Motivasi berprestasi pada atlet judo di surabaya: Bagaimana peranan self-efficacy?

  • Yuriko Paramita Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru No.45 Surabaya
  • Niken Titi Pratitis Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru No.45 Surabaya
  • Mamang Efendy Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru No.45 Surabaya
Keywords: motivasi berprestasi, self-efficacy

Abstract

The research was to understand the correlation between self-efficacy and achievement motivation in Surabaya judo athletes. The hypothesis in this study is that there is a positive relationship between self-efficacy and achievement motivation in Surabaya judo athletes. The method in this research is correlational quantitative research using quota sampling technique. The subjects in this study were 60 Judo athletes in Surabaya. The data collection instrument in this study used a Likert scale. The research of this study indicate that there is a positive and significant relationship between self-efficacy and achievement motivation in Surabaya judo athletes.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy  terhadap motivasi berprestasi atlet judo Surabaya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara self-efficacy terhadap motivasi berprestasi pada atlet judo Surabaya. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik quota sampling. Subyek dalam penelitian ini adalah 60 atlet Judo di Surabaya. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakn skala likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy dengan motivasi berprestasi pada atlet judo Surabaya.


Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanto, C. A. (2007). Motivasi berprestasi pada atlit pencak silat pelajar tingkat sma / k di kota yogyakarta Ariyanto. Humanitas, 4, 103–109.

Ewing, S. A., Panciera, R. J., Mathew, J. S., Novelli, F. Z., Biológica, R., Bocas, D., Estadual, I., Hídricos, R., Rod, I., Gazeta, G. S., Carvalho, R. W., Avelar, R. F., Amorim, M., Aboud-Dutra, A. E., Barreto, C. G., Campos, J. B., Roberto, D. M. D. M., Roberto, D. M. D. M., Schwarzstein, N. T., … Aguiar, D. M. (2013). Emerging infectious diseases, 4(1), 1–7.

Farihah, Salwa. (2012). hubungan antara efikasi diri dengan motivasi berprestasi pada siswa SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta. jurnal UNY

Gao, Z., Lochbaum, M., & Podlog, L. (2011). Self-efficacy as a mediator of children’s achievement motivation and in-class physical activity. Perceptual and Motor Skills, 113(3), 969–981.

Kurniawan, A. W. (2014). Pengembangan pembelajaran judo teknik bantingan kyu 4 dengan media vcd untuk pejudo pjsi (Persatuan Judo Seluruh Indonesia). hotel horison ultima jl green boulevard,65125(2), 25–37.

Mayasari, T. W. A. (2016). Hubungan antara kedisiplinan dan dukungan sosial orang tua dengan motivasi berprestasi siswa. Social Work Research Abstracts, 27(1), 1–11.

Motivasi, H., Tingkat, D., Sekolah, P. S., Atas, M., Cabang, D., & Judo, O. (1882). Moch. Dzikri Fatan, 2016 Hubungan motivasi dengan tingkat partisipasi siswa-siswi sekolah menengah atas dalam cabang olahraga judo universitas pendidikan indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 1–6.

Mózo, B. S. (2017). Journal of chemical information and modeling, 53(9), 1689–1699.

Prabadewi, K. D. L., & Widiasavitri, P. N. (2014). Hubungan konsep diri akademik dengan motivasi berprestasi pada remaja awal yang tinggal di panti asuhan di denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 261–270.

Purwanto, E. (2014). Model motivasi trisula: sintesis baru teori motivasi berprestasi. Jurnal Psikologi, 41(2), 218.

Putri, E. P. (2014). Hubungan dukungan sosial orang tua, pelatih, dan teman dengan motivasi berprestasi akademik dan motivasi berprestasi olahraga (basket) pada mahasiswa atlet basket universitas surabaya. Jurnal Ilmiah Universitas Surabaya, 3(1), 1–11.

Schunk, D. H. (2003). Self-efficacy for reading and writing: Influence of modeling, goal setting, and self-evaluation. Reading and Writing Quarterly, 19(2), 159–172.

Situmorang, D. D. B. (2016). Hubungan antara potensi kreativitas dan motivasi berprestasi mahasiswa program studi bimbingan dan konseling angkatan 2010 fkip unika atma jaya. jbki (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia),1(1), 6.

Sri I. N. (2017). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi berprestasi mahasiswa prodi manajemen pendidikan islam fakultas tarbiyah dan keguruan uin raden intan lampung.jurnal kependidikan islam,VII(II), 1–17.

Wahyuni, S. (2013). Hubungan efikasi diri dan regulasi emosi dengan motivasi berprestasi pada siswa SMK Negeri 1 Samarinda. Jurnal Psikologi, 1(1), 88–95.

Wardani, K. A., Iswinarti, I., & Karmiyati, D. (2019). Peran efikasi diri dalam memediasi hubungan antara keterlibatan orang tua dan motivasi berprestasi. Mediapsi, 5(2), 74–87.

Wigfield, A., Eccles, J. S., Fredricks, J. A., Simpkins, S., Roeser, R. W., & Schiefele, U. (2015). Development of achievement motivation and engagement. in Handbook of Child Psychology and Developmental Science (Issue April 2016).

https://www.materiolahraga.com/2018/10/sejarah-judo-di-indonesia.

https://www.tribunolahraga.com/2019/05/03/beladiri/menurut-data-ijc-statistik-perkembangan-judo-di-indonesia-menyedihkan.

https://radarsurabaya.jawapos.com/read/2019/07/11/145527/cabor-judo-surabaya-dominasi-perolehan-medali.

http://edukasi.kompas.com.dki-Jakarta-raih-juara-umum-pekan-olah-raga-mahasiswa-nasional-2019.

http://mediapelangi.com/wabub-sanjaya-berikan-motivasi-atlet-judo/, 4september2019.

http://www/repository.upi.edu/30253/,2017

Published
2021-06-30