Perilaku asertif dan kematangan emosi pada remaja

  • Elida Putri Fakultas Psikologu Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mamang Efendy Fakultas Psikologu Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Karolin Rista Fakultas Psikologu Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Kematangan Emosi, Perilaku Asertif, Remaja

Abstract

Abstract

The purpose of this study was to determine whether there is a relationship between emotional maturity and assertive behavior of adolescents in the environment in SMA Negeri 1 Gondang students, Gondang, Bojonegoro. This research method uses quantitative research methods. The population in this study were all students of SMA Negeri 1 Gondang with a total of 396 students. Participants in the study amounted to 222 students who were taken with cluster random sampling technique. Data collection instruments are emotional maturity scale and assertive behavior scale. The data analysis technique used is product moment correlation. Based on the results of data analysis conducted, the results of a simple correlation test between emotional maturity and assertive behavior were 0.650 with a significance of p = 0.000 (p <0.01), which indicates that there is a positive and very significant relationship between emotional maturity and assertive behavior in adolescents. In conclusion, the higher the emotional maturity possessed by adolescents, the higher the assertive behavior of adolescents. Conversely, the lower the emotional maturity of adolescents, the lower the assertive behavior of adolescents.  

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara kematangan emosi terhadap perilaku asertif remaja di lingkungan sekitarnya pada siswa SMA Negeri 1 Gondang, Gondang, Bojonegoro. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMA Negeri 1 Gondang dengan jumlah 396 siswa. Partisipan  dalam penelitian berjumlah 222 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data yaitu skala kematangan emosi dan skala perilaku asertif. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan didapatkan hasil uji korelasi sederhana antara kematangan emosi dengan perilaku asertif sebesar 0,650 dengan siginifikansi p=0,000 (p<0,01) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara kematangan emosi dengan perilaku asertif pada remaja. Kesimpulannya, semakin tinggi kematangan emosi yang dimiliki oleh remaja, semakin tinggi pula perilaku asertif remaja. Sebaliknya, semakin rendah kematangan emosi pada remaja remaja, maka semakin rendah perilaku asertif yang dimiliki oleh remaja.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwilestari., & Widiasavitri. (2022). Aserivitas mahasiswa organisator dari kecerdasan emosional dan jenis kelamin. Jurnal Psikologi Udayana, 9(1), 11-22.
Efendy, M., Kusumandari, R., Norhidayah, M. R., Putri, E. N. A. (2023). Academic dishonesty on students: what is the role of moral integrity and learning climate. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 12(4).
Kusasi. (2013). Pengaruh manajemen diri dan kematangan emosi terhadap pengambilan keputusan. Jurnal Psikostudia Universitas Mulawarman. 2(1), 16-27.
Lestari., & Susanto. (2019). Hubungan kematangan emosi terhadap perilaku agresif siswa madrasah dan sekolah menengah kejuruan. Jurnal Ners Indonesia, 10(1).
Munir, Z. (2019). Hubungan Perilaku asertif dengan kenakalan remaja dan masalahnya di SMAN 2 Masbagik. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 103-113.
Sabintoe., & Soetjiningsih. (2020). Hubungan antara kematangan emosi dengan perilaku agresif pada siswa SMK. Jurnal Psikologi Konseling, 17(2).
Silaen, A. C., Dewi, K. S. (2015). Hubungan antara regulasi emosi dengan asertivitas. Jurnal Empati, 4(2), 175-181.
Syahril, M. (2020). Hubungan antara kemat Pada Siswa SMA Negeri 1 Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. (Skripsi)
Tania., Hadiwinarto., & Sinthia. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku penyesuian diri yang salah pada siswa SMP Negeri Kota Bengkulu. Onsilia, 1(3) ,79-90.
Tuasikal., & Retnowati. (2018). Kematangan emosi, problem-focused coping, emotion-focused coping dan kecenderungan depresi pada mahasiswa tahun pertama. Gamajop, 4(2), 105-118.
Published
2024-01-22