Hubungan Pola Asuh Tipe Penelantar Dengan Hambatan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini

  • Amherstia Pasca Rina Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • IGAA Novi Ekayati Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Linda Putri Ningrum Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

This study aimed to determine the correlation of neglectful parenting style and language development delay in early childhood. The subjects of this study were 19 parents of children with barriers of language development in Surabaya Grammar School, who were obtained by using purposive sampling technique. Data collection in this study uses the Guttman scale which aimed to collect data about language development and Likert scale which aimed to collect data about parenting style. The data analysis technique used the Spearman test with a correlation coefficient of 0.503 and a significance level of 0.028 (p <0.05). The results showed a significant difference between the type of neglectful parenting and barriers of language development in early childhood Keywords: neglecting parenting style, language development delay
 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh tipe penelantar dengan hambatan perkembangan bahasa pada anak usia dini. Subjek penelitian ini adalah orangtua dari anak yang mengalami hambatan bahasa di preschool Surabaya Grammar School sebanyak 19 orang yang didapatkan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Guttman yang bertujuan untuk mengumpulkan data mengenai perkembangan bahasa dan skala Likert yang bertujuan untuk mengumpulkan data mengenai pola asuh penelantar. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Spearman dengan hasil koefisien korelasi rho sebesar 0,503 dan taraf signifikansi sebesar 0,028 (p < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pola asuh tipe penelantar dengan hambatan perkembangan bahasa pada anak usia dini. Kata kunci: Pola asuh penelantar, hambatan perkembangan bahasa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriana, I. (2008). Memahami Pola Perkembangan Bahasa Anak dalam Konteks Pendidikan. Tadris, 3, 106-120. Aiken, L. (1980). Content Validity and Reliability of Single Items or Questionnaires. Educational and Psychological Measurement, 955- 959. Alava, M. H., & Popli, G. (2017). Children's Development and Parental Input: Evidence from the UK Millennium Cohort Study. Demography, 54, 485-511. Alizadeh, S., Abu Talib, M., Abdullah, R., & Mansor, M. (2011). Relationship between Parenting Style and Children’s Behavior Problems. Canadian Center of Science and Education, 7, 195-200. Baumrind, D. (2003). Effects of Authoritative Parental Control on Child Behavior. EBSCO. Bibi, F., Chaudhry, A. G., Awan, E. A., & Tariq, B. (2013, May- June). Contribution of Parenting Style in life domain of Children. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 91-95. Bingham, G., Jeon, H.?J., Kwon, K.?A., & Lim, C. (2017, February). Parenting styles and home literacy opportunities:Associations with children’s oral language skills. Infant and Child Development, 1-18. Bornstein , L., & Bornstein, M. H. (2014). Parenting Styles and Child Social Development. Encyclopedia on Early Childhood Development. Carr, A. (2015). Child and Adolescent Clinical Psychology. Newyork: Taylor & Francis eLibrary.

Dale, P. S., Tosto, M. G., Hayiou-Thomas, M. E., & Plomin, R. (2015). Why Does Parental Language Input Style Predict Child Language Development? A Twin study of gene-environment correlation. Journal of Communication Disorder, 1-12. Darling, N. (1999). Parenting Style and Its Correlates. Dewanti, A., Widjaja, J. A., Tjandrajani, A., & Burhany, A. A. (2012). Karakteeristik Keterlambatan Bicara di Klinik Khusus Tumbuh Kembang Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita tahun 2008- 2009. Sari Pediatri, 14, 230-234. Dhieni, N., & Fridani, L. (n.d.). Hakikat Perkembangan Bahasa Anak. Echedom, A. U., Nwankwo, T. V., & Nwankwo, E. U. (2018, December). Influence of Authoritarian, Permissive and Uninvolved Parenting Styles on the Reading Attitudes of Students in Anambra State, Nigeria. Journal of Library and Information Sciences, 6, 1-25. Firdiani, D., Rayani, & Syarif, I. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa terhadap Pola Asuh Orangtua dan Tingkat Pendidikan Orangtua terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X dan XI IPA SMAN 811 Makassar Tahun Ajaran 2017-2018. Prosiding Seminar Nasional, 4, 98-107. Fitria, N. (2016). Pola Asuh Orangtua dalam Mendidik Anak Usia Prasekolah ditinjau dari Aspek Budaya Lmapung. Jurnal Fokus Konseling, 2, 99- 115. Fohraheim, N., Fuiko, R., Marschik, P., & Resch, B. (2019). The influence of preterm birth on expressive vocabulary at the age of 36 to 41 months. Brósch-Fohraheim et al. Medicine. Garcia, D., Bagner, D. M., Prudden, S. M., & Nichols-Lopez, K. (2015). Language Production in Children with and at Risk for Delay: Mediating Role of Parenting Skills. J Clin Child Adolesc Psychol, 44, 814-825. Gunarsa, S. D., & Gunarsa, Y. S. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia. Gunawan, G., R, D., & Rusmil, K. (2011). Gambaran Perkembangan Bicara dan Bahasa Anak Usia 0-3 Tahun. Sari Pediatri, 13, 21-25. Handayani, A., Samiasih, A., & Mariyam. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orangtua tentang Stimulasi Verbal dengan Perkembangan Bahasa pada Anak Prasekolah di TK PGRI 116 Bangetayu Wetan. Jurnal Keperawatan, 6, 76-82. Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahpa Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 169-178. Heuvel, M. v., Ma , J., Borkhoff, C., Koroshegyi, C., Dai, D. W., Parkin, P. C., . Birken, C. S. (2019, February). Mobile Media Device Use is Associated with Expressive Language Delay in 18-Month-Old Children. Journal of Developmental & Behavioral Pediatrics, 40, 99- 104. Idayanti, T., & Mustikasari, S. (2017). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Sibling Rivalrary pada Anak Usia Prasekolah (3-6 tahun). Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 113-120. Jannah, H. (2012). Bentuk Pola Asuh Orangtua dalam Menanamkan Perilaku Moral pada Anak Usia Dini di Kecamatan Ampek Angkek. Pesona PAUD, 1. Katz, I., Corlyon, J., Placa, V., & Hunter, S. (2007). The relationship between parenting and poverty. York: York Publishing Service Ltd. Kenney, C. K. (2012). Before the School Bus : Parental Influence on Early Language and Literacy Learning in the Home Environment. University of Michigan.

