Nomophobia pada siswa SMA: peran kontrol diri dan intensitas penggunaan smartphone
Abstract
Kecenderungan nomophobia dapat disebabkan oleh oleh beberapa faktor salah satunya kontrol diri rendah dan penggunaan smartphone yang intens. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan intensitas penggunaan smartphone pada siswa sekolah menengah atas. Metode penelitian kuantitatif korelasional dengan responden 156 siswa yang diambil menggunakan purposive sampling. Penelitian menggunakan skala kontrol diri dikembangkan peneliti dengan nilai cronbach alfa 0, 848 dan skala intensitas penggunaan smartphone dikembangkan peneliti dengan nilai cronbach alfa 0,856 sedangkan skala nomophobia mengadopsi Shalsabilla (2022) dengan nilai Cronbach 0,942. Teknik analisis data menggunakan analisi regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan positif. Siswa yang memiliki kontrol diri baik dan menggunakan smartphone secara intens dapat meningkatkan kecenderungan nomophobia siswa sekolah menengah atas.
Downloads
References
2. Averill, J. F. (1973). Personal Control Over Averssive Stimuli and It’s Relationship to Stress, Psychological Buletin, 80.
3. Buctot, D. B., Kim, N., & Kim, S. H. (2020). The Role of Nomophobia and Smartphone Addiction in The Lifestyle Profiles of Junior and Senior High School Students in The Philippines. Social Sciences & Humanities Open, 2, 2590-2911.
4. Coenen, M., & Gorlich, Y. (2022). Exploring nomophobia with a German adaption of the nomophobia questionnaire (NMP-Q-D). PLOS ONE, 17(12).
5. Del Barrio, V. (2004). Television & Violent Behavior. Social Behavior and Personality Research.
6. Fadhilah, L., Hayati, E. N., & Bashori, K. (2021). Nomophobia di Kalangan Remaja. Jurnal Diversita, 7(1).
7. Farhan, Y. T., & Rosyidah, R. (2021). Hubungan Antara Self-Esteem Dengan Kecenderungan Nomophobia Pada Mahasiswa Perempuan Di Surabaya. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 12(2).
8. Fathoni, A., & Asiyah, S. N. (2021). Hubungan Kontrol Diri dan Kesepian dengan Nomophobia Pada Remaja. Indonesian Psychological Research, 3(2).
9. Hidayati, J., Widianti, E., & Nurlianawati, L. (2021). Hubungan Kontrol Diri Dengan Nomophobia Pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(2), 429–436
10. Karindra, N. A. L., & Nurmala, I. (2022). Hubungan antara Karakteristik, Intensitas Penggunaan Smartphone dan Niat dengan Kecenderungan Nomophobia pada Remaja SMA di Surabaya. Preventif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 13(4), 486-500.
11. Khofifa & Widyastuti. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Nomophobia pada Anak Sekolah Dasar. Pinisi Journal of Art, Humanity and Social Studies, 3(6).
12. Nuraini, N., (2021), Korelasi Tingkat Penggunaan Smartphone dengan Tingkat Kecemasan Peserta Diklat Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 9(1), 1–12
13. Permatasari, S. K., Kamasturyani, Y., Nurfajriyani, I., & Andhini, C. S. D. (2022). Hubungan Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Nomophobia Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Di SMPN 1 Kota Cirebon. JKM: Jurnal Kesehatan Mahardika, 9(1).
14. Puswati, D., & Sari, N. P. (2021). Hubungan Nomophobia dengan Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa S1 Keperawatan Stikes Payung Negeri Pekanbaru. Health Care: Jurnal Kesehatan, 10(2), 379–384.
15. Riyanti, V., Muryati., Desmaniarti., & Muttaqin, Z. (2021). Gambaran Nomophobia Pada Remaja. Jurnal Keperawatan Indonesia Florence Nightingale, 2(1).
16. Safaria, T., Saputra, N. E., & Arini, D. P. (2022). Nomophobia: Riset Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: UAD PRESS.
17. Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga
18. Tuco, K. G., Castro-Diaz, S. D., Soriano-Moreno, D. R., & Benites-Zapata, V. A. (2023). Prevalence of Nomophobia in University Students: A Systematic Review and Meta-Analysis. Healthcare Informatics Research, 29(1), 40–53.
19. Wang, X., & Kim, J. (2021). Smartphone usage and nomophobia: Examining the impact of smartphone addiction on adolescent mental health. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(10).
20. Warsanto, K. E. P., & Sulastri, A. (2024). Literatur Review :Neurosains dalam Pendidikan; Memahami Mekanisme Otak dan Kontrol Diri Remaja. Jurnal Ners Universitas Pahlawan. 9(1), 129-139.
21. Wiharko, T., Wicaksono, A. T., & Putro, E. A. (2023). Hubungan Antara Self control dengan Kecenderungan Nomophobia pada Siswa. JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 6(1).
22. Yildirim, C., & Correia, A. P. (2015). Exploring the dimensions of nomophobia: Development and validation of a self-reported questionnaire. Computers in Human Behavior, 49, 130– 137.
23. Yuwanto, L. (2010). Cause of Mobile Phone Addiction. Anima Indonesia Psychological journal. 25(3), 225-229.