Prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang menjalani perkuliahan daring: Bagaimana peranan efikasi diri?

  • Naufal Purnomo Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru No.45 Surabaya
  • Suroso Suroso Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru No.45 Surabaya
  • Isrida Yul Arifiana Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru No.45 Surabaya
Keywords: Efikasi Diri, Prokastinasi Akademik, Kuliah Daring

Abstract

This research was conducted to determine the relationship between self-efficacy and academic procrastination in students undergoing online lectures. This research is included in correlational research. The population in this study were all students from various departments and were still actively studying at 17 August 1945 University Surabaya. The sampling technique used was Non Probability sampling with incidental sampling type. The collection of data sources in this study used the Self-Efficacy scale and the Academic Procrastination scale. Data analysis in this study used statistical parametric techniques, namely product moment correlation test by testing self-efficacy variables and academic procrastination variables using IBM SPSS 16.0 for windows. Based on the results of data analysis using the product moment correlation test, it can be seen that the correlation coefficient value obtained is -0.624 with a significant value of 0.000 or <0.01 is very significant, thus it can be concluded that there is a negative or very significant relationship between the self-efficacy variables. with the academic procrastination variable, in other words, the higher the level of self-efficacy, the lower the level of academic procrastination. Vice versa, the lower the level of self-efficacy, the higher the level of academic procrastination.

Keywords: Self-Efficacy, Academic Procrastination, Online Learning

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Efikasi diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Menjalani perkuliahan Daring. Penelitian ini termasuk dalam penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa dari berbagai jurusan dan masih aktif menempuh pelajaran di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non Probability sampling dengan jenis insidental sampling. Pengumpulan sumber data dalam penelitian ini menggunakan skala Efikasi Diri dan skala Prokrastinasi Akademik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik statistic parametric yaitu uji korelasi product moment dengan menguji variabel efikasi diri dan variabel prokrastinasi akademik dengan menggunakan SPSS 16.0 IBM for windows. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji korelasi product moment maka dapat diketahui bahwa nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar -0,624 dengan nilai signifikan 0,000 atau <0,01 sangat signifikan, dengan demikian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan negatif atau sangat signifikan antara variabel efikasi diri dengan variabel prokrastinasi akademik, dengan kata lain semakin tinggi tingkat efikasi diri maka akan semakin rendah tingkat prokrastinasi akademik. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah tingkat efikasi diri maka akan semakin tinggi tingkat prokrastinasi akademik.

Kata Kunci: Efikasi Diri, Prokastinasi Akademik, Kuliah Daring



Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, M., Arief, Y., & Hidayat, A. (2019). Hubungan Antara Kedisiplinan Melaksanakan Shalat Wajib Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau. An-Nafs, 13(01), 44-54.

Anwar, A. I. D. (2009). Hubungan antara self-efficacy dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa fakultas psikologi Universitas Sumatera Utara.

Anwar, M. N. (2009). Note For Editor: Self-Efficacy Of Formally and Non-Formally Trained Public Sector Teachers. Turkish Online Journal of Distance Education, 10(3), 9-22.

Azizah, N., & Kardiyem, K. (2020). Pengaruh Perfeksionisme, Konformitas, dan Media Sosial Terhadap Prokrastinasi Akademik dengan Academic Hardiness Sebagai Variabel Moderasi. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 119-132.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Burhani, I. I., & Kumaidi, M. A. (2016). Pemaknaan prokrastinasi akademik pada mahasiswa semester akhir di Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Burka, J. B & Yuen, L. M. (2008). Procrastination: Why you Do It, What To Do About It. New York: Persus Books.

Ferrari, Joseph R., Johnson, J. & McCown, W. 1995. Procrastination and Task Avoidance. New York, USA: Plenum Press.

Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2012). Teori-Teori Psikologi Cetakan III. Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Hadi, S. (2000). Statistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Handayani, S. W. R. I. (2012). Konsep diri, stres, dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2).

Hapsari, E. W. (2016). Self Efficacy Pengerjaan Skripsi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. EXPERIENTIA: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(2), 75-84.

Hapsari, E. W. (2016). Self Efficacy Pengerjaan Skripsi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. EXPERIENTIA: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(2), 75-84.

Hapsari, E. W. (2016). Self Efficacy Pengerjaan Skripsi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. EXPERIENTIA: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(2), 75-84.

Harahap, A. C. P. (2020). Covid 19: Self Regulated Learning Mahasiswa. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 10(1).