Khodadady, E., & Hadizadeh, B. (2016). Parenting and English Language Learning at Iranian Grade One Senior High Schools: A Theoreticaland Empirical Approach. Journal of Language Teaching and Research, 7, 700-708. Khoiriyah, Ahmad, A., & Fitriani, D. (2016, Agustus). Model Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak yang Terlambat Berbicara (Speech Delay). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 36-45. Kopko, K. (n.d.). Parenting Styles and adolescents. Kuhn, L. J., Willoughby, M. T., Wilbourn, M. P., Vernon- Feagans, L., Blair, C. B., & The family Project Key Investigators. (2014). Early Communicative Gesture Prospectively Predict Language Development and Executive Function in Early Childhood. NIH Public Access, 85, 1898-1914. Liansari. (2017, Maret). Pola Komunikasi Interpersonal Orangtua dan Anak Usia Dini dengan Speech Delay di TK Aisiyah Rewwin Waru. KANAL (Jurnal Ilmu Komunikasi), 5, 159-164. Maryatun, B. I. (2016). Peran Pendidik PAUD dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5, 747-752. Mc Laughlin, M. R. (2011, May 15). Speech and Language Delay in Children. American Family Physician, 83, 1183-1188. Mulqiah, Z., Santi, E., & Lestari, D. (2017, Maret). Pola Asuh Orangtua dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (Usia 3-6 Tahun). Dunia Keperawatan, 5, 6167. Muryanti, Purnaningrum, W., & Tirtawati, D. (2013). Peran Pola Asuh Orangtua dalam Kemampuan Bahasa Anak Usia 4 – 5 Tahun. Poltekkes solo. Nilawati, E., & Suryana, D. (n.d.). Gangguan Terlambat Bicara (Speech Delay) dan Pengaruhnya terhadap Social Skill Anak Usia Dini. Onnis, L., Truzzi, A., & Ma, X. (2018, June 23). Language Development and Disorders: Possible Genes and Environment Interactions. Research in Developmental Disabilities. Pratomo, H. T., Adriani, R. B., & Akhyar, M. (2016). Association Between Parental Education, Occupation, Income, Language Activity, and Language Proficiency in Children. Indonesian Journal of Medicine, 1, 152-159. Restiyani, Halida, & Lestari, S. (2013). Hubungan Pola Asuh dengan Perkembangan Bicara Anak Usia 4-5 tahun TK Al- Falah Mempawah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran,2. Rohmah, H., & Farid, M. (2016, Januari). Pengaruh Applied Behaviour Analisys Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Autis. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 5, 83 - 91. Roopnarine, J. L., Khrishnakumar, A., Metindogan, A., & Evans, M. (2006). Links Between Parenting styles, Parent-Child Academic Interaction, Parent-School Interaction, and Early Academic Skill and Social Behaviors in Young Children of English Speaking Caribbean immigrants. Early Childhood Research Quarterly, 21, 238-252. Rosli, N. A. (2009). Effects of Parenting style on Children's Emotional and Behavioral Problem SAmong Different Ethnicities of Muslim Children in the U.S. Marquette University. Safitri , Y. (2017). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Bahasa Balita di UPTD Kesehatan Baserah Tahun 2016. Junnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 148-155.

