Kepercayaan diri dan konformitas dengan perilaku konsumtif pada wanita karir
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan kepercayaan diri dan konformitas dengan perilaku konsumtif pada wanita karir. Responden penelitian ini adalah wanita karir yang sudah bekerja di daerah Dharmahusada kota Surabaya sebanyak 200 subjek. Penelitian dilakukan dengan penyebaran skala dengan nonprobablity sampling pada. Teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel kepercayaan diri, konformitas dan perilaku konsumtif adalah teknik Regresi Linear Berganda (Mutiple) dengan parametrik statistik. Hasil penelitian membuktikan (1) Ada hubungan signifikan antara kepercayaan diri dan konformitas dengan perilaku konsumtif pada wanita karir (Rxy= 0,439, R2= 0,192, p = 0.004); (2) Ada hubungan negatif antara kepercayaan diri dengan perilaku konsumtif pada wanita karir pada taraf signifikan (beta = -0.625, t = -0,169, p = 0.048); (3) ada hubungan positive dan signifkan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada wanita karir (beta = 0.646, t = 2.767, p = 0.008). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang kedua ditolak dan hipotesis yang pertama dan ketiga diterima.Downloads
References
Aji dkk. (2012). Hubungan antara kepercayaan diri dan konformitas dengan perilaku
konsumtif pada mahasiswa. Psikostudia Universitas Mulawarman, 1(1).
Amelia, D. (2019). Pengaruh big-five personality , konformitas, dan faktor demografi
terhadap perilaku pembelian impulsif dalam berbelanja online pada wanita.
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2017). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan
Perilaku Konsumtif pada Remaja. GADJAH MADA JOURNAL OF PSYCHOLOGY, 3(3), 131–
Anshorullah. (2010). Wanita Karier Dalam Pandagan Islam (pertama). CV. Mitra Media
Pustaka,.
Aulia, R., & Hasanah, N. (2020). UBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA
DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI KELAS VII MTS BUDAYA LANGKAT TAHUN
PELAJARAN 2019/2020. Serunai Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 22–26.
Fitria, E. M. (2015). DAMPAK ONLINE SHOP DI INSTAGRAM DALAM SHOPAHOLIC DI
SAMARINDA. Lmu Komunikasi, 1(3).
Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan
perilaku konsumtif pada mahasiswa di genuk indah semarang. Jurnal Psikologi Undip,
(1), 55–68.
Jayanti, S. (2003). Wanita, Karier, dan Keluarga.
http://www.balipos.com/balipostcetak/2006/6/16/b7.htm
Lovihan, M. A. K., & Kaunang, R. O. W. (2010). PERBEDAAN PERILAKU ASERTIF PADA
WANITA KARIR YANG SUDAH MENIKAH DENGAN YANG BELUM MENIKAH DI
MINAHASA. Inovasi, 7(4), 240–25.
Meiyuntari, E. S. dan T. (2015). Konsep Diri, Konformitas dan Perilaku Konsumtif pada
Remaja. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 4(02), 145–152.
Miranda, S. (2017). PENGARUH INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA ONLINE SHOPPING
FASHION TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI FAKULTAS ILMU SOSIAL
DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS RIAU. JOM FISIP, 4(1), 1–15.
Ningsih, R. A. A. S., & Bawono, Y. (2016). Hubungan Antara Perilaku Konsumtif Pada
Produk X Dengan Citra Diri Remaja Putri. Jurnal Mediapsi, 2(1), 45–50.
Patricia, N. L., & Handayani, S. (2014). PENGARUH GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP
PERILAKU KONSUMTIF PADA PRAMUGARI MASKAPAI PENERBANGAN “ X .” Jurnal
Psikologi, 12(1), 10–17.
Riana, I. (2019). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP, DAN LINGKUNGAN SOSIAL
TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA WANITA KARIR DI LINGKUNGAN PEMERINTAH
DAERAH KABUPATEN BENGKALIS. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF
KASIM RIAU.
Rombe, S. (2013). HUBUNGAN BODY IMAGE DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN
PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA PUTRI DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA.
Psikoborneo, 1(4), 228–236.
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif (J. Sarwono (ed.); Edisi
Pert). graha ilmu.
Vatmawati, S. (n.d.). Hubungan Konformitas Siswa Dengan Pengambilan Keputusan Karir.
(1).
Wulandari, E. (2019). HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA
MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL UIN SUSKA RIAU. Universitas Islam
Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Hardjo, S. (2014). KONFORMITAS REMAJA PUTRI TERHADAP PERILAKU KONSUMEN.
Universitas Medan Area.
Istiana & Ainun, N. HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA
MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL UIN SUSKA RIAU. Universitas
Medan Area. Psikologi Prima, Vol 1, No 2 November 2018
Haryani, I., & Herwanto, J. (n.d.). Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri Dengan
Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswi. Psikologi, 11(1), 5–11.
Miranda, S. (2017). PENGARUH INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA ONLINE SHOPPING
FASHION TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI FAKULTAS ILMU SOSIAL
DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS RIAU. JOM FISIP, 4(1), 1–15.
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif (J. Sarwono (ed.); Edisi
Pert). graha ilmu.
Hayani, N. & Ikbal. Pengaruh Instagram Sebagai Social Media Marketing Terhadap
Perilaku Konsumtif Wanita Karir Di Kota Pekanbaru. MBIA, Vol. 19, No. 1, April 2020.
Rahmadani.F. (2019). Hubungan Konformitas dan Harga Diri Dengan Motif
Pembelian Tas Bermerek Pada Wanita Karir. MBIA, Psikoborneo, Vol 7, No 1, 2019:
-163
Azwar, S. (2003) Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Azwar, S. (2012) Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelaja