EFEKTIVITAS TOKEN ECONOMY SEBAGAI POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN RESPON PEMAHAMAN PADA SISWA DENGAN KESULITAN BELAJAR SPESIFIK DISKALKULIA

  • Niken Titi Pratitis Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabay
  • Adnani Budi Utami Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabay
  • Sabella Sachariza Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

This research focuses on handling students with specific learning difficulties with the approach of positive reinforcement in the form of token economy. This study used a one group pre-test-post-test design experimental method with the subject of this study being elementary students who were indicated to have specific learning difficulties with dyscalculia. Data is collected through assessments in the form of observations, interviews and significant others, intelligence tests and learning style tests. The data obtained is then used as a basis for providing treatment or intervention for students with specific learning difficulties in the discussion. The results after the intervention showed that there were significant differences between the first week of observation to the third week. These results illustrate that student understanding increases significantly after giving a token economy. In conclusion, token economy is effective in increasing students' understanding of dyscalculatic disorders, so the research hypothesis is accepted.

Penelitian ini berfokus pada penanganan siswa berkesulitan belajar spesifik diskalkulia dengan pendekatan positive reinforcement berupa token economy. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen one group pre test – post test design dengan subyek penelitian ini adalah siswa SD yang terindikasi mengalami kesulitan belajar spesifik diskalkulia. Data dikumpulkan melalui asesmen berupa observasi, wawancara dan significant other, tes intelegensi serta tes gaya belajar. Data yang diperoleh tersebut kemudian dijadikan landasan untuk memberikan perlakuan atau intervensi pada siswa dengan kesulitan belajar spesifik diskalkulia. Hasil setelah intervensi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara minggu pertama pengamatan sampai dengan minggu ketiga. Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa pemahaman siswa meningkat secara signifikan setelah pemberian token economy. Kesimpulannya, token economy efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dengan gangguan diskalkulia, sehingga hipotesis penelitian diterima. Kata Kunci:   Diskalkulia, Positive Reinforcement, Token Economy

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’isah, A., Widodo, P.B., & Setyawan, I. (2010). Pengaruh Penerapan Metode Modifikasi Perilaku Token Economy Terhadap Regulasi Diri Siswa Peserta Mata Pelajaran Matematika (Studi Eksperimental Pada Siswa Kelas V SDN Srondol 02 Banyumanik). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang. Amerudin, Ariyati, A., & Nurdini, A. (2013). Deskripsi Kesulitan Belajar dan Faktor Penyebabnya pada Materi Fungi di SMA Islam Bawari Pontianak dan Upaya Perbaikannya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. Diunduh 20 Februari 2019 dari https:// www.neliti.com/publications/215242/deskripsi-kesulitan-belajar-danfaktor-penyebabnya-pada-materi-fungi-di-sma-isla Eysenck, H. J. et al. (eds.). (1987). Theoretical Foundations of Behavior Therapy. New York : © Springer Science+Business Media. Garry, M. (1999). Behavior Modification: What It Is and How to Do It. (6th ed.) Upper Saddle River, New Jersey: Prentice-Hall Hamalik, O. (2002). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo. Hasanah, N.(2013). Terapi Token Ekonomi untuk Mengubah Perilaku Lekat di Sekolah. Jurnal Humanitas, 10(1), 1-18. Diunduh 23 Januari 2019 dari https://media.neliti.com/media/ pu-blications/24582-ID-terapi-token-ekonomi-untukmengubah-perilaku-lekat-di-sekolah.pdf Higgins, J.W., Williams, R.L., & McLaughlin, T.F. (2001). The Effects of a Token Economy Employing Instructional Consequences for a Third-Grade Student with Learning Disabilities: A Data-Based Case Study. Journal of Education & Treatment of Children, 24(1). Diunduh 5 Maret 2019 dari https://go.galegroup.com/ps/anonymous?id=GALE% 7CA 79855722&sid=googleScholar&v=2.1&it=r&linkaccess=abs&issn=07488491&p=AONE &sw=w Idris, R. (2009). Mengatasi Kesulitan Belajar dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Jurnal Lentera Pendidikan, 12(2), 152-172. Diunduh 10 Januari 2018 dari http://103.55.216.55/ index.php/lentera_pendidikan/article/view/3798/3470 Jenson, W. R., Sloane, H., & Young, R. (1988). Token economies. Applied behavior analysis in education: A structured teaching approach. New York: Prentice Hall

Kaufmann, L., Handl, P. & Thöny, B. (2003) Evaluation of a Numeracy Intervention Program Focusing on Basic Numerical Knowledge and Conceptual Knowledge: A Pilot Study. Journal of Learning Disabilities, 36, 564-573. Diunduh 6 Januari 2019 dari http://dx.doi.org/10.1177/00222194030360060701 Yuliana, F. (2017). Anak Dengan Kesulitan Belajar Spesifik Diskalkulia dan Dispraksia. Artikel Berita Madani. Diunduh pada 10 April 2019 dari https:// beritamadani.co.id/ 2016/10/22/anak-dengan-kesulitan-belajar-spesifik-diskalkulia-dan-dispraksia/ Purwanto, N. (1997). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Sa’adati, T.I. (2015). Intervensi Psikologis pada Siswa dengan Kesulitan Belajar (Disleksia, Disgrafia dan Diskalkulia). Jurnal Intervensi Siswa, 20(1). ISSN : 1693 – 6922 Santrock, J. W. (2011). Life Span Development. 13th Edition. Chapter 2. McGraw Hill. New York. ISBN-13 : 978-0-07-353209 Satrianawati. (2014). Strategi Pembelajaran bagi Anak Diskalkulia. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY : Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar ketika Murid Anda seorang Disleksia. Diunduh 6 Februari 2019 dari http://repository.upy.ac.id/416/ Shalev, R.S, Manor, O & Gross-Tsur, V. (2005). Developmental dyscalculia: a prospective six-year follow-up. Journal of Developmental Medicine and Child Neurology, 47(2). Diunduh 12 Januari 2019 dari https://www.cambridge.org/ core/journals/developmental-medicine-and-child-neurology/article/developmen-taldyscalculia-a-prospective-sixyear-followup/ Solek, P. (2012). Mengenal Kesulitan Belajar dan Kesulitan Belajar Spesifik. Prosiding Seminar Nasional PGSD UPY: Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar ketika Murid Anda Seorang Disleksia. Diunduh 6 Februari 2019 dari http:// repository.upy.ac.id/414/ Suryani. (2010). Kesulitan Belajar. Jurnal Magistra (73), 33-47. ISSN: 0215-9511 Sudjana, N. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya Temple, C. M. (1991). Procedural dyscalculia and number fact dyscalculia: double dissociation in developmental dyscalculia. Journal of Cognitive Neuro-psychology, 8, 155-176. Diunduh 17 Februari 2019 dari https://www. tandfonline.com/doi/abs/10.1080/ 02643299108253370 Thorndike, E.L.(1911). Provisional laws of acquired behavior or learning. In E.L. Thorndike's Animal Intelligence. New York, The McMillian Company. Walker, H. M., & Buckley, N. (1974). Token reinforcement techniques. Eugene, OR: E-B Press. __________. (2013). Langkah langkah Melakukan Token Ekonomi. Artikel. Diunduh 20 Maret 2019 dari http://www.psikologizone.com/token-ekonomi-dalam-modifikasiperilaku/ 06511996 Mawaddah, S. & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76 - 85

Published
2020-06-25