Santosa, A., Rafli, Z., & Lustyantie, N. (2018, April). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Sikap Bahasa terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18, 69-80. Sari, S. N., Memy, Y., & Ghanie, A. (2015, Januari). Angka Kejadian Delayed Speech Disertai Gangguan Pendengaran pada Anak yang Menjalani Pemeriksaan Pendengaran di Bgaian Neurologi IKTHT-KL RSUP Dr. Moh Hoesin. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 2, 121-127. Sarwar, S. (2016, December). Influence of Parenting Style on Children's Behaviour. Journal of Education and Education Development, 3, 222-249. Sit, M. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing. Spratt, E. G., Friedenberg, S., Larosa, A., De Bellis, M. D., Macias, M. M., Summer, A. P., . . . Brady, K. T. (2012). The Effects of Early Neglect on Cognitive, Language, and Behavioral Functioning in Childhood. Psychology, 3, 175-182. Spratt, E., Friedenberg, S., Swenson, C., LaRosa,, A., Bellis, M., Macias, M., . . . Brady, K. (2012, February). The Effects of Early Neglect on Cognitive, Language, and Behavioral Functioning in Childhood. Psychology (Irvine), 3, 175-182. Sunarty, K. (2016, Desember). Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Kemandirian Anak. Journal of EST, 2, 152-160. Suparmiati, A., Ismail, D., & Sitaresmi, M. N. (2013). Hubungan Ibu Bekerja dengan Keterlambatan Bicara pada Anak. Sari Pediatri, 14, 288-291. Sylvestre, A., Bussieres, E.-l., & Bouchard, C. (2016, February). Language Problem Among Abuse and Neglected Children: A Meta-Analytic Review. SAGE journal, 21, 47-58. Talib, J., Mohamad, Z., & Mamat, M. (2011, May). Effects of Parenting Sryle on Children Development. Worls Journal of Sciences, 1, 14-35. Tamis-LeMonda, C., & Rodriguez, E. (2009, november). Parents’ Role in Fostering Young Children’s Learning and Language Development. Encyclopedia on Early Childhood Development. Tiel, J. M. (2009). Permasalahan Deteksi dan Penanganan Anak Cerdas Istimewa Dengan Gangguan Perkembangan Bicara dan Bahasa Ekspresif (Gifted Visual-spatial Learner). Psikobuana, 1, 128-146. Vallotton, C., Mastrgeorge, A., Foster, T., Decker, K. B., & Ayoub, C. (2017). Parenting Supports for Erly Vocabulary Development: Specific Effects of Sensitivity and Stimulation Through Infancy. HHS Public Access, 22, 78-107. Wigati, D., Tamtomo, D., & Dewi, Y. L. (2016). The Relationship Between Parenting Style, Development Stimulation, and Gross Motoric and Language Ability in Children Under Five. Indonesian Journal of Medicine, 1, 169-174. Wijayaningsih, L. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua dalam Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Speech Delay. Satya Widya, 34, 151-159. Zubaidah, E. (n.d.). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Universitas Negeri Yogyakarta. Anggraini, W. (2011). keterlambatan bicara (speech delay) pada anak (studi kasus anak usia 5 tahun). Skripsi strata satu, Universitas Negeri Semarang,Semarang. Anisafitri. (2013). hubungan pola menonton televisi dengan keterlambatan bicara. Karya Tulis Ilmiah strata satu,Universitas Diponegoro,Semarang. Astuti, D., Irenaningtyas, & Wulan, R. (2014). perbedaan penguasaan kosakata anak prasekolah. Jurnal Psikologi 31.2, 92-102.

Berkman, N. D., Wallace, et al (2015). Screening for Speech and Language Delay in Children 5 Years Old and Younger: A Systematic Review. Rockville (MD): Agency for Healthcare Research and Quality (US) Evidence Syntheses, No. 120. Judarwanto Widodo. Keterlambatan bicara-speech delay. 2008. Available from: http://www.keterlambatan-bicara.blogspot.com Baumrind, D. (1989). Rearing competent children. In W. Damon (Ed.), Child development today and tomorrow (pp. 349-378). San Francisco: Jossey-Bass. Papalia, D.E., Old, S. W., & Duskin, R. (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana. Soetjiningsih, windiani, T., & Beyeng, R. (2012). Prevalensi Dan Karakteristik Keterlambatan Bicara Pada Anak Prasekolah Di Tpa Werdhi Kumara I Dengan Early Language. Jurnal Ilmu Kesehatan Anak, No.1. Tarigan. (2008). membaca (sebagai suatu keterampilan berbahasa). Bandung: Angkasa.

Published
2020-06-25