Perilaku Bullying Pada Mahasiswa: Menelisik Pengaruh Harga Diri dan Konformitas
Abstract
Bullying behavior that has been synonymous with teenagers, apparently also carried out by many students. It is interesting to study what factors are the causes of high bullying behavior in students, whether internal factors or external factors. The purpose of this study is to examine the relationship between self-esteem and conformity with bullying behavior in students. Participants in this study were 114 students taken using the Disproportional Stratified Random Sampling technique. Research data were collected through self-esteem scale (? = .831), conformity scale (? = .831) and bullying behavior scale (? = .831). The results of data analysis using Spearman’s Rho correlation show there is a negative correlation between self-esteem and bullying behavior in college students. An interesting finding from this research is the absence of a correlation between conformity and bullying behavior in students. Keywords: Bullying behavior; Conformity; Self-esteemAbstrak Perilaku bullying yang selama ini identik dengan remaja, ternyata juga banyak dilakukan oleh Mahasiswa. Menarik untuk diteliti faktor apa yang menjadi penyebab tingginya perilaku bullying pada mahasiswa, apakah faktor internal ataukah faktor eksternal yang lebih dominan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara harga diri dan konformitas dengan perilaku bullying pada mahasiswa. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 114 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik Disproportional Stratified Random Sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui skala harga diri (? = .831), skala konformitas (? = .831) dan skala perilaku bullying (? = .831). Hasil analisis data menggunakan korelasi Spearman’s Rho menunjukkan ada korelasi negatif antara harga diri dengan perilaku bullying pada mahasiswa. Temuan menarik dari penelitian ini adalah tidak adanya korelasi antara konformitas dengan perilaku bullying pada mahasiswa. Kata kunci : Harga diri; Konformitas; Perilaku bullying
Downloads
References
Adriel, Y., & Indrawati, E. S. (2019). Hubugan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying pada siswa kelas xii smk teuku umar semarang. Empati, 8(1), 271276. Arianty, R. 2018. Pengaruh konformitas dan regulasi emosi terhadap perilaku cyberbullying di SMK Negeri 15 Samarinda. Jurnal Psikologi 6 (4) 772-783. Baron, R.A., Byrne D. (2005). Psikologi Sosial, Jilid 2 Edisi Kesepuluh,.(Alih Bahasa: Ratna Djuwita). Jakarta: Erlangga. Budiarto T. H., Ervina I. (2013). Hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying pada remaja. Jurnal Psikologi 9 (1) 31-45. Ceilindri, R. A., & Budiani, M. S. (2016). Harga diri dan konformitas dengan perilaku bullying pada siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 6(2), 64-70. Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. (2019). Bullying di sekolah: Pengertian, dampak, pembagian dan cara menanggulanginya. PEDAGOGIA, 17(1), 5566. Febriyani, Y. A., & Indrawati, E. S. (2017). Konformitas teman sebaya dan perilaku bullying pada siswa kelas XI IPS. Empati, 5(1), 138-143. Hanurawan, F. (2018). Kajian psikologi lintas budaya terhadap perilaku konformitas. Jurnal Sains Psikologi, 3(1). Herman, H., Nurshal, D., & Oktarina, E. (2018). Hubungan karakteristik remaja dengan perilaku bullying pada siswa SMP di Kota Padang. Jurnal Keperawatan Soedirman, 12(1), 1-11. Elizabeth, B. (2016). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga. Levianti. (2008). Konformitas dan bullying pada siswa. Jurnal fakultas Psikologi 6 (1), 1-8. Mohammad Ali dan Mohammad Asrori. (2010). Psikologi remaja: Perkembangan peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara. Na’imah N., Komalasari G., Wahyuni E. (2016). Gambaran permasalahan sosial mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Bimbingan Konseling 5 (1) 58-65.
Ningrum, R. E. C., Matulessy, A., & Rini, R. A. P. (2019). Hubungan antara konformitas teman sebaya dan regulasi emosi dengan kecenderungan perilaku bullying pada remaja. Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 15(1), 124-136. Novianty L., Putra D. (2014). Hubungan antara konformitas terhadap teman sebaya dengan perilaku bullying pada siswa SMPN 22 Tanggerang. Jurnal NOETIC Psichology 4 (1) 81-100. Olweus, D. (1999). Sweden. The nature of school bullying: A cross-national perspective. London & New York: Routledge. Putra, A. L. S. (2018). Hubungan antara harga diri dengan konformitas pada siswa SMA di Yogyakarta yang pernah melakukan tawuran. Putri, S. O., & Silalahi, B. R. (2017). Gambaran perilaku bullying pada mahasiswa UMN Alwashliyah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 146-157. Schott, R. M., & Søndergaard, D. M. (Eds.). (2014). School bullying: New theories in context. Cambridge University Press. Setiawan, A. T. (2019). Dampak perilaku bullying terhadap psikososial siswa di Sekolah Dasar Negeri Margorejo VI Surabaya. Setiawan, F. (2018). Dampak perilaku bullyying terhadap kehidupan sosial siswaw sekolah dasar di kecamatan X. INVENTA, 2(1), 87-92. Soetjiningsih. (2007). Tumbuh kembang remaja dan permasalahannya. Jakarta: Sagung Seto. Syadza, N., & Sugiasih, I. (2018). cyberbullying pada remaja SMP X di Kota Pekalongan ditinjau dari konformitas dan kematangan emosi. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 12(1), 1726. Vintyana S. R. A. (2015). Hubungan antara harga diri dan kecenderungan perilaku bullying Pada siswa SMP Kristen 1 Magelang. Skripsi Psikologi. Salatiga; Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Wardani L. K., Fajriansyah (2017). Perilaku bullying mahasiswa kesehatan. Jurnal of Nursing Practice 1 (1) 17-23. Yuliawati S. R. (2012). Hubungan antara konformitas dan harga diri dengan perilaku konsumtif pada remaja. Skripsi Psikologi. Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Yusuf H., Fahrudin A. (2012). Perilaku bullying: Asesmen multi dimensi dan intervensi sosial. Jurnal Psikologi 11 (2) 1-10