Mahasiswa organisasi: peranan manajemen waktu dan dukungan teman sebaya pada prestasi akademik

  • M dani wahyudi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • I Gusti Ayu Agung Noviekayati Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Amherstia Pasca Rina Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Prestasi Akademik; Manajemen Waktu; Dukungan Teman Sebaya; Mahasiswa Organisasi Kemahasiswaan

Abstract

Prestasi Akademik yang baik dapat diwujudkan salah satunya dengan keberhasilan manajemen waktu yang baik dan dukungan teman sebaya yang baik. Tujuan penelitian ini untuk menguji apakah ada hubungan manajemen waktu dan dukungan teman sebaya terhadap prestasi akademik mahasiswa organisasi kemahasiswaan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa organisasi kemahasiswaan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 215. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif korelasional dengan teknik sampel random sampling. Alat ukur yang digunakan menggunakan Time Management Scale (32 item) yang dimodifikasi oleh peneliti dengan nilai Cronbach alfa 0,939 dan Skala Dukungan Sosial (32 item) yang dimodifikasi oleh peneliti dengan nilai Cronbach alfa 0,956 sedangkan Indeks Prestasi Kumulatif digunakan untuk mengukur variabel Prestasi Akademik. Hasil penelitian baik secara simultan maupun secara parsial menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dan positif dari variabel manajemen waktu dan dukungan teman sebaya terhadap prestasi akademik. Mahasiswa organisasi yang memiliki manajemen waktu yang baik dan dukungan teman sebaya yang baik maka prestasi akademik yang didapatkan akan tetap maksimal meskipun mengikuti organisasi kemahasiswaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alaihami, W.S., Arneliwati, Misrawati. (2014). Perbandingan prokrastinasi akademik berdasarkan keaktifan dalam organisasi kemahasiswaan. Jurnal Online Mahasiswa Psikologi Vol. 1 No. 2
Anatasya, E. P., & Sayekti, A. (2022). Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Aktivis Di Organisasi Kemahasiswaan Fem Ipb. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 19(2), 155-164.
Asmara, S. R., Heryati, T., & Patonah, R. (2021). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Smk Swadaya Karangnunggal. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(1), 71-78.
Azwar, S. (2002). Tes prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Filade, B. A., Bello, A. A., Uwaoma, C. O., Anwanane, B. B., & Nwangburka, K. (2019). Peer Group Influence on Academic Performance of Undergraduate Students in Babcock University, Ogun State. African Educational Research Journal, 7(2), 81–87
Firdaus. K. (2008). Manajemen Waktu Kuliah dan Organisasi. (on-line). Tanggal Akses: 10 Februari 2017. Diakses dari https://uad.ac.id/kartikaf/manajemen-waktukuliah-dan-organisasi.
Inayah, D. N., Daud, M., & Nur, H. (2023). Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa yang Bekerja di Kota Makassar. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 2(2), 266-273.
Irwanto (2019). Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Aktif Dengan Tidak Aktif Berorganisasi Angkatan 2016 Dan 2017 Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Palembang
Joesoef, D. (1978). Normalisasi kehidupan kampus dan bentuk penataan kembali kehidupan kampus. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kristy, D. (2019). Manajemen Waktu, Dukungan Sosial, dan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Applicatio, 8(1), 49-54.
Krejcie, R. V., & Morgan, D. W. (1970). Determining sample size for research activities. Educational and Psychological Measurement, 30(3), 607-610. https://doi.org/10.1177/001316447003000308
Li, L., Peng, Z., Lu, L., Liao, H., & Li, H. (2020). Peer relationships, self-efficacy, academic motivation, and mathematics achievement in Zhuang adolescents: A moderated mediation model. Children and Youth Services Review, 118, 105358.
Luailiyah, A., Hilmi, A. Z., & Sahariani, M. (2022). Pengaruh keaktifan organisasi terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran. Plexus Medical Journal, 1(3), 114-121.
Macan, T. H., Shahani, C., Dipboye, R. L., & Phillips, A. P. (1990). College students’ time management: Correlations with academic performance and stress. Journal of Educational Psychology, 82(4), 760–768. doi:10.1037/0022-0663.82.4.760
Maulana, I. (2018). Hubungan dukungan teman sebaya dengan prestasi belajar mahasiswa semester III program studi ilmu keperawatan Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta [Skripsi, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta]. Digilib Unisa. https://digilib.unisayogya.ac.id/3965
Nurrahmaniah, N. (2019). Pengaruh Manajemen Waktu (Time Management) dan Minat Belajar terhadap Prestasi Akademik pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Sekolah Tinggi Agama Islam Darunnajah Jakarta (Studi Empirik pada Mahasiswa. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam) (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
Ranita, H., Zulaihati, S., & Respati, D. K. (2024). Pengaruh Pemberian Beasiswa Bidikmisi, Kemandirian Belajar, Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Penerima Bidikmisi (Survey Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2022 Di Universitas Negeri Jakarta). Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(4), 264-275.
Rochman, M. A. N., Sabandi, M., & Octoria, D. (2023). Pengaruh penggunaan media sosial dan teman sebaya terhadap prestasi belajar mahasiswa dimediasi motivasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(3), 254-262.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2018). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed.). Wiley.
Smet, B. (2004). Psikologi kesehatan. Grasindo
Sobur. (2006). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Sukmawati, A., & Dewi, R. (2021). Hubungan Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga Unsyiah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 6(1), 57-66.
Wentzel, K. R. (2017). Peer relationships, motivation, and academic performance at school.
Published
2024-12-26