Penyesuaian diri pada mahasiswa baru: Bagaimana peran efikasi diri dan dukungan sosial ?

  • Azizah Ghina Nuraini Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru No.45 Surabaya
  • Amanda Pasca Rini Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru No.45 Surabaya
  • Nindia Pratitis Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru No.45 Surabaya
Keywords: Dukungan Sosial, Efikasi Diri, Mahasiswa, Penyesuaian Diri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara efikasi diri dan dukungan social dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 152 mahasiswa semester 2 Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang dipilih melalui teknik random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner secara online menggunakan google form dengan menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi ganda. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan penyesuaian diri pada mahasiswa. Kemudian terdapat hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan penyesuaian diri. Sementara itu, terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri. Semakin tinggi efikasi diri dan dukungan sosial yang didapat oleh mahasiswa maka semakin tinggi penyesuaian diri mereka dalam menghadapai lingkungan yang baru. Sehingga, ketiga hipotesis yang diajukan dapat diterima. Sumbangan efektif dalam penelitian ini sebesar 0.381. Artinya efikasi diri dan dukungan sosial memiliki pengaruh 38,1% terhadap penyesuaian diri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bandura, A. (1997). Self efficacy: The exercise of control. Freeman and Company.

https://www.worldcat.org/title/self-efficacy-the-exercise-of-control/oclc/36074515

Desmita, D. (2009). Psikologi perkembangan peserta didik “panduan bagi orang tua dan guru

dalam memahami psikologi anak”. PT.RemajaRosdakarya.

https://onesearch.id/Record/IOS2875.slims-39161

Hurlock, E. B. (1997). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan

(Edisi5).Erlangga.

http://www.library.usd.ac.id/web/index.php?pilih=search&p=1&q=0000017753&go=Detail

Indrawati, E. S., & Fauziah, N. (2012). Attachment dan penyesuaian diri dalam perkawinan.

Jurnal Psikologi Undip, 11(1), 40–49.

https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/5147

Irfan, M., & Suprapti, V. (2014). Hubungan self-efficacy dengan penyesuaian diri terhadap

perguruan tinggi pada mahasiswa baru fakultas. JuURNALPsikologi Pendidikan Dan

Perkembangan, 3(3), 172–178. http://www.journal.unair.ac.id/download-fullpapersjppp47cf73fd802full.pdf

Karademas, E. C. (2006). Self-efficacy, social support and well-being. the mediating role of

optimism. Journal of Personality and Individual Differences, 40(6), 1281–1290.

https://doi.org.1016/j.paid.2005.10.019

Kumalasari, F., & Ahyani, L. N. (2012). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian

diri remaja di Panti Asuhan Latifah Nur Ahyani. Psikologi Pitutur, 1(1).

https://jurnal.umk.ac.id/index.php/PSI/article/view/33

Misnita, H. (2016). Hubungan self-efficacy dan dukungan sosial dengan penyesuaian diri

mahasiswa sekolah tinggi ilmu kesehatan Widya Husada Medan.

Jurnal Ilmiah Kebidanan IMELDA, 2(2), 94–101.

https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALKEBIDANAN/article/view/117

Mu’tadin, Z. (2002). Penyesuaian diri remaja. Erlangga.

https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=7Kkt0MEAAAAJ

&citation_for_view=7Kkt0MEAAAAJ:d1gkVwhDpl0C

Pamardi, H. B., & Widayat. (2014). Hubungan antara self efficacy dengan penyesuaian Ddri pada

Taruna Akademi Angkatan Laut. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 3(1), 42– 49.

http://journal.unair.ac.id/downloadfull/JPPP7409-c8c69f742efullabstract.pdf

Rovika, H. (2021). Hubungan dukungan sosial dengan penyesuaian diri dalam menjalankanmetode

pembelajaran daring/online di masa pandemi Covid-19 pada mahasiswa baru UIN Ar-Raniry

Banda Aceh asal Simeulue [Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh].

https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16015/1/Herni Rovika%2C 160901095%2C FIP%2C

IP%2C 082237748417.pdf

Santrock, J. W. (2002). Life-span Development (W. C. Kristiaji & Y. Sumiharti (eds.); Jilid 2).

Erlangga. https://library.ui.ac.id/detail?id=20113233

Santrock, J. W. (2010). Life-span Development 13th ed. McGraq-Hill.

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology (5th edition). McGraq-Hill.

https://onesearch.id/Record/IOS4338.ai:slims-13616

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2008). Health psychologi biopsychosocil interactions (7 th editi).

John WIlay & Sons, Inc. https://ultimatecieguide.files.wordpress.com/2017/03/sarafinohealth- psychology-biopsychosocial-interactions-edition-7.pdf

Sasmita, I. A. G. H. D., & Rustika, I. M. (2015). Peran efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya

terhadap penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama program studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 280–289.

https://doi.org/10.24843/jpu.2015.v02.i02.p16

Sharma, B. (2012). Adjustment and emotional maturity among first year college students.

Pakistan Journal of Social and Clinical Psychology, 10(2), 32–37.

https://www.academia.edu/25713187/Adjustment_and_Emotional_MaturityAmong_First_Y

ea r_College_Students

Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2000). Social Psychology (ed 10). Prentice-Hall.

https://www.scirp.org/(S(351jmbntvnsjt1aadkposzje))/reference/ReferencesPapers.aspx?Re

fer enceID=243148

Published
2021-12-28