Kepercayaan diri dan konformitas dengan perilaku konsumtif pada wanita karir

  • Bawinda Sri Lestari Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru No.45 Surabaya
  • Amanda Pasca Rini Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru No.45 Surabaya
  • Mutmainah Mutmainah Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru No.45 Surabaya
Keywords: kepercayaan diri dan konformitas, perilaku konsumtif, wanita karir.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan kepercayaan diri dan konformitas dengan perilaku konsumtif pada wanita karir. Responden penelitian ini adalah wanita karir yang sudah bekerja di daerah Dharmahusada kota Surabaya sebanyak 200 subjek. Penelitian dilakukan dengan penyebaran skala dengan nonprobablity sampling pada. Teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel kepercayaan diri, konformitas dan perilaku konsumtif adalah teknik Regresi Linear Berganda (Mutiple) dengan parametrik statistik. Hasil penelitian membuktikan (1) Ada hubungan signifikan antara kepercayaan diri dan konformitas dengan perilaku konsumtif pada wanita karir (Rxy= 0,439, R2= 0,192, p = 0.004); (2) Ada hubungan negatif antara kepercayaan diri dengan perilaku konsumtif pada wanita karir pada taraf signifikan (beta = -0.625, t = -0,169, p = 0.048); (3) ada hubungan positive dan signifkan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada wanita karir (beta = 0.646, t = 2.767, p = 0.008). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang kedua ditolak dan hipotesis yang pertama dan ketiga diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji dkk. (2012). Hubungan antara kepercayaan diri dan konformitas dengan perilaku

konsumtif pada mahasiswa. Psikostudia Universitas Mulawarman, 1(1).

Amelia, D. (2019). Pengaruh big-five personality , konformitas, dan faktor demografi

terhadap perilaku pembelian impulsif dalam berbelanja online pada wanita.

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2017). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan

Perilaku Konsumtif pada Remaja. GADJAH MADA JOURNAL OF PSYCHOLOGY, 3(3), 131–

Anshorullah. (2010). Wanita Karier Dalam Pandagan Islam (pertama). CV. Mitra Media

Pustaka,.

Aulia, R., & Hasanah, N. (2020). UBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA

DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI KELAS VII MTS BUDAYA LANGKAT TAHUN

PELAJARAN 2019/2020. Serunai Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 22–26.

Fitria, E. M. (2015). DAMPAK ONLINE SHOP DI INSTAGRAM DALAM SHOPAHOLIC DI

SAMARINDA. Lmu Komunikasi, 1(3).

Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan

perilaku konsumtif pada mahasiswa di genuk indah semarang. Jurnal Psikologi Undip,

(1), 55–68.

Jayanti, S. (2003). Wanita, Karier, dan Keluarga.

http://www.balipos.com/balipostcetak/2006/6/16/b7.htm

Lovihan, M. A. K., & Kaunang, R. O. W. (2010). PERBEDAAN PERILAKU ASERTIF PADA

WANITA KARIR YANG SUDAH MENIKAH DENGAN YANG BELUM MENIKAH DI

MINAHASA. Inovasi, 7(4), 240–25.

Meiyuntari, E. S. dan T. (2015). Konsep Diri, Konformitas dan Perilaku Konsumtif pada

Remaja. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 4(02), 145–152.

Miranda, S. (2017). PENGARUH INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA ONLINE SHOPPING

FASHION TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI FAKULTAS ILMU SOSIAL

DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS RIAU. JOM FISIP, 4(1), 1–15.

Ningsih, R. A. A. S., & Bawono, Y. (2016). Hubungan Antara Perilaku Konsumtif Pada

Produk X Dengan Citra Diri Remaja Putri. Jurnal Mediapsi, 2(1), 45–50.

Patricia, N. L., & Handayani, S. (2014). PENGARUH GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP

PERILAKU KONSUMTIF PADA PRAMUGARI MASKAPAI PENERBANGAN “ X .” Jurnal

Psikologi, 12(1), 10–17.

Riana, I. (2019). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP, DAN LINGKUNGAN SOSIAL

TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA WANITA KARIR DI LINGKUNGAN PEMERINTAH

DAERAH KABUPATEN BENGKALIS. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF

KASIM RIAU.

Rombe, S. (2013). HUBUNGAN BODY IMAGE DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN

PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA PUTRI DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA.

Psikoborneo, 1(4), 228–236.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif (J. Sarwono (ed.); Edisi

Pert). graha ilmu.

Vatmawati, S. (n.d.). Hubungan Konformitas Siswa Dengan Pengambilan Keputusan Karir.

(1).

Wulandari, E. (2019). HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA

MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL UIN SUSKA RIAU. Universitas Islam

Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Hardjo, S. (2014). KONFORMITAS REMAJA PUTRI TERHADAP PERILAKU KONSUMEN.

Universitas Medan Area.

Istiana & Ainun, N. HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA

MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL UIN SUSKA RIAU. Universitas

Medan Area. Psikologi Prima, Vol 1, No 2 November 2018

Haryani, I., & Herwanto, J. (n.d.). Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri Dengan

Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswi. Psikologi, 11(1), 5–11.

Miranda, S. (2017). PENGARUH INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA ONLINE SHOPPING

FASHION TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI FAKULTAS ILMU SOSIAL

DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS RIAU. JOM FISIP, 4(1), 1–15.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif (J. Sarwono (ed.); Edisi

Pert). graha ilmu.

Hayani, N. & Ikbal. Pengaruh Instagram Sebagai Social Media Marketing Terhadap

Perilaku Konsumtif Wanita Karir Di Kota Pekanbaru. MBIA, Vol. 19, No. 1, April 2020.

Rahmadani.F. (2019). Hubungan Konformitas dan Harga Diri Dengan Motif

Pembelian Tas Bermerek Pada Wanita Karir. MBIA, Psikoborneo, Vol 7, No 1, 2019:

-163

Azwar, S. (2003) Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Azwar, S. (2012) Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelaja

Published
2021-12-28