan pendidikan bahasa Inggris dengan pengalaman dengan materi sastra di ruang kelas dapat memberikan kepada mereka pencapaian yang nyata dari penelusuran materi sastra di ruang kelas. Tujuan makalah ini adalah menunjukkan bahwa karya sastra dalam pengajaran bahsa adalah amat penting dalam era global demi memperluas kesadaran bahasa mahasiswa dan memelihara kearifan lokal melalui legenda yang menciptakan atmosfir yang menarik dan mengagumkan. Pembahasan ini meliputi bagaimana materi sastra, khususnya legenda, digunakan dalam kegiatan kelas bahasa Inggris yang melibatkan penceritaan kembali dan pengidentifikasian kearifan lokal. Meminta mahasiswa untuk menceritakan kembali cerita-cerita pendek dari kebudayaan mereka sendiri sebelum mereka membaca kisah otentik dalam bahasa Inggris dengan tema serupa adalah amat memotivasi mereka.
Key words: language awareness, local wisdom, legends

Downloads

Download data is not yet available.

References

REFERENCES Bilash, O. 2011. Language Awareness. language%20Awareness/Language%20 Awareness. html (retrieved on January 2011) Bohlin, Karen E. 2005. Teaching Character Education through Literature Awakening the Moral Imagination in Secondary Classroom. Routledge Falmer. New York.

Bonvillain, N. 2003. Language, Culture and Communication: The Meaning of Messager. New Jersey: Pearson Education Inc.

Demirjian, Andrea. 2006. Kissing Everything You Ever Wanted to Know About One of Life’s Sweetest Pleasures. Penguin Group (USA) Inc. New York.

Ellis, Elizabeth M. 2012. Language awareness and its relevance to TESOL. University of Sydney Papers in TESOL.

Griffiths, G. and Keohane, K. 2001. Personalizing Language Learning. Cambridge University Press.

Harmer, J. 2001. The Practice of English Language Teaching. Oxford: Longman.

Harmer, J. 2012. Essential Teacher Knowledge-Core Concepts in English Language Teaching. Edinburgh. Pearson Education Limited.

Lazar, Gillian.1993. Literature and Language teaching: A Guide for Teachers and Trainers. Cambridge. Cambridge University Press.

Joesasono O.S. & Lambang E. – Using Legends In Expanding Student’s Language Awareness

Parafrase Vol. 16 No.01 Mei 2016

Mungmachon, Miss Roikhwanphut. 2012. Knowledge and local wisdom: community treasure. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 2 No. 13; July 2012.

Padmanugraha, Asih Sigit. Common Sense Outlook on Local Wisdom and Identity: A Contemporary Javanese Native’s Experience. International Conference on “Local Wisdom for Character Building,†on May 29, 2010.

Perrine, Laurence. 1963. Sound and Sense an Introduction to Poetry. Harcourt, Brace and World, INC. New York.

Scheid, K. 1993. Helping Students Become Strategic Learner: Guidelines for Teaching. Cambridge. MA: Brookline Books.

Soter, Anna O. 1999. Young Adult Literature and the New Literary Theories Developing Critical Readers in Middle School. Teachers College Press. New York.

Spaulding, Amy E. 2011. The Art of Storytelling: Telling Truth through Telling Story. Lanham-Toronto-Plymouth, UK. The Scarecrow Press, Inc.

Stevick, E. 1980. Teaching Language: A Way and Ways. Rowdy. Mass: Newbury House.

Published
2016-09-08
How to Cite
1.
Soelistijowati J. USING LEGENDS IN EXPANDING STUDENTS’ LANGUAGE AWARENESS AND PRESERVING LOCAL WISDOM IN ENGLISH LANGUAGE CLASSES. parafrase [Internet]. 8Sep.2016 [cited 2May2024];16(01). Available from: https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/parafrase/article/view/681
Section
Articles