Perilaku prososial masyarakat kota surabaya dimasa pandemi covid 19: Bagaimana peran kecerdasan emosi?
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku prososial masyarakat Kota Surabaya dimasa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian korelasional. Subyek Penelitian sebanyak 235 masyarakat Kelurahan Sambikerep Kota Surabaya. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Insidental Sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner secara online menggunakan google form dengan menggunakan skala Likert untuk mengukur hubungan antara kecerdasan emosi dan perilaku prososial. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Korelasi Product Moment Pearson. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan perilaku prososial atau dengan kata lain, semakin tinggi kecerdasan emosi yang dimiliki, maka semakin tinggi pula perilaku prososial yang akan dimunculkaDownloads
References
Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Baron, R. A., & Bryne, D. (2005). Psikologi Sosial (Ed.10). Jakarta: Erlangga.
Buana, R. D. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi
Covid-19 dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Sosial Dan Budaya, Fakultas Syariah
Dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, 53(9), 1689–
Retrieved from file:///C:/Users/User/Downloads/fvm939e.pdf
Dayakisni, T., & Hudaniah. (2009). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.
Dianita, S., Triyono, & Arifin, I. (2020). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Perilaku
Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan,
(9), 1277–1283.
Eisenberg, N., & Mussen, P. H. (1989). The Roots of Prosocial Behavior in Children. United
Kingdom: Cambridge University.
Goleman. (2002). Kecerdasan Emosional untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
Goleman. (2007). Social Intelligence (1st ed.). Jakarta Sagung Seto.
Goleman. (2012). Emotional intelligence.
Iwan Hermawan,S.Ag., M. P. . (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan ( Kualitatif,
Kuantitatif dan Mixed Method ). Karawang: Hidayatul Quran Kuningan.
Masela. (2019). PENGARUH ANTARA KONSEP DIRI DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP
PERILAKU PROSOSIAL PADA REMAJA. Fakultas Psikologi, Universitas Wisnuwardhana
Malang, 23, 214–224. Retrieved from www.journal.uta45jakarta.ac.id
Noya. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosi Dan Perilaku Prososial. Jurnal Penelitian Dan
Pengembangan Pendidikandan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 28–34. Retrieved
from http://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/25
Pranita, E. (2020). Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia dari Januari.
Scorsinni, C., Manurung, Y. S., & Pasaribu, J. C. (2020). Perilaku Prososial ditinjau dari
Kecerdasan Emosional Pada Siswa Kelas X SMA Swasta Sultan Iskandar Muda Prosocial
Behavior Reviewed From Emotional Intelligence Of Tenth Grade Students In Sultan
Iskandar Muda High School Medan memenuhi kebutuhannya sendir. Jurnal Penelitian
Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(3), 232–239.
Staub, E. (1978). Positive Sosial Behavior and Morality Sosial and Personal Influence. New
York: academic press, inc.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: alfabeta.
Utomo, A. P. (2020). Virus Corona Diperkirakan Muncul di Wuhan sejak Agustus 2019.
Wikanto. (2021). WHO rilis penyelidikan asal-usul virus corona penyebab Covid-19, ada 4
Kemungkinan.