PERSEPSI MENGENAI INKLUSI & PERILAKU PROSOSIAL SISWA REGULER DI SEKOLAH INKLUSI

  • Adrian Wahyu Dwi Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Isrida Yul Arifiana Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Suroso Suroso Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

This study discusses the relationship between perceptions of inclusion and prosocial research in regular students. The subjects of this study were regular students in inclusive schools. Data collection is done using a scale of perception about inclusion and the scale of prosocial behavior. The data analysis method used is the product moment detection technique from Pearson. The results of data analysis show the correlation coefficient between the perception variables towards inclusion and this prosocial behavior variable is 0.683 at the significance level (p) = 0,000. (p <0.01). These results indicate a very significant relationship between perceptions of inclusion and social policy in regular students in inclusive schools. With a percentage of 46.6% of the percentage of interactions with perceptions of inclusion in students, while 53.4% were used by other variables.

Kata Kunci:   Perception of Inclusion, Prosocial Behavior, Inclusive Education

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara persepsi mengenai inklusi dengan perilaku prososial pada siswa reguler. Subjek penelitian ini adalah siswa regular di sekolah inklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala persepsi mengenai inklusi dan skala perilaku prososial. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment dari Pearson. Hasil analisis data menunjukan besarnya koefisien korelasi antara variabel persepsi mengenai inklusi dengan variabel perilaku prososial ini sebesar 0,683 pada taraf signifiknsi (p) = 0,000. (p<0,01). Hasil tersebut menunjukan bahwa adanya hubungan yang sangat signifikan antara persepsi mengenai inklusi dengan perilaku prososial pada siswa regular di sekolah inklusi. Prosentase 46,6% dari perilaku prososial disebabkan oleh persepsi mengenai inklusi pada siswa, sedangkan 53,4% dipengaruhi oleh variabel lain.

Kata Kunci:   Persepsi Inklusi, Perilaku Prososial, Pendidikan Inklusi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, Rima Rizki (2013). Persepsi Orangtua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Deskriptif Kuantitatif di SDLB N.20 Nan Balimo Kota Solok). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus (Jupheku) Vol 2, No 1 (2013)

Dayakisni, T., & Hudaniah. (2003). Psikologi Sosial. Malang:UMM

Faroqi, Darul (2015) Model Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Smk Negeri 1 Sidoarjo. Undergraduate Thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

Hadi, Sutrisno. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Mumpuniarti, Arum Bakti, Fathurrahman, dan Sukinah. (2012) Model Pendidikan Nilai Sebagai Pembinaan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Inklusi. Universitas Negeri Yogyakarta

Munfaridz, Ibnu (2016). Perbedaan Perilaku Prososial Terhadap Suku Lain Antara Suku Jawa dan Suku Bugis. Other thesis, Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Sabiq, Zamzami dan Djalali, As’ad. (2012). “Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Prososial Santri Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Pamekasan” Jurnal Psikologi Indonesia, Vol. 1, No. 2, hal 53-65

Saputra, Angga (2016). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Inklusif. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol. 1 No. 3 September 2016.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tiara, Puspitarini (2012) Manajemen Pembinaan Kurikuler Peserta Didik Di Sekolah Inklusi Sd Negeri Gejayan Tahun Ajaran 2011/2012. Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Tina, Riska Via Andis (2012). Hubungan antara kedemokratisan pola asuh dengan perilaku prososial mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Umayah, Azmi Nisrina, et al (2017). Pengaruh Empati Emosional Terhadap Perilaku Prososial Yang Dimoderasi Oleh Jenis Kelamin Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Sosial 2017, Vol. 15, No. 02, 72-83. Doi: 10.7454/jps.2017.7

Hambali. (2016). Sering Di-Bully, Siswa Berkebutuhan Khusus Dikeluarkan dari Sekolah. (Internet). Tersedia di: https://news.okezone.com/read/2016 /05/09/338/1383995/sering-di-bully-siswa-berkebutuhan-khusus-dikeluarkan-dari-sekolah

Published
2020-06-25