Hardy, Malcolm & Steve Heyes. Beginning Psycology Second Edition,diterjemahkan oleh Soenardji.1985. Beginning Psychology Second Edition. Jakarta : Erlangga.

Irfan, M., & Suprapti, V. (2014). Hubungan self-efficacy dengan penyesuaian diri terhadap perguruan tinggi pada mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 3(3), 172-178.

Jaenudin, U. (2015). Dinamika Kepribadian (Psikodinamik). Bandung: Penerbit CV Pustaka Setia.

Jaenudin, U., & Hambali, A. (2015). Teori-Teori Kepribadian. Bandung: Pustaka Setia.

Khotimah, R. H., Radjah, C. L., & Handarini, D. M. (2016). Hubungan antara konsep diri akademik, efikasi diri akademik, harga diri dan prokrastinasi akademik pada siswa SMP negeri di kota malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(2), 60-67

Kirana, A. (2011). Hubungan antara Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.Skripsi. Tidak Diterbitkan.Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kirana, A., Mordiningsih. (2010). Studi Korelasi Efikasi dan Dukungan Sosial dengan Prestasi Akademik : Telaah pada Siswa Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi. Vol 12 No1,Mei 2010 : 47-54.

Kumalasari,N.(2015). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Perilaku Menyontek.Skripsi. Tidak Diterbitkan.Surakarta:Univeristas Muhammadiyah Surakarta.

Lubis, I. S. L. (2018). Hubungan Regulasi Diri dalam Belajar dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Diversita, 4(2), 90-98.

Lubis, I. S. L. (2018). Hubungan Regulasi Diri dalam Belajar dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Diversita, 4(2), 90-98.).

Lusiana, D., & Setyaningsih, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Think Talk Write Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Dan Self Efficacy Siswa. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 4(2), 23-36.

Maryati, I. (2008). Hubungan Kecerdasan Emosi dan Keyakinan Diri (Self-Efficacy) dengan Kreatifitas pada Siswa Akselerasi. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rulita, D., & Andayani, E. (2017). Peer Review: Pengaruh Manajemen Keuangan Pribadi dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi.

Salim Nahdi, D. (2018). Eksperimentasi Model Problem Based Learning Dan Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1).

Sandra, K. I. (2013). Manajemen waktu, efikasi-diri dan prokrastinasi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3).

Sandra, K. I. (2013). Manajemen waktu, efikasi-diri dan prokrastinasi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3).

Sandra, K. I. (2013). Manajemen waktu, efikasi-diri dan prokrastinasi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3).

Sari, A., & Sumiati, A. (2016). Hubungan antara dukungan sosial dengan efikasi diri pada siswa kelas X akuntansi di SMK Bina Pangudi Luhur Jakarta. Jurnal Ilmiah Econosains, 14(2), 16-25.

Sari, B., & Rahayu, M. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kebutuhan Akan Prestasi dan Efikasi Diri terhadap Intensi Berwirausaha Siswa SMA Muhammadiyah I Jakarta. Ikra-Ith Ekonomika, 2(1), 22-31.

Sari, K., & Ayu, C. Efikasi Diri, Dukungan Sosial Dan Resiliensi. Nusantara of Research, 4(01), 154658.

Schunk, D. H., & Pajares, F. (2009). Self-efficacy theory. Handbook of motivation at school, 35-53.

Stajkovic, A. D., Bandura, A., Locke, E. A., Lee, D., & Sergent, K. (2018). Test of three conceptual models of influence of the big five personality traits and self-efficacy on academic performance: A meta-analytic path-analysis. Personality and individual differences, 120, 238-245.

Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological bulletin, 133(1), 65.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati, M. (2016). Hubungan Self Efficacy Dengan Stres Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Surijah, E. A., & Tjundjing, S. (2007). Mahasiswa versus tugas: prokrastinasi akademik dan conscientiousness. Anima, Indonesian Psychological Journal, 22(4), 352-374.

Tentama, F., & Paputungan, T. H. (2019). Entrepreneurial Intention of Students Reviewed from Self-Efficacy and Family Support in Vocational High School. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(3), 557-562.

Titus, L. (2018). Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif Terhadap Efikasi Diri Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Triana, K. D. L. (2017). Manajemen Stres Kerja Perawat Pelaksana: Dihubungkan Dengan Self-Management, Self-Efficacy, Dan Beban Kerja Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit. Bimiki (Berkala Ilmiah Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia), 5(2), 29-36.

Wulandari, S. (2013). Pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1).

Zusya, A. R., & Akmal, S. Z. (2016). Hubungan self efficacy akademik dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 191-200..

Published
2021-06-30